Main Article Content

Abstract

Takaful Keluarga adalah pelopor perusahaan asuransi jiwa syariah di Indonesia. Mulai beroperasi sejak tahun 1994, Takaful Keluarga mengembangkan berbagai produk untuk memenuhi kebutuhan berasuransi sesuai syariah meliputi perlindungan jiwa, perlindungan kesehatan, perencanaan pendidikan anak, perencanaan hari tua,
serta menjadi rekan terbaik dalam perencanaan investasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja keuangan (ROE dan ROA) terhadap kemampuan zakat perusahaan pada priode pengamatan 2017-2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Data diambil dari data sekunder yaitu laporan
keuangan perusahaan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan kinerja perusahaan dengan rasio ROE dan ROA sebagai variabel independen dan zakat perusahaan Asuransi Takaful Keluarga sebagai variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ROA dan
ROE terhadap perhitungan zakat perusahaan memiliki pengaruh yang positif terhadap zakat perusahaan dengan nilai koefisien korelasi berganda ( R ) adalah 0,795. Dari seluruh hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa Zakat Perusahaan Asuransi Takaful Keluarga dipengaruhi oleh Performa Operasional perusahaan tapi tidak sepenuhnya bisa dipengaruhi oleh ROA dan ROE bisa jadi ada pengendali atau faktor lain yang mempengaruhi pertimbangan perusahaan dalam mengeluarkan kewajibanya membayar zakat.

Keywords

Takaful keluarga kinerja keuangan kemampuan zakat

Article Details

References

  1. Andrian, Alfred, ‘Pengaruh Kinerja Perusahaan Terhadap Perhitungan Zakat Perusahaan Dengan Metode Investasi Aset Bersih (Net Invested Fund Method): Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Tercatat Di Jakarta Islamic Index’, etheses.uin-malang.ac.id, vol. 1, no. 1, 2017, pp. 66–89.
  2. Aulia, Rifka Mifta and Lina Nugraha Rani, ‘Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Efisiensi Terhadap Rate Of Return Simpanan Mudharabah Bank Umum Syariah’, Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, vol. 8, Universitas Airlangga, 2021 [https://doi.org/10.20473/vol8iss20211pp1-7 ].
  3. Bastomi, Hasan, ‘Optimalisasi Potensi Zakat: Sebuah Upaya Peningkatan Kesejahteraan Ummat’, Jurnal Manajemen Dakwah, vol. 4, no. 2, 2018, pp. 167–86.
  4. Effendi, A., ‘Asuransi Syariah di Indonesia (Studi Tentang Peluang ke Depan Industri Asuransi Syariah)’, Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan …, journal.walisongo.ac.id, 2016, https://journal.walisongo.ac.id/index.php/wahana/article/view/1145.
  5. Krisdiyanti, Helvy Rafika, Titi Rapini, and Umi Farida, ‘Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Kemampuan Membayar Zakat Peruasahaan’, Jurnal Manajemen dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Ponorogo, vol. 1, no. 1, 2019, pp. 89–102.
  6. Laela, Nur Nunung &.Amsy Eka Hasmarita, ‘The Effect of Profitability on Zakat Expenditures on Sharia Banks’, AT-TAUZI’ : Jurnal Ekonomi Islam, vol. 15, no. 1, 2016, pp. 103–21.
  7. Romdhoni, Abdul Haris, ‘Zakat Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Dan Pengentasan Kemiskinan’, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, vol. 3, no. 1, 2017, pp. 41–51.
  8. Sangadji, Etta Mamang, Sopiah., Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2010.
  9. Wibisono, Edwin and Rosinta Ria Panggabean, ‘Pengaruh CSR Dan Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan’, Balance: Jurnal Akuntansi, Auditing dan Keuangan, vol. 16, Atma Jaya Catholic University of Indonesia, 2020 [https://doi.org/10.25170/balance.v16i1.1287 ].