Main Article Content

Abstract

Internal branding merupakan faktor penting yang harus dimiliki oleh perguruan tinggi. Terutama bagi fakultas ilmu agama islam dalam memberikan informasi dan inspirasi kepada mahasiswa mengenai identitas fakultas, hal itu dapat menunjukkan eksistensi ke publik sebagai salah satu fakultas tertua di universitas islam indonesia yang membawa visi misi islamiyah sebagai Insan Ulil Albab. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi pandangan mahasiswa terhadap internal branding yang telah dibangun oleh fakultas ilmu agama islam selama ini. Melalui identifikasi internal branding akan mempengaruhi integritas dan kepuasan mahasiswa terhadap fakultas khususnya dan universitas pada umumnya, yang berimplikasi terhadap brand performance fakultas kedepannya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara. subjek yang diamati pada penelitian ini adalah mahasiswa yang memiliki otoritas lingkungan di fakultas ilmu agama islam, dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden dari seluruh program studi yang ada di fakultas. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan mahasiswa berdampak positif terhadap internal branding yang dilakukan oleh FIAI UII berkaitan dengan nilai-nilai khas dan hubungan yang dibangun FIAI UII kepada mahasiswa

Keywords

internal branding pandangan mahasiswa fakultas ilmu agama Islam

Article Details

References

  1. Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.
  2. Bahri, S., Masdin, & Marzuki. (2021). Urgensi Etika dan Profesionalisme Guru dalam Perspektif Islam. Al-Ta'dib, 14(2), 89.
  3. Basori. (2014). Efektifitas Komunikasi Pembelajaran Online Dengan Menggunakan Media E-Learning Pada Perkuliahan Body Otomotif. JIPTEK, 7(2), 40. https://doi.org/10.20961/jiptek.v7i2.12722
  4. Hernawan, A. H. (2015). Pendekatan Dalam Asesmen Kebutuhan Pendidikan Dan Pelatihan. Jurnal Inspirasi, 6(2), 40.
  5. Hudiarini, S. (2017). Penyertaan Etika Bagi Masyarakat Akademik di Kalangan Dunia Pendidikan Tinggi. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(1), 4.
  6. Husnur, A., Wardhani, D., Prabowo, H. A., & Farida. (2019). Penguatan Word of Mouth Melalui Strategi Internal Branding Di Perguruan Tinggi Swasta Indonesia. Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(1), 174. https://doi.org/10.22441/mix.2019.v9i1.011.
  7. Indriyani, S., & Mardiana, S. (2021). Pengaruh Penanganan Keluhan (Complaint Handling) Terhadap Kepercayaan Dan Komitmen Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi Swasta di Bandar Lampung. Jurnal Bisnis Darmajaya, 7(2), 2.
  8. Maunze, O. R., Abratt, R., & Mingione, M. (2020). Impact of Internal Branding on Student Engagement: Insights from a South African University. Services Marketing Quarterly, 41(2), 124-144. https://doi.org/10.1080/15332969.2020.1742979
  9. Setiawan, A., & Yanto, B. (2018). Model Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Internal Kinerja Dosen Dengan Fuzzy Tsukamoto. Jurnal Atmaluhur, 624.
  10. Shopiyanto, H., & Legowo, D. (2009). Pengaruh Citra Lembaga, Kepercayaan Mahasiswa dan Implikasinya kepada Komitmen Relasional Mahasiswa Pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Tema, 6(2), 119-131.
  11. Tjahyadi, R. A. (2020). Pengujian Manfaat Relasional Dan Kualitas Hubungan Sebagai Anteseden Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemant Maranatha, 19(2), 171. https//doi.org/10.28932/jmm.v19i2.2433
  12. Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif di Dalam Penelitian Agama. Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(1), 33.