Main Article Content
Abstract
Internal branding merupakan faktor penting yang harus dimiliki oleh perguruan tinggi. Terutama bagi fakultas ilmu agama islam dalam memberikan informasi dan inspirasi kepada mahasiswa mengenai identitas fakultas, hal itu dapat menunjukkan eksistensi ke publik sebagai salah satu fakultas tertua di universitas islam indonesia yang membawa visi misi islamiyah sebagai Insan Ulil Albab. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi pandangan mahasiswa terhadap internal branding yang telah dibangun oleh fakultas ilmu agama islam selama ini. Melalui identifikasi internal branding akan mempengaruhi integritas dan kepuasan mahasiswa terhadap fakultas khususnya dan universitas pada umumnya, yang berimplikasi terhadap brand performance fakultas kedepannya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara. subjek yang diamati pada penelitian ini adalah mahasiswa yang memiliki otoritas lingkungan di fakultas ilmu agama islam, dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden dari seluruh program studi yang ada di fakultas. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan mahasiswa berdampak positif terhadap internal branding yang dilakukan oleh FIAI UII berkaitan dengan nilai-nilai khas dan hubungan yang dibangun FIAI UII kepada mahasiswa
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.
- Bahri, S., Masdin, & Marzuki. (2021). Urgensi Etika dan Profesionalisme Guru dalam Perspektif Islam. Al-Ta'dib, 14(2), 89.
- Basori. (2014). Efektifitas Komunikasi Pembelajaran Online Dengan Menggunakan Media E-Learning Pada Perkuliahan Body Otomotif. JIPTEK, 7(2), 40. https://doi.org/10.20961/jiptek.v7i2.12722
- Hernawan, A. H. (2015). Pendekatan Dalam Asesmen Kebutuhan Pendidikan Dan Pelatihan. Jurnal Inspirasi, 6(2), 40.
- Hudiarini, S. (2017). Penyertaan Etika Bagi Masyarakat Akademik di Kalangan Dunia Pendidikan Tinggi. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(1), 4.
- Husnur, A., Wardhani, D., Prabowo, H. A., & Farida. (2019). Penguatan Word of Mouth Melalui Strategi Internal Branding Di Perguruan Tinggi Swasta Indonesia. Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(1), 174. https://doi.org/10.22441/mix.2019.v9i1.011.
- Indriyani, S., & Mardiana, S. (2021). Pengaruh Penanganan Keluhan (Complaint Handling) Terhadap Kepercayaan Dan Komitmen Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi Swasta di Bandar Lampung. Jurnal Bisnis Darmajaya, 7(2), 2.
- Maunze, O. R., Abratt, R., & Mingione, M. (2020). Impact of Internal Branding on Student Engagement: Insights from a South African University. Services Marketing Quarterly, 41(2), 124-144. https://doi.org/10.1080/15332969.2020.1742979
- Setiawan, A., & Yanto, B. (2018). Model Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Internal Kinerja Dosen Dengan Fuzzy Tsukamoto. Jurnal Atmaluhur, 624.
- Shopiyanto, H., & Legowo, D. (2009). Pengaruh Citra Lembaga, Kepercayaan Mahasiswa dan Implikasinya kepada Komitmen Relasional Mahasiswa Pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Tema, 6(2), 119-131.
- Tjahyadi, R. A. (2020). Pengujian Manfaat Relasional Dan Kualitas Hubungan Sebagai Anteseden Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemant Maranatha, 19(2), 171. https//doi.org/10.28932/jmm.v19i2.2433
- Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif di Dalam Penelitian Agama. Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(1), 33.
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.
Bahri, S., Masdin, & Marzuki. (2021). Urgensi Etika dan Profesionalisme Guru dalam Perspektif Islam. Al-Ta'dib, 14(2), 89.
Basori. (2014). Efektifitas Komunikasi Pembelajaran Online Dengan Menggunakan Media E-Learning Pada Perkuliahan Body Otomotif. JIPTEK, 7(2), 40. https://doi.org/10.20961/jiptek.v7i2.12722
Hernawan, A. H. (2015). Pendekatan Dalam Asesmen Kebutuhan Pendidikan Dan Pelatihan. Jurnal Inspirasi, 6(2), 40.
Hudiarini, S. (2017). Penyertaan Etika Bagi Masyarakat Akademik di Kalangan Dunia Pendidikan Tinggi. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(1), 4.
Husnur, A., Wardhani, D., Prabowo, H. A., & Farida. (2019). Penguatan Word of Mouth Melalui Strategi Internal Branding Di Perguruan Tinggi Swasta Indonesia. Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(1), 174. https://doi.org/10.22441/mix.2019.v9i1.011.
Indriyani, S., & Mardiana, S. (2021). Pengaruh Penanganan Keluhan (Complaint Handling) Terhadap Kepercayaan Dan Komitmen Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi Swasta di Bandar Lampung. Jurnal Bisnis Darmajaya, 7(2), 2.
Maunze, O. R., Abratt, R., & Mingione, M. (2020). Impact of Internal Branding on Student Engagement: Insights from a South African University. Services Marketing Quarterly, 41(2), 124-144. https://doi.org/10.1080/15332969.2020.1742979
Setiawan, A., & Yanto, B. (2018). Model Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Internal Kinerja Dosen Dengan Fuzzy Tsukamoto. Jurnal Atmaluhur, 624.
Shopiyanto, H., & Legowo, D. (2009). Pengaruh Citra Lembaga, Kepercayaan Mahasiswa dan Implikasinya kepada Komitmen Relasional Mahasiswa Pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Tema, 6(2), 119-131.
Tjahyadi, R. A. (2020). Pengujian Manfaat Relasional Dan Kualitas Hubungan Sebagai Anteseden Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemant Maranatha, 19(2), 171. https//doi.org/10.28932/jmm.v19i2.2433
Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif di Dalam Penelitian Agama. Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(1), 33.