Main Article Content

Abstract

Internal Marketing merupakan pemasaran yang diselenggarakan oleh penyedia jasa
untuk pelatihan dan motivasi secara efektif bagi karyawan yang berhubungan dengan
pelanggan dan seluruh karyawan dalam tanggung jawabnya untuk menyediakan layanan
dan pendukung dalam bekerja sebagai suatu tim untuk dapat memuaskan pelanggan
(Sukotjo, 2011). Internal marketing penting untuk meningkatkan kepuasan karyawan.
Dalam perguruan tinggi, internal marketing juga banyak digunakan untuk mengevaluasi
kinerja sebuah universitas, terkhususnya dalam bidang pemasaran. Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan hasil dari internal marketing
Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia dalam lingkup dosen dan
karyawan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan
pengambilan seluruh populasi dosen dan karyawan di Fakultas Ilmu Agama Islam
Universitas Islam Indonesia sebagai responden. metode tersebut digunakan agar
diperoleh penjelasan atas fenomena Perkembangan Dan Validasi Instrumen
Multidimensi Terhadap Internal Marketing Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas
Islam Indonesia.
Kata kunci: internal marketing, validasi, instrumen multidimensi

Article Details