Main Article Content

Abstract

Internal Marketing merupakan pemasaran yang diselenggarakan oleh penyedia jasa untuk pelatihan dan motivasi secara efektif bagi karyawan yang berhubungan dengan pelanggan dan seluruh karyawan dalam tanggung jawabnya untuk menyediakan layanan dan pendukung dalam bekerja sebagai suatu tim untuk dapat memuaskan pelanggan (Sukotjo, 2011). Internal marketing penting untuk meningkatkan kepuasan karyawan. Dalam perguruan tinggi, internal marketing juga banyak digunakan untuk mengevaluasi kinerja sebuah universitas, terkhususnya dalam bidang pemasaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan hasil dari internal marketing Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia dalam lingkup dosen dan karyawan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan pengambilan seluruh populasi dosen dan karyawan di Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia sebagai responden. metode tersebut digunakan agar diperoleh penjelasan atas fenomena Perkembangan Dan Validasi Instrumen Multidimensi Terhadap Internal Marketing Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia. 

Keywords

Internal marketing validasi instrumen multidimensi

Article Details

References

  1. Syaihbadza, dkk. 2019. Development and validation of a multidimensional instrument for measuring internal marketing in chinese higher education. Journal of Enterparise Information Management. 32(8): 413-435.
  2. Sukotjo. H. 2011. Pengaruh Pemasaran Internal terhadap Kualitass Pelayanan, Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jawa Timur. STIE Pancasetia, Banjarmasin.
  3. Tsai, Y. (2014), "Organisasi pembelajaran, pemasaran internal, dan komitmen organisasi di rumah sakit", BMC Health Services Research, Vol. 14 No. 1, hlm. 1-8.
  4. Lings, I.N. dan Greenley, G.E. (2010), "Orientasi pasar internal dan perilaku berorientasi pasar", Journal of Service Management, Vol. 21 No. 3, hlm. 321-343.
  5. Mourad, M. (2017), "Jaminan kualitas sebagai pendorong strategi manajemen informasi: perspektif pemangku kepentingan dalam pendidikan tinggi", Journal of Enterprise Information Management, Vol. 30 No. 5, hlm. 779-794.
  6. Istiningtyas, L. & Lukmawati, 2019. Tracer study of the psychology faculty of UIN Raden Fatah Palembang in 2018: Satisfaction of alumni and stakeholders on the implementation of Islamic psychology study programs, Jurnal Konseling dan Pendidikan, Palembang.
  7. Azwar, S. 2013. Relabilitas dan Validitas. Edisi 4. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
  8. Rosaria, S. 2016. Studi deskriptif: prokrastinasi pada mahasiswa fakultas psikologi universitas sanata dharma. Skripsi, Universitas Sanata Dharma.
  9. Supardi. 1993. Populasi dan sampel penelitian. UNISIA. 4(17): 100-108..