Main Article Content
Abstract
Kehidupan di pondok pesantren sudah tidak asing dengan adanya keberagaman dan perbedaan sehingga diperlukan suatu sistem Pendidikan Multikultural, yaitu pendidikan yang menghargai perbedaan agar tidak menjadi sumber konflik atau perpecahan. Dalam Pendidikan Multikultural, setiap peradaban dan kebudayaan berada dalam posisi yang sejajar dan sama. Salah satu tujuan penting dari sistem pendidikan multikultural adalah dalam membantu peserta didik agar memperoleh pengetahuan dan mampu menghargai orang lain yang berbeda, baik dalam suku, budaya serta latar belakang dan kepribadianya. Penerapan sistem Pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia di rancang khusus terhadap santri dengan maksud dan tujuan yang sama, para santri dibekali pengetahuan untuk saling mengenal dan menghargai perbedaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengemukakan Eksistensi Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia dalam penerapan sistem Pendidikan Multikultural terhadap para santri. Metode penelitian ini adalah Deskriptif dengan menguraikan butir-butir penjelasan yang dilakukan pada saat mengumpulkan data. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Hasil analisis sederhana dalam penerapan sistem Pendidikan Multikultural menujukan adanya keterkaitan dengan nilai-nilai pendidikan islam yang selaras dengan berbagai kegiatan yang ada di Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- Siswantara S. 2014. Pendidikan Multikultural : (Sebuah Tantangan Pendidikan di Indonesia), Edisi 2017 Kuartal II/April-Juni Vol. IV Bagian 2. Suar Unpar. Bandung.
- Kurniawan S. 2021. Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dan Kebangsaan Dalam Pendidikan Pesantren). Skripsi. Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia.
- Kumala A.E. 2018. Penanaman Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam DI SMP Negeri 1 Mertoyudan Kabupaten Magelang. Skripsi. Universitas Islam Indonesia
- Mashadi ,Imron. 2009. Pendidikan Agama Islam Dalam Persepektif Multikulturalisme. Jakarta :Balai Litbang Agama
- Azra, Azumardi Identitas dan Krisis Budaya, Membangun Multikulturalisme Indonesia, From http:/budpar.go.id/ agenda/precongress/makalah/abstrak /58 % 20 azra.htm, akses 10 Maret 2013
References
Siswantara S. 2014. Pendidikan Multikultural : (Sebuah Tantangan Pendidikan di Indonesia), Edisi 2017 Kuartal II/April-Juni Vol. IV Bagian 2. Suar Unpar. Bandung.
Kurniawan S. 2021. Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dan Kebangsaan Dalam Pendidikan Pesantren). Skripsi. Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia.
Kumala A.E. 2018. Penanaman Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam DI SMP Negeri 1 Mertoyudan Kabupaten Magelang. Skripsi. Universitas Islam Indonesia
Mashadi ,Imron. 2009. Pendidikan Agama Islam Dalam Persepektif Multikulturalisme. Jakarta :Balai Litbang Agama
Azra, Azumardi Identitas dan Krisis Budaya, Membangun Multikulturalisme Indonesia, From http:/budpar.go.id/ agenda/precongress/makalah/abstrak /58 % 20 azra.htm, akses 10 Maret 2013