Main Article Content

Abstract

Kehidupan di pondok pesantren sudah tidak asing dengan adanya keberagaman dan perbedaan sehingga diperlukan suatu sistem Pendidikan Multikultural, yaitu pendidikan yang menghargai perbedaan agar tidak menjadi sumber konflik atau perpecahan. Dalam Pendidikan Multikultural, setiap peradaban dan kebudayaan berada dalam posisi yang sejajar dan sama. Salah satu tujuan penting dari sistem pendidikan multikultural adalah dalam membantu peserta didik agar memperoleh pengetahuan dan mampu menghargai orang lain yang berbeda, baik dalam suku, budaya serta latar belakang dan kepribadianya. Penerapan sistem Pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia di rancang khusus terhadap santri dengan maksud dan tujuan yang sama, para santri dibekali pengetahuan untuk saling mengenal dan menghargai perbedaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengemukakan Eksistensi Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia dalam penerapan sistem Pendidikan Multikultural terhadap para santri. Metode penelitian ini adalah Deskriptif dengan menguraikan butir-butir penjelasan yang dilakukan pada saat mengumpulkan data. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Hasil analisis sederhana dalam penerapan sistem Pendidikan Multikultural menujukan adanya keterkaitan dengan nilai-nilai pendidikan islam yang selaras dengan berbagai kegiatan yang ada di Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia.

Keywords

Pendidikan Multikultural Pondok Pesantren Perbedaan

Article Details

References

  1. Siswantara S. 2014. Pendidikan Multikultural : (Sebuah Tantangan Pendidikan di Indonesia), Edisi 2017 Kuartal II/April-Juni Vol. IV Bagian 2. Suar Unpar. Bandung.
  2. Kurniawan S. 2021. Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dan Kebangsaan Dalam Pendidikan Pesantren). Skripsi. Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia.
  3. Kumala A.E. 2018. Penanaman Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam DI SMP Negeri 1 Mertoyudan Kabupaten Magelang. Skripsi. Universitas Islam Indonesia
  4. Mashadi ,Imron. 2009. Pendidikan Agama Islam Dalam Persepektif Multikulturalisme. Jakarta :Balai Litbang Agama
  5. Azra, Azumardi Identitas dan Krisis Budaya, Membangun Multikulturalisme Indonesia, From http:/budpar.go.id/ agenda/precongress/makalah/abstrak /58 % 20 azra.htm, akses 10 Maret 2013