Main Article Content
Abstract
Di era globalisasi tantangan kehidupan manusia menjadi semakin kompleks. Kerja sama antar disiplin ilmu menjadi suatu keniscayaan bagi manusia untuk mempertahankan peradabanya. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya pengembangan pola hubungan antara sains dan agama menuju ke arah integrasi. Dewasa ini, perguruan tinggi islam di Indonesia terutama Universitas Islam Negeri mulai mengembangkan konsep integrasi ilmu yang sesuai dengan ruh yang dimiliki masing-masing universitas. Universitas Islam Indonesia (UII) yang merupakan pergurun tinggi berbasis islam tertua dan besar di Indonesia juga mengembangkan paradigma integrasi ilmunya sendiri. Keberhasilan pengembangan paradigma integrasi ilmu pada suatu universitas akan melibatkan semua pihak yang ada di dalamnya. Tidak hanya stakeholders dan guru besar, peran dosen juga tidak kalah penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya inovatif dosen dalam membangun iklim integrasi ilmu di Fakultas Ilmu Agama Islam UII. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pengembangan integrasi keilmuan di UII adalah paradigma wasathiyah di mana perspektif tentang hubungan ilmu dan agama adalah bersifat objektif dan proporsional. Adapun upaya yang dilakukan dosen mencakup 3 bidang yaitu bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian pada masyarakat.
Kata kunci : Upaya Inovatif, Dosen, Harmoni Ilmu, Integrasi Ilmu, Fakultas Ilmu Agama Islam UII
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- A. Dian Fitriana, Iin Mutmainah, S. H. (2021). Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi Sesuai Bidang Keilmuan Sebagai Upaya Personal Branding Dosen. Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 11(2), 195–217. https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2.http
- Abdul Fikri, D. (2023). Pengantra Filsafat Ilmu. CV. Haura Utama.
- Abdullah, M. A. (2014). Implementasi Pendekatan Integratif-Interkonektif dalam Kajian Pemikiran Pendidikan Islam (Fresh Ijtihad Memperjumpakan Ulum al-din dan Sains Modern dalam Pemikiran Pendidikan Islam). In Implementasi Pendekatan IntegratiF-Interkonektif dalam Kajian Pendidikan Islam. Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
- Abdullah, M. A. (2021). Multidisiplin, Interdisiplin, & Transdisiplin Metode Studi Agama & Studi Islam di Era Kontemporer. IB Pustaka.
- Abu Amar. (2021). Model Integrasi Ilmu Pengetahuan dan Agama antara Dikotomi Naif dan Valid. Cendekia: Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 13(1), 82–94.
- Achmad, M. (2021). INTEGRASI SAINS DAN AGAMA: Peluang dan Tantangan bagi Universitas Islam Indonesia. ABHATS: Jurnal Islam Ulil Albab, 50(1), 50–68.
- Andi Tabrani, Rasyid Ridha, Andi Hajar, Sudita Armita, F. T. S. (2023). Peran Dosen dalam pendidikan Karakter Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bone. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4).
- Auhaina, A. K. (2022). Peran Perpustakaan Khaligah Al-Hakam II dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan pada Zaman Keemasan Islam di Spanyol. THAQAFIYYAT: Jurnal Bahasa, Peradaban, Dan Informasi Islam, 21(1).
- Bisyri, M. H. (2009). Mengakhiri Dikotomi Ilmu dalam Dunia Pendidikan. Forum Tarbiyah, 7(2), 181–194.
- Firdaus. (2019). Dasar Integrasi Ilmu dalam Al-Qur’an. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 16(1).
- Gaghauna, E. E. M. (2021). Narrative Review: Peran Fungsi Interprofessional Education (IPE) dan Pelaksanaan Interprofessional Collaboration (IPC) dalam Pendidikan Kesehatan Melalui Perspektif Keperawatan Kritis. Journal of Nursing Invention, 2(1).
- Hanifah, U. (2018). Islamisasi Ilmu Pengetahuan Kontemporer (Konsep Integrasi Keilmuan di Universitas-Universitas Islam Indonesia. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2). https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i2.1972
- Hilmi, M. (2020). Islamisasi Ilmu Pengetahuan: Pergulatan Pemikiran Cendekiawan Kontemporer. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(2), 251–269.
- Kuntowijoyo. (2006). Islam sebagai Ilmu: Eistemologi, Metodologi, dan Etika. Tiara Wacana.
- Milles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Method Source Book. Sage Publication.
- Sudirno, D., & Nurvianti, D. V. (2015). Konflik peran dan kelelahan emosional pengaruhnya terhadap kinerja dosen pada universitas majalengka. Jurnal Universitas Majalengka, 2(1), 1–18. https://jurnal.unma.ac.id/index.php/mk/article/view/276/259
- Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
- Suprayogo, I. (2016). Membangun Integrasi Ilmu dan Agama: Pengalaman UIN Maulana Malik Ibrahin Malang. Integrastion and Interconnection of Sciences “The Reflection of Islam Kaffah,” 27.
- Tim Penyunting Supardi et al. (1997). Setengah Abad UII: Sejarah Perkembangan Universitas Islam Indonesia. UII Press.
References
A. Dian Fitriana, Iin Mutmainah, S. H. (2021). Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi Sesuai Bidang Keilmuan Sebagai Upaya Personal Branding Dosen. Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 11(2), 195–217. https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2.http
Abdul Fikri, D. (2023). Pengantra Filsafat Ilmu. CV. Haura Utama.
Abdullah, M. A. (2014). Implementasi Pendekatan Integratif-Interkonektif dalam Kajian Pemikiran Pendidikan Islam (Fresh Ijtihad Memperjumpakan Ulum al-din dan Sains Modern dalam Pemikiran Pendidikan Islam). In Implementasi Pendekatan IntegratiF-Interkonektif dalam Kajian Pendidikan Islam. Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Abdullah, M. A. (2021). Multidisiplin, Interdisiplin, & Transdisiplin Metode Studi Agama & Studi Islam di Era Kontemporer. IB Pustaka.
Abu Amar. (2021). Model Integrasi Ilmu Pengetahuan dan Agama antara Dikotomi Naif dan Valid. Cendekia: Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 13(1), 82–94.
Achmad, M. (2021). INTEGRASI SAINS DAN AGAMA: Peluang dan Tantangan bagi Universitas Islam Indonesia. ABHATS: Jurnal Islam Ulil Albab, 50(1), 50–68.
Andi Tabrani, Rasyid Ridha, Andi Hajar, Sudita Armita, F. T. S. (2023). Peran Dosen dalam pendidikan Karakter Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bone. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4).
Auhaina, A. K. (2022). Peran Perpustakaan Khaligah Al-Hakam II dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan pada Zaman Keemasan Islam di Spanyol. THAQAFIYYAT: Jurnal Bahasa, Peradaban, Dan Informasi Islam, 21(1).
Bisyri, M. H. (2009). Mengakhiri Dikotomi Ilmu dalam Dunia Pendidikan. Forum Tarbiyah, 7(2), 181–194.
Firdaus. (2019). Dasar Integrasi Ilmu dalam Al-Qur’an. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 16(1).
Gaghauna, E. E. M. (2021). Narrative Review: Peran Fungsi Interprofessional Education (IPE) dan Pelaksanaan Interprofessional Collaboration (IPC) dalam Pendidikan Kesehatan Melalui Perspektif Keperawatan Kritis. Journal of Nursing Invention, 2(1).
Hanifah, U. (2018). Islamisasi Ilmu Pengetahuan Kontemporer (Konsep Integrasi Keilmuan di Universitas-Universitas Islam Indonesia. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2). https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i2.1972
Hilmi, M. (2020). Islamisasi Ilmu Pengetahuan: Pergulatan Pemikiran Cendekiawan Kontemporer. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(2), 251–269.
Kuntowijoyo. (2006). Islam sebagai Ilmu: Eistemologi, Metodologi, dan Etika. Tiara Wacana.
Milles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Method Source Book. Sage Publication.
Sudirno, D., & Nurvianti, D. V. (2015). Konflik peran dan kelelahan emosional pengaruhnya terhadap kinerja dosen pada universitas majalengka. Jurnal Universitas Majalengka, 2(1), 1–18. https://jurnal.unma.ac.id/index.php/mk/article/view/276/259
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Suprayogo, I. (2016). Membangun Integrasi Ilmu dan Agama: Pengalaman UIN Maulana Malik Ibrahin Malang. Integrastion and Interconnection of Sciences “The Reflection of Islam Kaffah,” 27.
Tim Penyunting Supardi et al. (1997). Setengah Abad UII: Sejarah Perkembangan Universitas Islam Indonesia. UII Press.