Main Article Content
Abstract
Artikel ini membahas terkait epistemologi pendidikan yang dilihat dari perspektif Barat dan Islam. Pembahasan mengenai dua kutub keilmuan ini sangat esensial terlebih dalam ranah metodologi penggalian ilmu pengetahuan baik dari ranah hakikat, sumber, metode ataupun kebenaran suatu teori ilmu pengetahuan tersebut. Maka dari itu tulisan ini disusun untuk menggali lebih dalam terkait epistemologi pendidikan Barat dan Islam. Adapun metode penelitan dalam penulisan ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research), dengan mengeksplor, meninjau, merangkum dan menganalisis beberapa karya ilmiah yang terdokumentasi dalam bentuk seperti; buku, jurnal, makalah dan artikel ilmiah lainnya yang membahas tema penelitian yang relevan. Hasil penelitian ini adalah kajian lebih luas terhadap epistemologi pendidikan Barat dan Islam berdasarkan indikator; hakikat, sumber, metode dan teori kebenaran. Lebih jelasnya akan diuraikan pada bab hasil pembahasan berikut ini. Hasil kajian ini diharapkan dapat berkontribusi untuk memberikan wawasan literatur yang lebih luas dan mendalam.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- Abrori, M. S. dan M. N. (2019). Islamisasi Ilmu Pengetahuan Menurut Pandangan Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Implukasinya Terhadap Pengembangan PAI di Perguruan Tinggi Umum. Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam., Vol. 6.
- Anggraeni, A. (2020). Menegaskan Manusia Sebagai Objek dan Subjek Ilmu Pendidikan. Jurnal PPKn & Hukum., Vol. 15.
- Chasanah, U. (2017). Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Pendidikan. Tasyri’, Vol. 24 No.
- Dewi, M. M. dan S. (2022). Teori Kebenaran Berdasarkan Perspektif Filsafat dan Sains Islam. JOSR: Journal of Social Research., Vol. 1.
- Fikri, A. (2023). Pengantar Filsafat Ilmu (1st ed.). Haura Utama.
- Hamengkubuwono. (2016). Ilmu Pendidikan dan Teori-teori Pendidikan. LP2 STAIN Curup.
- Hidayat, N. (2021). Komparasi Filsafat Pendidikan Barat dan Pendidikan Islam. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, Vol. 7.
- Hidayat, R. A. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya.” Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
- Ihsani, M. I. (2021). Konsep Peserta Didik dalam Pendidikan Agama Islam: Pemikiran Muhammad Iqbal. Jurnal Basicedu, Vol. 5.
- Makki. (2019). Epistemologi Pendidikan Islam: Memutus Dominasi Barat Terhadap Pendidikan Islam. Al-Musannif. Jurnal Pendidikan Islam Dan Keguruan, Vol. 8.
- Mukarromah. (2017). Perbandingan Filsafat Pendidikan Barat dan Islam. Jurnal Pendidikan Islam.
- Nurhayati, I. (2019). Telaah Konseptual Pendidikan Barat dan Islam. Tarbiya Islamiya: Jurnal Pendidikan., Vol. 8.
- Nurjana, D. (2023). Teori Kebenaran Perspektif Islam dan Barat (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 7.
- Nuthpaturahman. (2023). Perbandingan Filsafat Pendidikan Islam dan Filsafat Pendidikan Barat. Al-Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan., Vol. 17.
- Pertiwi, G. R. dkk. (2023). Jenis-jenis Penelitian Ilmiah Kependidikan. Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora., Vol. 1.
- Pramita, A. W. (2023). Hakikat Pendidikan Islam: Tarbiyah, Ta’lim dan Ta’dib. Journal of Education Research and Humaniora., Vol. 1.
- Rahmadani, R. dkk. (2021). Ontologi, Epistemologi, Aksiologi dalam Psikologi Konseling. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 5.
- Rohmah, D. (2021). Ilmu Dalam Tinjauan Filsafat: Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi. Cendekia: Jurnal Studi Keislaman, Vol. 7.
- Rukmana, S. H. (2023). Kajian Pendidikan Tentang Perspektif Filosofis Islam Terkait Eksplorasi Kebenaran Objektif dan Sumber Pengetahuan. Jurnal Pendidikan Tuntas, Vol. 1.
- Siddik, H. (2016). Hakikat Pendidikan Islam. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, Vol. 8.
- Syaikhon, M. (2017). Epistemologi Pendidikan Islam dan Barat. Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam, Vol. 8 .
- Syihabuddin, M. A. (2017). Studi Komparatif Filsafat Pendidikan Islam dan Barat. Jalie: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education., Vol. 1 .
- Yulanda, A. (2019). Espistemologi Keilmuan Integratif-Interkonektif M. Amin Abdullah Dalam Implementasinya Dalam Keilmuan Islam. Tajdid, Vol. 18.
References
Abrori, M. S. dan M. N. (2019). Islamisasi Ilmu Pengetahuan Menurut Pandangan Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Implukasinya Terhadap Pengembangan PAI di Perguruan Tinggi Umum. Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam., Vol. 6.
Anggraeni, A. (2020). Menegaskan Manusia Sebagai Objek dan Subjek Ilmu Pendidikan. Jurnal PPKn & Hukum., Vol. 15.
Chasanah, U. (2017). Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Pendidikan. Tasyri’, Vol. 24 No.
Dewi, M. M. dan S. (2022). Teori Kebenaran Berdasarkan Perspektif Filsafat dan Sains Islam. JOSR: Journal of Social Research., Vol. 1.
Fikri, A. (2023). Pengantar Filsafat Ilmu (1st ed.). Haura Utama.
Hamengkubuwono. (2016). Ilmu Pendidikan dan Teori-teori Pendidikan. LP2 STAIN Curup.
Hidayat, N. (2021). Komparasi Filsafat Pendidikan Barat dan Pendidikan Islam. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, Vol. 7.
Hidayat, R. A. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya.” Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
Ihsani, M. I. (2021). Konsep Peserta Didik dalam Pendidikan Agama Islam: Pemikiran Muhammad Iqbal. Jurnal Basicedu, Vol. 5.
Makki. (2019). Epistemologi Pendidikan Islam: Memutus Dominasi Barat Terhadap Pendidikan Islam. Al-Musannif. Jurnal Pendidikan Islam Dan Keguruan, Vol. 8.
Mukarromah. (2017). Perbandingan Filsafat Pendidikan Barat dan Islam. Jurnal Pendidikan Islam.
Nurhayati, I. (2019). Telaah Konseptual Pendidikan Barat dan Islam. Tarbiya Islamiya: Jurnal Pendidikan., Vol. 8.
Nurjana, D. (2023). Teori Kebenaran Perspektif Islam dan Barat (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 7.
Nuthpaturahman. (2023). Perbandingan Filsafat Pendidikan Islam dan Filsafat Pendidikan Barat. Al-Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan., Vol. 17.
Pertiwi, G. R. dkk. (2023). Jenis-jenis Penelitian Ilmiah Kependidikan. Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora., Vol. 1.
Pramita, A. W. (2023). Hakikat Pendidikan Islam: Tarbiyah, Ta’lim dan Ta’dib. Journal of Education Research and Humaniora., Vol. 1.
Rahmadani, R. dkk. (2021). Ontologi, Epistemologi, Aksiologi dalam Psikologi Konseling. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 5.
Rohmah, D. (2021). Ilmu Dalam Tinjauan Filsafat: Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi. Cendekia: Jurnal Studi Keislaman, Vol. 7.
Rukmana, S. H. (2023). Kajian Pendidikan Tentang Perspektif Filosofis Islam Terkait Eksplorasi Kebenaran Objektif dan Sumber Pengetahuan. Jurnal Pendidikan Tuntas, Vol. 1.
Siddik, H. (2016). Hakikat Pendidikan Islam. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, Vol. 8.
Syaikhon, M. (2017). Epistemologi Pendidikan Islam dan Barat. Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam, Vol. 8 .
Syihabuddin, M. A. (2017). Studi Komparatif Filsafat Pendidikan Islam dan Barat. Jalie: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education., Vol. 1 .
Yulanda, A. (2019). Espistemologi Keilmuan Integratif-Interkonektif M. Amin Abdullah Dalam Implementasinya Dalam Keilmuan Islam. Tajdid, Vol. 18.