Main Article Content

Abstract

Kerusakan lingkungan akibat ulah manusia adalah masalah global yang serius dan dapat memiliki dampak negative terhadap ekosistem bumi. Hal ini dapat terjadi terus-menerus dan akan meningkat apabila manusia tidak memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan. Sekolah di anggap menjadi tempat paling efektif untuk menumbuhkan sikap social pada aspek lingkungan dengan menanamkan ajaran agama Islam yang mengandung nilai-nilai etika dan moral dengan kesadaran dan tanggung jawab terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru PAI dalam menumbuhkan sikap social peserta didik pada aspek lingkungan di SDN Candirejo dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan sikap tersebut. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif, berbentuk observasi, wawancara, dan dokumen. Penelitian dan analisis menggunakan teori Miles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru PAI di SDN Candirejo berperan sebagai sumber pengetahuan dan sebagai pembentuk karakter peserta didik dengan beberapa metode seperti keteladanan, pembiasaan, nasihat, motivasi, dan hukuman. Serta beberapa faktor pendukung dan penghamba, faktor pendukung seperta sarana dan prasana yang memadai dan faktor penghambat seperti kurangnya keterlibatan orang tua

Keywords

Peran Guru PAI Sikap sosial Peserta didik Lingkungan

Article Details

References

Read More