Main Article Content
Abstract
Kerusakan lingkungan akibat ulah manusia adalah masalah global yang serius dan dapat memiliki dampak negative terhadap ekosistem bumi. Hal ini dapat terjadi terus-menerus dan akan meningkat apabila manusia tidak memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan. Sekolah di anggap menjadi tempat paling efektif untuk menumbuhkan sikap social pada aspek lingkungan dengan menanamkan ajaran agama Islam yang mengandung nilai-nilai etika dan moral dengan kesadaran dan tanggung jawab terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru PAI dalam menumbuhkan sikap social peserta didik pada aspek lingkungan di SDN Candirejo dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan sikap tersebut. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif, berbentuk observasi, wawancara, dan dokumen. Penelitian dan analisis menggunakan teori Miles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru PAI di SDN Candirejo berperan sebagai sumber pengetahuan dan sebagai pembentuk karakter peserta didik dengan beberapa metode seperti keteladanan, pembiasaan, nasihat, motivasi, dan hukuman. Serta beberapa faktor pendukung dan penghamba, faktor pendukung seperta sarana dan prasana yang memadai dan faktor penghambat seperti kurangnya keterlibatan orang tua
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- Arief, M. Miftah, Dina Hermina, and Nuril Huda. "Teori Habit Perspektif Psikologi dan Pendidikan Islam." Ri'ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan 7.01 (2022): 62-74.
- Dwi Apriliani, D., Nurdianasari, N., Darmayanti, V., Badrus Sholeh Arif, M., & Cahyanto, B. (2023). Nilai-Nilai Penidikan Karakter Dalam Dongeng Domba dan Sahabat Rimba Karya Kak Thifa Sebagai Alternatif Bahan Ajar Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 110–119.
- Hamidah Harahap, L. (2019). Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Menurut Buya Hamka. Juli-Desember, 8(2), 135–146.
- Harahap, R. Z., Fakultas, D., & Umsu, H. (2015). Etika Islam Dalam Mengelola Lingkungan Hidup. Jurnal EduTech, 1.
- Langi, F. M., & Talibandang, F. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak. Journal of Psychology “Humanlight,” 2(1), 48–68.
- L. Sholehuddin. (2021). Ekologi dan Kerusakan Lingkungan dalam Persepektif Al-Qur’an. Jurnal Al-Fanar, 4(2), 113–134.
- Martini, M. (2019). Hubungan antara pengetahuan lingkungan dengan perilaku prolingkungan Sekolah Adiwiyata (studi kasus SDN 21 Taluak Kab. Agam). . Rang Teknik Journal, Vol. 2(No.1).
- Mulyati, M., & Al-Hikmah Jakarta, S. (2020). Pembentukan Karakter Jujur Pada Anak Melalui Pembiasaan Sholat. 2(1).
- Nurhasanah. (2019). Sikap Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Penerima Adiwiyata Tingkat Nasional Di Kabupaten Bengkalis. Universitas Islam Riau.
- Quagga, E. K. P. A. (2020). Pembentukan Perilaku Tanggung Jawab Lingkungan melalui Keikutsertaan Siswa SMA dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Kelompok Pecinta Alam.
- Salsabila, S., Sitika, A. J., & Fauziah, D. N. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kepribadian Siswa di MTs Nurul Ikhlas Bekasi. ISLAMIKA, 4(4), 678–692.
- Santika, I. G. N., Kartika, I. M., & Wahyuni, N. W. R. (2019). Pendidikan karakter: studi kasus peranan keluarga terhadap pembentukan karakter anak Ibu Sunah di Tanjung Benoa. Widya Accarya, 10(1).
- Siti, O:, Sekolah, Y., & Agama, T. (2020). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Lingkungan Hidup (Vol. 14, Issue 2).
- Sugiyono. (2014). Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
- Wahid, L. (2023). Peran Guru Agama Dalam Menanamkan Kesadaran Sosial Pada Siswa Di Sekolah Menengah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 605–612.
- Wati, D. M. (2019). Peran Guru PAI dalam Mendidik Karakter Peduli Lingkungan Di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo. (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
- Yumnah, S. (2020). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Lingkungan Hidup. Lisan Al-Hal: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 14(2), 325–340.
- Zakarya, Z., Hafidz, H., Martaputu, M., & Nashihin, H. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 909–918.
References
Arief, M. Miftah, Dina Hermina, and Nuril Huda. "Teori Habit Perspektif Psikologi dan Pendidikan Islam." Ri'ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan 7.01 (2022): 62-74.
Dwi Apriliani, D., Nurdianasari, N., Darmayanti, V., Badrus Sholeh Arif, M., & Cahyanto, B. (2023). Nilai-Nilai Penidikan Karakter Dalam Dongeng Domba dan Sahabat Rimba Karya Kak Thifa Sebagai Alternatif Bahan Ajar Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 110–119.
Hamidah Harahap, L. (2019). Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Menurut Buya Hamka. Juli-Desember, 8(2), 135–146.
Harahap, R. Z., Fakultas, D., & Umsu, H. (2015). Etika Islam Dalam Mengelola Lingkungan Hidup. Jurnal EduTech, 1.
Langi, F. M., & Talibandang, F. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak. Journal of Psychology “Humanlight,” 2(1), 48–68.
L. Sholehuddin. (2021). Ekologi dan Kerusakan Lingkungan dalam Persepektif Al-Qur’an. Jurnal Al-Fanar, 4(2), 113–134.
Martini, M. (2019). Hubungan antara pengetahuan lingkungan dengan perilaku prolingkungan Sekolah Adiwiyata (studi kasus SDN 21 Taluak Kab. Agam). . Rang Teknik Journal, Vol. 2(No.1).
Mulyati, M., & Al-Hikmah Jakarta, S. (2020). Pembentukan Karakter Jujur Pada Anak Melalui Pembiasaan Sholat. 2(1).
Nurhasanah. (2019). Sikap Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Penerima Adiwiyata Tingkat Nasional Di Kabupaten Bengkalis. Universitas Islam Riau.
Quagga, E. K. P. A. (2020). Pembentukan Perilaku Tanggung Jawab Lingkungan melalui Keikutsertaan Siswa SMA dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Kelompok Pecinta Alam.
Salsabila, S., Sitika, A. J., & Fauziah, D. N. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kepribadian Siswa di MTs Nurul Ikhlas Bekasi. ISLAMIKA, 4(4), 678–692.
Santika, I. G. N., Kartika, I. M., & Wahyuni, N. W. R. (2019). Pendidikan karakter: studi kasus peranan keluarga terhadap pembentukan karakter anak Ibu Sunah di Tanjung Benoa. Widya Accarya, 10(1).
Siti, O:, Sekolah, Y., & Agama, T. (2020). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Lingkungan Hidup (Vol. 14, Issue 2).
Sugiyono. (2014). Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Wahid, L. (2023). Peran Guru Agama Dalam Menanamkan Kesadaran Sosial Pada Siswa Di Sekolah Menengah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 605–612.
Wati, D. M. (2019). Peran Guru PAI dalam Mendidik Karakter Peduli Lingkungan Di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo. (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Yumnah, S. (2020). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Lingkungan Hidup. Lisan Al-Hal: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 14(2), 325–340.
Zakarya, Z., Hafidz, H., Martaputu, M., & Nashihin, H. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar peserta didik di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 909–918.