Main Article Content

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang aktualisasi nilai-nilai ihsan terhadap orangtua berdasarkan Tafsir Fii Zhilaalil Qur’an karya Sayyid Quthb. Ihsan, yang berarti berbuat baik secara maksimal dan ikhlas karena Allah, merupakan nilai penting dalam ajaran Islam yang juga sangat ditekankan dalam hubungan anak dan orangtua. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research) dan tafsir tematik untuk menelusuri ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan kewajiban berbakti kepada orangtua. Sumber utama dalam penelitian ini adalah tafsir Fii Zhilaalil Qur’an, dengan didukung sumber sekunder dari jurnal dan literatur ilmiah lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sayyid Quthb menafsirkan ayat-ayat ihsan terhadap orangtua secara kontekstual, menghubungkannya dengan realitas sosial dan moral masyarakat. Ihsan terhadap orangtua dapat diwujudkan melalui pendampingan emosional dan fisik di masa tua, perhatian terhadap kondisi sosial, spiritual, dan psikologis mereka, serta pembiasaan nilai-nilai hormat sejak dini melalui pendidikan keluarga. Penafsiran Sayyid Quthb menekankan bahwa nilai-nilai ihsan bukan hanya ritual ibadah, tetapi juga etika sosial yang harus dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam konteks keluarga sebagai fondasi utama pembentukan karakter.

Keywords

Ihsan Orangtua Tafsir Fii Zhilaalil Qur’an

Article Details

References

  1. Abdurrauuf, I. S. (1990). Al-Mu’jam Al-Maudhu’i Li Aayaat Al-Qur’an al-Azhim. Daarul Fadhilah.
  2. Addini, N. F., Iqbal, I. M., & Ridho, M. M. (2024). Kikir dalam Al-Qur’an (Kajian Lafadz Al-Bukhl dan Asy-Syuhh Menurut Tafsîr Fii Zhilalil Qur’an). Hamalatul Qur’an : Jurnal Ilmu Ilmu Alqur’an, 5(2), 275–285. https://doi.org/10.37985/hq.v5i2.196
  3. Azwar, R. N., Izzati, M. N., Rahimah, S., Fadhila, M., Faridah, S., & Bahri, M. (2023). Manajemen Stres untuk Caregiver dengan Metode Dzikir dan Dukungan Sosial. Shihatuna : Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.30829/shihatuna.v3i1.12720
  4. Budi Asyrofi, N., Muhammad Iqbal, I., & Mukharom Ridho, M. (2024). Konsep Damai Dalam Surat Al-Anfal Ayat 61: Studi Komparatif Tafsir Fi Zhilal Al-Quran Dan Tafsir Al-Mishbah. Ushuly: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 3(2), 166–185. https://doi.org/10.52431/ushuly.v3i2.2996
  5. Ferdinand, M. F. L., Truna, D. S., & Mimbar, A. S. (2022). Jihad Merawat Orang Tua Lanjut Usia: Studi Kritik Hadis. Gunung Djati Conference Series, 8, 832–842.
  6. Firdaus, M. Y., & Zulaiha, E. (2022). Kajian Metodologis Kitab Tafsir Fi Zhilalil al-Qur’an Karya Sayyid Qutb. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(6), 2717–2730. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i6.2553
  7. Hadi, N. (2019). Intelektual; Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman. 9.
  8. Hamid, A. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Al-Qur’an Surah Al-Isra Ayat 23-24. At-Ta’lim : Kajian Pendidikan Agama Islam, 6(II). https://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/Attalim/article/view/716
  9. Hidayat, T., Mansyur, M. H., & Abidin, J. (2023). PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MENURUT PANDANGAN ISLAM: Studi Kasus Tegal Panjang Desa Wibawa Mulya Kabupaten Bekasi. Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), 212–223. https://doi.org/10.51729/82184
  10. Irawan, N. H., Lubis, K., & Prasetyo, R. (n.d.). IMPLEMENTASI SURAH AL-AHQAAF (15-16) DALAM KONSEP BIRRUL WAALIDAIN PADA PENDIDIKAN KELUARGA DESA SUKAJADI KECAMATAN SUKAJADI.
  11. Jati, A. (2024). Keutamaan Berbuat Baik Kepada Orang Tua Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Journal of Innovative and Creativity, 4.
  12. Juita, D. R., & Shofiyyah, N. A. (2022). Peran Keluarga Dalam Merawat Lansia. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31538/almada.v5i2.2413
  13. Junaidi, J., Munir, M., & Elhefni, E. (2021). Peran Orang Tua dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keislaman Kepada Anak di Era Teknologi Digital. Muaddib: Islamic Education Journal, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.19109/muaddib.v4i2.14667
  14. Munawir, A. W. (1997). Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia (2nd ed.). Pustaka Progressif.
  15. Nur, Z. A., & Sulthoni, A. (2024). Concepts and Methods of Tadabbur al-Qur’an for Early Childhood: A Review of the Book Tadabbural-Qur’anforKids. 25(2).
  16. Quṭb, S. (2000). Tafsir fi zhilalil Qur’an: Dibawah naungan Al-Quran Jilid 12. Gema Insani Press.
  17. Rafly, M., Sulthoni, A., & Ridho, M. M. (2024). Analisis Ayat-Ayat Jihad Dalam Rawai’u Al-Bayan fi Tafsir Ayat Al-Ahkam Karya Ali Ash-Shabuni. Basha’ir: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.47498/basha'ir.v4i2.3311
  18. Ridho, M. M., & Fatimah, H. (2021). Konsep Taubat pada Ayat-ayat Hudud dalam Kitab Tafsir Al-Mishbah. Al Karima : Jurnal Studi Ilmu Al Quran Dan Tafsir, 5(2), 17. https://doi.org/10.58438/alkarima.v5i2.104
  19. Rohmanan, M. (2021). Interaksi Umat Islam Indonesia Terhadap Lansia (Studi Living Qurâ€TMan). AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.29240/alquds.v5i2.2525
  20. Safitri, S. W., Hasbi, R., & Nur, A. (2024). Relasi Birrul Walidain dengan Kesuksesan Karir Anak (Kajian Tematik Konseptual). Jurnal Syntax Admiration, 5(7), 2699–2711. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i7.1308
  21. Supriadi. (2015). Pemikiran Sayyid Quthb dalam tafsir Fi Zhilal Al-Qur’an. Jurnal Asy-Syukriyyah, 14.
  22. Tim Penyusun Pedoman Penulisan Skripsi STIQ Isy Karima. (2023). In Pedoman Penulisan Skripsi Program Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Stiq Isy Karima Karanganyar.