Main Article Content

Abstract

Upaya-upaya untuk memperkenalkan persaingan pada pemerintah daerah di Britain dilakukan dalam bentuk Compulsory Competitive Tendering atau CCT. pelaksanaan CCT untuk pelayanan manual (manual services) diatur melalui Undang Undang Pertanahan dan Perencanaan Pemerintah Daerah tahun 1980, dan Undang Undang Pemerintah Daerah tahun 1988. Sedangkan program CCT untuk pelayanan profesional diatur melalui Undang Undang Pemerintah Daerah tahun 1992.
Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan berbagai aspek penting dari CCT di Britain, serta mengevaluasi pelaksanaan CCT untuk pelayanan manual pada pemerintah daerah di Inggris, Skotlandia dan Wales. Pengalaman Britain dengan CCT telah memperlihatkan sejumlah dampak, seperti penghematan pelayanan antara 5,6% dan 7%, perubahan sikap, prosedur dan struktur pemerintah daerah, kualitas pelayanan lebih baik melalui tercapainya standar pelayanan, terpenuhinya jaminan kualitas, dan penggunaan spesifikasi kontrak yang akurat, serta  peningkatan moral pekerja dan upah berdasarkan kinerja.

Key Words: British Competitive Tendering, Local Government Services, and Privatization.

Article Details

How to Cite
Aminarko, L., & Delay, S. (2009). Compulsory Competitive Tendering in Britain. Jurnal Siasat Bisnis, 2(8). Retrieved from https://journal.uii.ac.id/JSB/article/view/1015