Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian empiris tentang reaksi harga saham terhadap perubahan dividen tunai dan dividend yields di Bursa Efek Jakarta. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah: pertama, untuk menguji apakah harga saham bereaksi positif terhadap pengumuman kenaikkan dividen dan bereaksi negatif terhadap pengumuman penurunan dividen. Kedua, untuk menguji apakah reaksi harga saham yang terjadi dipengaruhi oleh perubahan dividend yield.
Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 52 saham perusahaan yang terdiri dari 27 perusahaan yang membayar dividen naik dan 25 perusahaan yang membayar dividen turun. Periode pengamatan pada penelitian ini adalah tahun 1995 dan 1996. data yang digunakan berupa data sekunder yang terdiri dari data harga saham perusahaan, Indeks Harga Saham Gabungan, dividen per lembar saham dan data dividend yield perusahaan. Abonormal return dihitung dengan menggunakan model pasar. Metode statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) reaksi harga saham positif terhadap kenaikkan dividen yang dibayarkan terjadi pada hari ke 5 sebelum pengumuman, sedangkan reaksi harga saham negatif terhadap penu¬runan dividen yang dibayarkan terjadi pada hari ke 5 setelah pengumuman. Ini menunjukkan bahwa pengumu¬man dividen mengandung informasi. (2) reaksi harga saham tidak dipengaruhi oleh perubahan dividend yield, ini ditunjukkan dari tidak adanya koefisien yang signifikan.

Article Details

How to Cite
Mulyati, S. (2009). Reaksi Harga Saham terhadap Perubahan Dividen Tunai dan Dividend Yield di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Siasat Bisnis, 2(8). Retrieved from https://journal.uii.ac.id/JSB/article/view/1016