Main Article Content

Abstract

Perubahan lingkungan kompetisi membuat fokus perkembangan teknologi dan besarnya peranan pemerintah di masing-masing negara menjadi berlainan. Negara-negara industri secara umum memfokuskan dan berlomba-lomba untuk mencapai batas-batas inovasi mereka, dan mencoba untuk memperbaiki sistem inovasi nasional. Disisi lain, negara-negara berkembang pada umumnya lebih fokus untuk mengadaptasikan teknologi yang ada secara lebih efektif.
Pengamatan proses industrialisasi jelas tidak bisa mengabaikan arah perkembangan teknologi. Dengan demikian teori-teori mengenai teknologi menjadi sangat relevan kalau para peneliti mengenai industrialisasi ingin memperoleh gambaran yang baik mengenai proses-proses yang berlangsung. Ketertinggalan negara sedang berkembang dalam bidang ekonomi sebenarnya dapat ditelusuri dari ketertinggalan di bidang teknologi ini.

Article Details

How to Cite
Wiratmo, M. (2009). Berbagai Teori mengenai Perkembangan Teknologi. Jurnal Siasat Bisnis, 1(8). Retrieved from https://journal.uii.ac.id/JSB/article/view/1020