PENGARUH INSTRUMENTAL DAN EXPRESSIVE NETWORK DENSITY TERHADAP KINERJA TIM: PEMEDIASI KEMAMPUAN INTEGRASI PENGETAHUAN TIM

Candra Vionela Merdiana, Amin Wibowo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis instrumental network density dan expressive network density terhadap kinerja tim yang dimediasi oleh kemampuan integrasi pengetahuan tim. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey, sedangkan teknik sampling menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling. Unit analisis berada pada level tim yang dilakukan pada tim mahasiswa KKN di Universitas Gadjah Mada dan Universitas Negeri Yogyakarta. Setelah dilakukan agregasi, jumlah tim yang digunakan sebanyak 37 tim dengan jumlah kuesioner sebanyak 341 kuesioner. Pengujian untuk mengetahui adanya pengaruh dari mediasi dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda (Baron dan Kenny, 1986). Berdasarkan pengujian dan analisis data, maka diperoleh hasil sebagai berikut : instrumental network density dan expressive network density berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tim, kemampuan integrasi pengetahuan tim tidak memediasi pengaruh instrumental network density terhadap kinerja tim, kemampuan integrasi pengetahuan tim tidak memediasi expressive network density terhadap kinerja tim.

Kata kunci: Instrumental Network Density, Expressive Network Density, Kemampuan Integrasi Pengetahuan Tim dan Kinerja Tim.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM




Copyright (c) 2016 Jurnal Siasat Bisnis



JURNAL SIASAT BISNIS (JSB)
ISSN 0853-7666 (print), 2528-7001 (online)

Contact:
Management Development Centre (MDC)
Faculty of Economics, Universitas Islam Indonesia
Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta
Telp. (0274) 881546, Fax. (0274) 882589
Editorial E-mail: editor.jsb@uii.ac.id

  

Creative Commons License

Jurnal Siasat Bisnis (JSB) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.