Main Article Content

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil survey yang dilakukan oleh JobStreet Indonesia terhadap anggotanya. Hasil survey tersebutmenyatakanbahwa sebanyak lebih dari 70% karyawan perusahaan di Indonesia tidak memiliki kejelasan jenjang karir. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji seberapa besar pengaruh social comparison terhadap career satisfaction, organizational commitment, dan turnover intention. Kemudian, dalam penelitian ini juga digunakan variabel competitive work group sebagai variabel moderator yang dapat memperkuat atau memperlemah pengaruh antar variabel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 127 karyawan tetap PT Indofood Sukses Makmur Tbk Bogasari Flour Mills Division Surabaya. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil penelitian, terbukti bahwa downward social comparison berpengaruhpositif signifikan terhadap career satisfaction, upward social comparison berpengaruh positifsignifikan terhadap turnover intention,career satisfaction juga berpengaruhpositif signifikan terhadap organizational commitment, serta organizational commitment berpengaruh negatifsignifikan terhadap turnover intention. Sedangkan pengaruh upward social comparison terhadap career satisfaction, career satisfaction terhadap turnover intention dan downward social comparison terhadap turnover intention adalah tidak signifikan, serta tidak terdapat efek moderasi dari competitiveness work group pada hubungan antara social comparison dengan career satisfaction dan upward  social  comparison dengan turnover intention serta terdapat efek moderasi dari competitiveness work group pada hubungan antara downward social comparison dengan turnover intention. 

Keywords

social comparison upward dan downward career satisfaction organizational commitment turnover intention competitive work group

Article Details

How to Cite
Herachwati, N., Sulistiawan, J., & Nguru, M. G. B. (2016). Pengaruh social comparison pada work attitude: Peran pemoderasian competitive work group. Jurnal Siasat Bisnis, 19(2), 146–160. https://doi.org/10.20885/jsb.vol19.iss2.art5