Main Article Content
Abstract
Kegagalan bisnis merupakan pengalaman berharga, sehingga Coffee Toffee harus mampu mempertahankan ekuitas pelanggannya yang sangat penting dalam menjaga sustainability gerai Coffee Toffee, agar dapat menjadi salah satu Coffee Shop terbesar dan terbaik di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan secara bersama-sama maupun parsial terhadap ekuitas pelanggan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan verifikatif. Uji Regresi Berganda menggunakan bantuan program SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan layanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap ekuitas pelanggan, hal ini dikarenakan kualitas produk dan layanan bagi jasa kuliner merupakan faktor penting dalam membentuk ekuitas pelanggan. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas pelanggan, dikarenakan kualitas produk dari tanggapan pelanggan terbukti berkualitas namun kualitas layanan tidak berpengaruh signifikan terhadap ekuitas pelanggan, dikarenakan gerai Coffee Toffee menggunakan konsep self service sehingga sedikit tingkat komunikasi karyawan dengan pelanggan.
Keywords
Kualitas Produk
Kualitas Layanan
Ekuitas Pelanggan
Article Details
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
How to Cite
Widyastuti, S., & Zainuddin, Z. (2016). Pengaruh kualitas produk dan jasa pada ekuitas pelanggan di Coffee Toffee Indonesia. Jurnal Siasat Bisnis, 19(2), 184–196. https://doi.org/10.20885/jsb.vol19.iss2.art8