"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd"> Pengaruh perceived usefulness dan perceived ease of use terhadap behavioral intention dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) pada pengguna Instant Messaging LINE di Indonesia | Aditya | Jurnal Siasat Bisnis

Pengaruh perceived usefulness dan perceived ease of use terhadap behavioral intention dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) pada pengguna Instant Messaging LINE di Indonesia

Ricky Aditya(1), Aditya Wardhana(2),
(1) Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom
(2) Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom

Abstract


Di antara berbagai instant messaging yang kini ada, LINE merupakan salah satu instant messaging  yang menarik untuk diteliti dengan pesatnya pertumbuhan pengguna dan keunggulannya dibanding WhatsApp dan Blackberry. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perceived usefulness  dan perceived  ease  of  use  terhadap  behavioral  intention  pada  pengguna instant messaging LINE di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis data deskriptif dan kausal, responden yang diteliti dalam penelitian ini berjumlah 400 pengguna instant messaging LINE di Indonesia dengan teknik sampling insidental. Hasil penelitian menunjukan bahwa perceived usefulness berada pada posisi angka 75,81% dengan kategori tinggi, perceived ease of use berada pada posisi angka 81,43% dengan kategori tinggi, behavioral intention berada pada posisi 79,52% dengan kategori tinggi, perceived usefulness berpengaruh signifikan terhadap behavioral intention sebesar 18,83%, perveived ease of use berpengaruh signifikan terhadap behavioral intention sebesar 36,84% serta perceived usefulness dan perceived ease of use berpengaruh signifikan terhadap behavioral inteniton sebesar 55,7%.

 


Keywords


Instant Messaging LINE, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Behavioral Intention

Full Text:

PDF
: http://dx.doi.org/10.20885/jsb.vol20.iss1.art3

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM




Copyright (c) 2016 Jurnal Siasat Bisnis

Contact:
Management Development Centre (MDC)
Faculty of Economics, Universitas Islam Indonesia
Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta
Telp. (0274) 881546, Fax. (0274) 882589
Editorial E-mail: editor.jsb@uii.ac.id

  

Creative Commons License

Jurnal Siasat Bisnis (JSB) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.