Main Article Content

Abstract

Cara untuk memaksimumkan nilai pemegang saham adalah dengan cara meningkat tingkat pengembalian dari investasi tersebut. Bagi perusahaan yang belum go public dapat diketahui dari naiknya aktiva perusahaan, dan bagi perusahaan yang telah go public dapat diketahui dari harga saham di pasar modal. Dengan kata lain apabila harga saham naik maka nilai perusahaan mengalami kenaikan juga dan sebaliknya apabila harga saham mengalami penurunan maka nilai perusahaa mengalami penurunan sehingga akan berdampak bagi pemegang saham perusahaan. Akan tetapi nilai perusahaan dapat disebabkan oleh beberap faktor diantaranya ukuran perusahaan, profitabilitas, volatilitas pendapatan, hutang dan resiko bisnis..

               Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini pertama untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada saham JII (Jakarta Islamic Indeks) di Bursa Efek Indonesia, kedua untuk mengetahui pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada saham JII (Jakarta Islamic Indeks) di Bursa Efek Indonesia, ketiga untuk mengetahui pengaruh volatilitas pendapatan terhadap nilai perusahaan pada saham JII (Jakarta Islamic Indeks) di Bursa Efek Indonesia, keempat untuk mengetahui pengaruh resiko bisnis terhadap nilai perusahaan pada saham JII (Jakarta Islamic Indeks) di Bursa Efek Indonesia, kelima untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan dan kebijakan hutang terhadap nilai perusahaan pada saham JII (Jakarta Islamic Indeks) di Bursa Efek Indonesia, keenam untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan kebijakan hutang terhadap nilai perusahaan pada saham JII (Jakarta Islamic Indeks) di Bursa Efek Indonesia, ketujuh untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh volatilitas pendapatan dan kebijakan hutang terhadap nilai perusahaan pada saham JII (Jakarta Islamic Indeks) di Bursa Efek Indonesia, kedelapan untuk mengetahui pengaruh resiko bisnis dan kebijakan hutang terhadap nilai perusahaan pada saham JII (Jakarta Islamic Indeks) di Bursa Efek Indonesia.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ukuran perusahaan, profitabilitas, volatilitas pendapatan,  dan resiko bisnis berpengaruh simultan terhadap nilai perusahaan pada saham JII (Jakarta Islamic Indeks) di Bursa Efek Indonesia, secara parsial volatilitas pendapatan berpengaruh terhadap terhadap nilai perusahaan pada sahaam JII (Jakarta Islamic Indeks) di Bursa Efek Indonesia, menunjukkan bahwa kebijakan hutang tidak memberikan hubungan antara ukuran perusahaan, profitabilitas, resiko binis dengan nilai perusahaan, sedangkan volatilitas pendapatan memberikan hubungan terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan hutang sebagai moderating

Article Details

Author Biography

FIRMANSYAH MAN IRMANSYAH, STIE MAHAPUTRA RIAU

DEPARTEMEN MANAJEMEN

References

  1. Hasania Zurhria, Sri Murni, dan Yunita Mandige,2016. Pengaruh Current Ratio, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, dan ROE Terhadap Nilai Perusahaan Farmasai yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011 – 2014. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Volume 16, No. 03.
  2. Hasan Iqbal,2010. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Penerbit PT. Bumi Aksara. Jakarta.
  3. Imanta Dea dan Rutji Satwiko, 2011. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepemilikan Manajerial. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Volume 13, Nomor 01.
  4. Kuncoro Mudrajad,2009. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Penerbit Erlangga.
  5. Novari Putu Mikhy dan Putu Vivi Lestari,2016. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Properti dan Real Estate. E- Jurnal Manajemen Unud, Volume 5, No. 09.
  6. Pratama I Gusti Bagus Angga dan I Gusti Bagus Wiksuana,2016. Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi. E- Jurnal Manajemen Unud, Volume 5, No. 02.
  7. Pratiwi Ni Putu Yuni, Fridayana Fudiaatmaja, dan I Wayan Suwendra,2016. Pengaruh Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4.
  8. Rudangga I Gusti Ngurah Gede dan Gede Merta Sudiarta, 2016. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. - Jurnal Manajemen Unud, Volume 5, No. 07.
  9. Soewajdi Jusuf,2012. Pengantar Metodologi Penelitian. Penerbit Mitra Wacana Media.