Main Article Content

Abstract

Strategi layanan perpustakaan di masa Pandemi tetap harus berjalan tidak bisa dipungkiri banyak perpustakaan yang kerja ekstra keras untuk mengalihmediakan bahan perpustakaan dari bentuk asli ke digital, perpustakaan dimanapun ramai-ramai untuk mengalihmediakan bahan perpustakaan untuk menunjang kuliah yang sifatnya daring. Tujuan dari Alih media adalah Penyelamatan isi informasi, Pelestarian isi informasi, Memberikan layanan akses e-book, Mudah dan hemat dalam penyimpanan, Mudah pengelolaan dan cepat dalam sistem temu Kembali informasi (STKI), Mudah penyebaran atau Diseminasi Informasi, Mudah penggandaan dan backup, Mudah diakses dalam waktu yang bersamaan, cepat dan tepat asal terkoneksi dengan internet, Melihat perbandingan antara silabus yang dibutuhkan selama perkuliahan dan ketersediaan yang dimiliki perpustakaan Fakultas Bisnis dan Ekonomika.


Ketersediaan akses informasi serta penyebaran informasi yang lebih cepat kepada pemustaka dijadikan sebagai salah satu alasan dalam kegiatan alihmedia, hal ini disebabkan dengan menjadikan format digital, informasi akan dengan cepat disajikan dan diakses tanpa harus ke perpustakaan, sehingga kegiatan ini memungkinkan untuk diverifikasi bentuk layanan bahan perpustakaan karena kemampuannya dalam menampilkan secara lebih menarik. Selain itu untuk membaca tidak diperlukan alat khusus, hanya memerlukan perangkat komputer atau Hand Phone dan yang paling penting terkoneksi dengan internet.

Keywords

Pandemi Alihmedia Daring

Article Details

Author Biography

Bambang Hermawan, Universitas Islam Indonesia

Perpustakaan
How to Cite
Hermawan, B. (2021). ALIHMEDIA SEBAGAI STRATEGI LAYANAN PENGELOLAAN PENGETAHUAN FAKULTAS BISNIS DAN EKONOMIKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA DI MASA PANDEMI COVID 19. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 4(1), 1–14. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/19085

References

  1. https://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/viewFile/9722/5991, P-ISSN : 2089-6549 E-ISSN : 2582-2182 Tahun 7, Volume 7 No. 2 Nopember 2017, Identifikasi Faktor-faktor Penyebab Kerusakan Koleksi Perpustakaan, (Senin 5 Oktober 2020 Jam 10.54 wib).
  2. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online. Dalam https://kbbi.web.id/ (Senin 12 Oktober 2020 jam 10.20 wib).
  3. Laporan pelaksanaan kegiatan alihmedia Divisi Pengelolaan Pengetahuan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia 2020.
  4. Pedoman pembuatan e-book dan standar alih media Perpustakaan Nasional R, 2014.(rabu 21 april 2021, jam 09.44 wib).
  5. SNI 7330:2009 Perpustakaan Perguruan Tinggi, pelestarian materi perpustakaan meliputi kegiatan yang bersifat pencegahan dan penanggulangan kerusakan fisik dan atau pengalihmediakan isi dari sebuah format ke format lain. SNI Standar Nasional Indonesia Bidang Perpustakaan dan Kepustakawanan, (Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2011). (Senin 5 Oktober 2020 Jam 11.10 wib).