Main Article Content

Abstract

Aturan pendidikan pondok pesantren yang ketat sebagaimana pembatasan gadget dalam kesehariannya menjadikan santri jauh dari teknologi yang berdampak minimnya pengetahuan akan informasi-informasi digital yang seharusnya dapat dicari dengan mudah. Namun kenyataanya, MA Unggulan Al-Imdad mampu mengatasi hal tersebut dengan hadirnya perpustakaan yang dimilikinya. Penelitian ini tergolong dalam penelitian korelasional dengan populasi sejumlah 272 santri dengan 162 santri sebagai sampel yang diambil mengunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Analisis data dilakukan mengunakan teknik mean dan grand mean serta teknik parametik yang digunakan adalah uji normalitas, uji linieritas, uji hipotesis yang menggunakan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian: 1) terdapat peran perpustakaan santri di MA Unggulan Al-Imdad Bantul sebesar 3,11 yang berkategori tinggi. 2) terdapat tingkat kemampuan literasi digital santri di MA Unggulan Al-Imdad dengan nilai 3,16 yang kategori tinggi. 3) terdapat pengaruh peran perpustakaan terhadap tingkat kemampuan literasi digital. Terdapat persamaan koefisien regresi sebesar 0,571 yang berarti bahwa peran perpustakaan mempengaruhi tingkat kemampuan literasi digital. Direkomendasikan penelitian lanjutan guna mengetahui hubungan antara literasi digital dengan minat baca atau hasil prestasi belajar santri MA Unggulan Al-Imdad Bantul.

Keywords

peran perpustakaan literasi digital santri

Article Details

How to Cite
Anggara, S., & Khoeron, S. (2023). Pengaruh Peran Perpustakaan terhadap Tingkat Kemampuan Literasi Digital Santri di MA Unggulan Al-Imdad Bantul. Buletin Perpustakaan, 6(2), 263–295. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/31475

References

Read More