Main Article Content

Abstract

Lahirnya teknologi digital bagaikan pisau mata dua yang di balik kemanfaatan juga terdapat dampak buruk bagi penggunanya. Dalam hal ini, kelompok manusia yang rentan terhadap pengaruh tersebut adalah para anak-anak yang masuk dalam usia remaja. Selain itu, umur remaja merupakan masa yang labil dan mudah terpengaruh baik lingkungan nyata maupun maya. Oleh karena itu, anak usia remaja terutama mereka yang masih duduk di bangku sekolah lanjutan tingkat atas sangat perlu untuk diedukasi literasi digital dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk menganalisis tingkat kemampuan literasi digital siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan subjek siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan literasi digital. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuisioner Analisis data ini menggunakan rumus prosentasi, mean, dan grand mean. Penelitian ini menghasilkan bahwa tingkat kemampuan literasi digital siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta secara garis besar “Baik” dengan skor 3,23. Dari hasil tersebut, peneliti menyarankan perlunya dilakukan penelitian di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan penggunaan teori yang lain seperti dari Kominfo, Paul Glister, maupun pengembangan sendiri untuk mengungkap lebih jauh kemampuan literasi digital siswa di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Keywords

literasi digital tingkat kemampuan literasi digital smk 3 muhammadiyah yogyakarta teknologi digital

Article Details

How to Cite
Rifai, Z. D., & Khoeron, S. (2023). Analisis Tingkat Kemampuan Literasi Digital Siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Buletin Perpustakaan, 6(2), 239–261. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/31508

References

Read More