Main Article Content

Abstract

Penelitian ini menjelaskan hasil dari studi yang menganalisis mengenai Perbandingan Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Return On Asset (ROA) Pada Bank Umum Konvensional dan Bank Umum Syariah Periode 2011-2015 dengan menggunakan variabel yang digunakan adalah ROA, NPF/NPL, CAR, BOPO dan FDR/ LDR, sampel penelitian yaitu 2 Bank Umum Syariah (BNI Syariah dan Bank Syariah Mandiri)dan 2 Bank Umum Konvensional (BNI dan Bank Mandiri)  Metode Analisis yang digunakan menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Statitik yaitu koefisien determinasi, uji statistik t, uji simultan F dan Asumsi Klasik melalui uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi serta uji Independent Sampel T-test. Penelitian ini menemukan bahwa variabel NPL/NPF berpengaruh signifikan negatif terhadap ROA pada BNI dan Bank Syariah Mandiri, NPL/NPF berpengaruh positif terhadap ROA pada Bank Mandiri tidak signifikan dan BNI Syariah signifikan. variabel CAR berpengaruh positif dan signifikan pada BNI tetapi tidak signifikan pada Bank Mandiri dan BNI Syariah sedangkan pada Bank Syariah Mandiri berpengaruh negatif tidak signifikan. BOPO berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA.  FDR/ LDR berpengaruh negatif signifikan pada Bank Mandiri dan BNI Syariah tetapi tidak signifikan sedangkan berpenguh positif dan signifikan pada BNI dan Bank Syariah Mandiri. Serta pada uji Independent sampel t-test Bank Umum Syariah lebih besar daripada Bank Umum Konvensional yaitu rasio NPL/NPF, BOPO, LDR/FDR, Sedangkan Bank Umum Konvensional lebih besar dibandingkan Bank Umum Syariah pada rasio ROA dan CAR.

Keywords

ROA NPF/NPL CAR BOPO dan FDR/ LDR

Article Details

References

  1. Ariyani, D. (2012). Analisis Pengaruh CAR, NPF, BOPO, FDR terhadap Profitabilitas pada PT.Bank Mummalat Indonesia Tbk. Al-Iqtishad. 2(1), 97-124
  2. Purnamasari & Ariyanto (2016). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Konvensional dan Bank Syariah Periode 2010-2014. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.15 (1), 82-110.
  3. Hakim, A. (2014). Pengantar Ekonometrika Dengan Aplikasi Eviews. Yogyakarta:Ekonisia.
  4. Pratiwi. (2012). Pengaruh CAR, BOPO, NPF, dan FDR terhadap Return On Asset (ROA) Bank Umum Syariah. Skripsi Sarjana. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro. Semarang.
  5. Purnamasari, G. A., & Ariyanto, D. (2016). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Konvensional dan Bank Syariah Periode 2010-2014. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 15 (1), 82-110
  6. Sabir, Muh (2012). Pengaruh Rasio Kesehatan Bank Terhadap Kinerja Keuangan Bank terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah dan Bank Umum Konvensional di Indonesia. Jurnal Analisis. 1 (1), 79-86..
  7. Subaweh, I. (2008). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Syariah dan Bank Konvensional Periode 2003-2007. Jurnal Ekonomi Bisnis. 2 (13), 112-121
  8. Wahyu. W. (2012). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah dan Bank Umum Konvensional di Indonesia. Skripsi Sarjana. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Hasanuddim. Makasar.
  9. Widarjono, A. (2013). Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya Disertai Panduan Eviews Edisi IV. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
  10. Yuan, T. (2015). Perbandingan Analisis Kinerja Keuangan Perbankan Syariah dan Perbankan Konvensional dengan Menggunakan Metode CAMEL, Journal of Management. 1(1), 1-18