Main Article Content

Abstract

The political right to be elected within the Indonesian constitutional practice in the aftermath of the Constitutional Court decision has led to a shifted paradigm. This article seeks to answer two questions, namely: First, why is there a shift of paradigm related to the right to be elected in the Constitutional Court Decision Number 68/PUU-XX/2022, especially regarding state officials who are not obliged to resign from their positions when they opt to become presidential and/or vice presidential candidates? Second, what is the legal impact of the Constitutional Court Decision Number 68/PUU-XX/2022 on state officials whom previously were required to resign by law? This article is the result of a doctrinal legal research that uses a case study approach, by examining the Constitutional Court decisions as the primary material. The study of the Constitutional Court's decision was carried out to analyse the considerations of the Constitutional Court justices ( ratio decidendi ) in issuing the said decision. This article concludes that: First, there has indeed been a shift of paradigm shift in the Constitutional Court by relaxing the restrictions on the right to be elected for state officials . The Constitutional Court views that in today's constitutional developments, it is no longer relevant to distinguish between the requirements for resignation for both elected and appointed officials. The Constitutional Court readjusts the right to be elected on the grounds that qualified human resources are needed to fill certain political positions and the right to be elected cannot be reduced due to the aforementioned circumstance in order to mitigate the risk of posing a form of discrimination. The legal impact that arose in the aftermath of the Constitutional Court's decision leads to a difference in treatment for a number of state officials/other public officials, namely that there remains a requirement to resign should they wanted to participate in political contests.
Keywords: Right to be Elected, State Officials, Restrictions


Abstrak
Hak untuk dipilih dalam praktik ketatanegaraan Indonesia, pasca putusan Mahkamah Konstitusi telah mengalami pergeseran paradigma. Artikel ini ingin menjawab dua pertanyaan yaitu: Pertama, mengapa terjadi perubahan paradigma berkaitan dengan hak dipilih dalam Putusan MK Nomor 68/PUU-XX/2022 khususnya mengenai pejabat negara yang tidak harus mundur dari jabatannya saat menjadi calon Presiden dan calon Wakil Presiden? Kedua, Apa dampak hukum dari Putusan MK Nomor 68/PUU-XX/2022 tarhadap pejabat negara yang diharuskan mundur oleh undang-undang? Artikel ini merupakan hasil riset hukum doktrinal menggunakan pendekatan kasus yaitu dengan mengkaji  putusan-putusan MK sebagai bahan utama. Pengkajian terhadap putusan MK tersebut dilakukan untuk menganalisis berkaitan dengan pertimbangan hakim MK (ratio decidendi) dalam mengeluarkan putusan. Artikel ini menyimpulkan bahwa: Pertama, telah terjadi perubahan paradigma MK dengan memperlonggar pembatasan hak untuk dipilih bagi pejabat negara atau pejabat publik. MK memandang bahwa dalam perkembangan ketatanegaraan hari ini sudah tidak relevan untuk membedakan syarat-syarat mengundurkan diri baik pejabat yang dipilih maupun pejabat yang diangkat. MK memperlonggar hak dipilih tersebut dengan alasan bahwa diperlukan SDM yang berkualitas untuk mengisi jabatan-jabatan politik dan menurut MK hak untuk dipilih tidak dapat dikurangi karena jika hal tersebut dilakukan merupakan bentuk diskriminasi. Dampak hukum yang timbul pasca putusan MK tersebut yaitu terdapat perbedaan perlakuan bagi sejumlah pejabat negara/pejabat publik lain yaitu masih adanya syarat mengundurkan diri jika ingin mengikuti konstestasi politik.
Kata Kunci: Hak Dipilih, Pejabat Negara, Pembatasan

Keywords

Right to be Elected State Officials Restrictions

Article Details

How to Cite
Nope, B., Redhani, M. E., Huda, N., & Hattabou, A. (2025). Penafsiran Pembatasan Hak Dipilih bagi Pejabat Negara: Mengkaji Ratio Decidendi Putusan Mahkamah Konstitusi. Jurnal Hukum IUS QUIA IUSTUM, 32(1), 176–206. https://doi.org/10.20885/iustum.vol32.iss1.art8

References

  1. Agustine, Oly Viana. “Keberlakuan Yurisprudensi Pada Kewenangan Pengujian Undang-Undang Dalam Putusan Mahkamah Konstitusi.” Jurnal Konstitusi 15, no. 3 (2018): 642. https://doi.org/10.31078/jk1539.

  2. Anggoro, Firna Novi. “PENYALAHGUNAAN WEWENANG OLEH PEGAWAI NEGERI SIPIL (Ratio Legis Pasal 36 Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil).” Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional 11, no. 2 (2022). https://doi.org/10.33331/rechtsvinding.v11i2.936.

  3. Anjari, Warih. “Pencabutan Hak Politik Terpidana Korupsi Dalam Persfektif Hak Asasi Manusia.” Jurnal Yudisial 8, no. 1 (2015). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29123/jy.v8i1.37.

  4. Ardiansyah Denny. “Pencabutan Hak Untuk Memilih Dan Dipilih Bagi Terpidana Tindak Pidana Korupsi.” Cakrawala Hukum 8 (2017).

  5. Arief Sidharta Bernard. Refleksi Tentang Struktur Ilmu Hukum. Ketiga. Bandung: Mandar Maju, 2009.

  6. Asshiddiqie, Jimly. Pengantar Ilmu Hukum Tata Negara Jilid I. Jakarta: Sekretariat Jenderal dan Kepaniteraan MK RI, 2006.

  7. ———. Pokok-Pokok Hukum Tata Negara Indonesia. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Popular, 2007.

  8. Bawamenewi, Adrianus. “Implementasi Hak Politik Warga Negara.” Jurnal Warta Dharmawangsa 13, no. 3 (2019): 43.

  9. Dharma, Gara Na Wayan I. “Analisas Yuridis Pencabutan Hak Memilih Dan Dipilih Sebagai Pidana Tambahan Dalam Perspektif Perlindungan Hak Asasi Manusia Pada Putusan Ratu Atut Chosiyah.” Udayana Master Law Journal 5 (2016).

  10. Etra, Agusniwan. “Peran Mahkamah Konstitusi Dalam Perlindungan Hak Pilih Dalam Negara Hukum Demokratis.” Jurnal Konstitusi 19, no. 2 (June 2, 2022). https://doi.org/10.31078/jk19210.

  11. Fahmi, Khairul. “Menelusuri Konsep Keadilan Pemilihan Umum Menurut UUD 1945.” Jurnal Cita Hukum 4, no. 2 (2016). https://doi.org/10.15408/jch.v4i2.4098.

  12. ———. “Pergeseran Pembatasan Hak Pilih Dalam Regulasi Pemilu Dan Pilkada (The Shift of the Limitation and Local Elections Regulations).” Jurnal Konstitusi 14, no. 4 (2017): 757–77. http://ejournal.mahkamahkonstitusi.go.id/index.php/jk.

  13. Fariz, Donal. “Pembatasan Hak Bagi Mantan Terpidana Korupsi Menjadi Calon Kepala Daerah.” Jurnal Konstitusi 17, no. 2 (August 19, 2020). https://doi.org/10.31078/jk1724.

  14. Gaffar, Janedjri M. “Peran Putusan Mahkamah Konstitusi Dalam Perlindungan Hak Asasi Manusia Terkait Penyelenggaraan Pemilu.” Jurnal Konstitusi 10, no. 1 (2013).

  15. Hamdi Syaibatul Baumi. “Efektifitas Hukum Pencabutan Hak Dipilih Terhadap Koruptor Dalam Pemberantasan Korupsi.” Lex Renaissance 3, no. Juli (2018).

  16. Huda, Ni’matul. Kemunduran Demokrasi Pasca Reformasi. Pertama. Yogyakarta: FH UII Press, 2021.

  17. Huda, Ni'matul, Dodik Setiawan Nur Heriyanto, dan Allan Fatchan Gani Wardhana “The Urgency of the Constitutional Preview of Law on the Ratification of International Treaty by the Constitutional Court in Indonesia,” Heliyon 7, no. 12 (December 2021): e08529, https://www.cell.com/heliyon/fulltext/S2405-8440(21)01989-7.

  18. Kansil, C.ST. Hukum Tata Pemerintahan Indonesia. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1985.

  19. Lailam Tanto. “Perbandingan Desain Pengujian Konstitusional Pada Mahkamah Konstitusi Federal Jerman Dan Indonesia.” Arena Hukum 16, no. 28-03–2023 (2023). https://doi.org/https://doi.org/10.21776/ub.arenahukum.2023.01602.4.

  20. MK RI. Putusan MK No 33/PUU-XIII/2015 (2015).

  21. ———. Putusan MK No 41/PUU-VII/2014 (2014).

  22. ———. Putusan MK Nomor 68/PUU-XX/2022 (2022).

  23. Nasution, Hilmi Ardani, and Marwandianto Marwandianto. “Memilih Dan Dipilih, Hak Politik Penyandang Disabilitas Dalam Kontestasi Pemilihan Umum: Studi Daerah Istimewa Yogyakarta.” Jurnal HAM 10, no. 2 (2019): 161. https://doi.org/10.30641/ham.2019.10.161-178.

  24. Penelitian, Pusat, and Pengelolaan Perpustakaan. Pengaturan Hak Kebebasan Berpendapat Dalam Konstitusi, 2021.

  25. Rachman, Irfan Nur. “Politik Hukum Pengaturan Right to Vote and Right to Be Candidate Dalam Undang-Undang Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi.” Jurnal Konstitusi 10, no. 2 (2016): 311. https://doi.org/10.31078/jk1026.

  26. Rahmanto, Tony Yuri. “Calon Tunggal Dalam Perspektif Hak Memilih Dan Dipilih Di Provinsi Banten.” Jurnal HAM 9, no. 2 (2018). https://doi.org/10.30641/ham.2018.9.103-120.

  27. Saifulloh, Putra Perdana Ahmad. “Rekonstruksi Pengaturan Hak Dipilih Pegawai Negeri Sipil Dalam Pemilihan Umum Legislatif Menurut Uud 1945.” Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional 11, no. 2 (August 31, 2022). https://doi.org/10.33331/rechtsvinding.v11i2.920.

  28. Sekretariat Jenderal Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia. Putusan Mahkamah Konstitusi No. 24/PUU-XVII/2019 (2019).

  29. ———. Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 12/PUU-XI/2013 (2013).

  30. ———. Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 33/PUU-XIII/2015 (2015).

  31. ———. Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 41/PUU-XII/2014 (2014).

  32. ———. Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 45/PUU-VIII/2010 (2010).

  33. ———. Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 45/PUU-XV/2017 (2017).

  34. ———. Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 68/PUU-XX/2022 (2022).

  35. Singaruju, Rayendra Erwin Moeslimin, “Establishment Of A General Election Court System In Indonesia”, Prophetic Law Review, 4(1) (2022): 48–69. https://doi.org/10.20885/PLR.vol4.iss1.art3

  36. Smith, Rhona K.M., Njäl Høstmælingen, Christian Ranheim Satya Arinanto Fajrul Falaakh Enny Soeprapto Ifdhal Kasim Rudi M. Rizki Suparman Marzuki Fadillah Agus Agung Yudhawiranata Andrey Sudjatmoko Antonio Pradjasto Sri Wiyanti Eddyono, and Eko Riyadi. Hukum Hak Asasi Manusia. Yogyakarta: usat Studi Hak Asasi Manusia Universitas Islam Indonesia (PUSHAM UII), 2008.

  37. Suadi Amran. Filsafat Hukum:Refleksi Filsafat Pancasila, Hak Asasi Manusia Dan Etika. 1st ed. Jakarta: Prenadamedia Group, 2019.

  38. Sudrajat, Tedi, and Agus Mulya Karsona. “Menyoal Makna Netralitas Pegawai Negeri Sipil Dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara.” Jurnal Media Hukum 23, no. 1 (2016). https://doi.org/10.18196/jmh.2015.0070.87-94.

  39. Sumadi Fadli Ahmad. “Independensi Mahkamah Kontitusi.” Jurnal Konstitusi 8 Nomor 5, no. Oktober (2011).

  40. Tanjung Anwar Chaidir. “3 Kandidat Cagub Riau Semuanya Incumbent, Ini Petanya.” News.Detik.Com. Pekanbaru, 2018.

  41. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara (2014).

  42. Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2010 Tentang Keprotokolan (2010).

  43. United Nations. International Covenant on Civil and Political Rights, General Assembly resolution 2200A (XXI) (n.d.).

  44. Universal Declaration of Human Rights (n.d.).

  45. Wignjosoebroto Soetandyo. Pergeseran Paradigma Dalam Kajian-Kajian Sosial Dan Hukum. Malang: Setara Press, 2013.

  46. Yasin Rahman. “Hak Konstitusional Warga Negara Dalam Pemilu.” Jurnal Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau 4 Nomor 2, no. Desember (2022).

  47. Zaini, Ahmad, Ahmad Jamaludin Jambunanda, Muhammad Ishom, Dedi Sunardi, and Asep Pudoli. “Presidential Nominations from Active Cabinet Ministers: A Delicate Balance between the Interpretation of Constitutional Court Decisions and Political Interests.” Volksgeist: Jurnal Ilmu Hukum Dan Konstitusi 6, no. 2 (2023). https://doi.org/10.24090/volksgeist.v6i2.9355.