Main Article Content

Abstract

The labor market in Indonesia is facing an increase in its flexibility, which consequently results in more flexible jobs. Flexibility of jobs is actually one of the characteristics of jobs available in the gig economy, whose labours are known as gig workers. The flexible characteristics of gig jobs leads to workers depending their lives by working as the said gig workers, one of which is by becoming a TikTok Shop live streaming host. However, in its development, the flexibility that should be one of the advantages of gig workers actually makes TikTok Shop live streaming hosts vulnerable to exploitation and violations of their rights. Departing from these phenomenon and concerns, this study will examine in more depth what are the categorisations of gig workers, how is the relationship between TikTok Shop live streaming hosts with companies and agencies, and how to fulfill the rights of TikTok Shop live streaming host in the gig economy. With that, the method in this study uses empirical legal research with a statutory regulatory approach and a conceptual approach. The data used in this study are primary data collected through interviews (in-depth interviews) and secondary data through literature studies. The results of this study show; (i) TikTok Shop live streaming hosts are categorised as gig workers; (ii) In practice, TikTok Shop live streaming hosts have legal relationships with companies and agencies, both of which are included in employment relationships; and (iii) The implementation of workers' rights for TikTok Shop live streaming hosts in employment relationships is not yet optimal.
Keywords: Economy Gig, Workers' Rights, TikTok Shop Live Streaming Hosts, Gig Workers


Abstrak
Pasar tenaga kerja di Indonesia telah mengalami peningkatan dalam fleksibilitasnya yang menghadirkan beberapa jenis pekerjaan yang lebih fleksibel. Fleksibilitas dalam pekerjaan tersebut sejatinya menjadi salah satu karakteristik dari pekerjaan dalam economy gig atau dikenal sebagai gig worker. Karakteristik gig worker yang fleksibel kemudian membuat para pekerja menggantungkan hidupnya dengan bekerja sebagai gig worker, salah satunya menjadi host live streaming TikTok Shop. Namun, dalam perkembangannya, fleksibilitas yang seharusnya dapat menjadi salah satu kelebihan dari gig worker tersebut justru membuat host live streaming TikTok Shop rentan terhadap eksploitasi dan pelanggaran haknya. Berangkat dari fenomena dan kekhawatiran tersebut penelitian ini akan mengkaji secara lebih mendalam terkait apa saja kategorisasi gig worker, bagaimana hubungan antara host live streaming TikTok Shop dengan perusahaan dan agensi, serta bagaimana pemenuhan hak pekerja host live streaming TikTok Shop dalam economy gig. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian yuridis empiris dengan pendekatan peraturan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan melalui wawancara (in depth interview) serta data sekunder melalui studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan; (i) Host live streaming TikTok Shop terkategorisasikan sebagai gig worker; (ii) Dalam praktiknya para host live streaming TikTok Shop mengadakan hubungan hukum dengan perusahaan dan agensi, yang mana keduanya termasuk ke dalam hubungan kerja; dan (iii) Implementasi hak pekerja terhadap host live streaming TikTok Shop dalam hubungan kerja belum optimal.
Kata Kunci: Economy Gig, Hak Pekerja, Host Live Streaming TikTok Shop, Pekerja Gig

Keywords

Economy Gig Workers' Rights TikTok Shop Live Streaming Hosts Gig Workers

Article Details

How to Cite
Wulandari, F. A., & Alifah, A. S. A. N. (2025). Pemenuhan Hak Pekerja Host Live Streaming Tiktok Shop Dalam Economy Gig. Jurnal Hukum IUS QUIA IUSTUM, 32(1), 121–148. https://doi.org/10.20885/iustum.vol32.iss1.art6

References

  1. Agustin, Syaiful Amin, dan Deva Indra. “Consumer Behavior In Purchasing On The TIKTOK Shop Marketplace”, The 4th International Conference On Economics, Business, and Information Technology (2023): 685-692. 

  2. Aji, Gunawan, Siti Fatimah, Fatkhul Minan, dan Muhammad Aufal Azm. “Analisis Digital Marketing Tiktok Live sebagai Strategi Memasarkan produk UMKM Anjab Store”. Jurnal Bisnis dan Pemasaran Digital 2, No. 1 (2022): 13-24. https://doi.org/10.35912/JBPD.v2i1.2007.

  3. Akbar, Rais, Munadhil Abdul Muqsith, dan Fitria Ayuningtyas. “TikTok Shop sebagai Bentuk Realitas Konstruksi Sosial Teknologi Media Baru”. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences 7, No. 1 (2024): 210-220. https://10.34007/jehss.v7i1.2301.

  4. Al Asyari, Haekal. “Between Freedom And Protection: A Critical Review Of Indonesia’S Cyberspace Law.” Prophetic Law Review, 5(1), (2024) 79–103. https://doi.org/10.20885/PLR.vol5.iss1.art5

  5. Anhar,   Dzacky Agustian, dan Shelly Kurniawan. “Ketidakpastian Hukum dalam Kembalinya Tiktok Shop Sebagai Platform Social Commerce di Indonesia”. UNES Law Review 6, No. 3 (2024): 8963-8976. https://doi.org/10.31933/unesrev.v6i3.

  6. Center for Digital Society, “Gig Economy dan Potensinya untuk Pemberdayaan Perempuan di Indonesia”, https://cfds.fisipol.ugm.ac.id/wp-content/uploads/sites/1423/2021/02/66-CfDS-Case-Study-Gig-Economy-Bahasa-Indonesia.pdf, diakses pada 5 Oktober 2024.

  7. Hakim, Yusril Rahman. “Kebijakan Omnibus Law Dalam Perspektif Kebijakan Buruh Di Indonesia.” Jurnal PolGov 3, no. 1 (2021): 235–66. https://doi.org/10.22146/polgov.v3i1.3611.

  8. Kadang, Bella Aresta, Joko Santoso, dan Herlina. “Analisis Faktor Kesuksesan Fitur Tiktok Shop Pada Aplikasi Tiktok Menggunakan Model Delone dan Mclean., Jurnal Informatika Atma Jogja 4, No. 2 (2023): 139-146. https://doi.org/10.24002/jiaj.v4i2.8051

  9. Kumparan, Menaker Beberkan Segudang Masalah Pekerja GIG Ekonomi, https://kumparan.com/kumparanbisnis/menaker-beberkan-segudang-masalah-pekerja-gig-ekonomi-1wd2NpQ4SUP/, diakses pada 22 Maret 2024.  

  10. International Labour Organization, Non-Standard Employment Around the World: Understanding Challenges, Shaping Prospect, Geneva: International Labour Organization, 2016.

  11. Izza, Sevilla Ruhul, Kharisma Dewantika Saharani, Della Ardiani, dan Maria Lasma Franssisca. “Studi Literatur: Analisis Pengaruh Ragam Karakteristik Pekerja Ekonomi Gig terhadap Perekonomian Nasional”. Journal of Regional Economics and Development 1, No. 3, (2024): 1-20. https://doi.org/10.47134/jred.v1i3.337.

  12. Mehta, Balwant Singh, and Arjun Kumar. “Future of Work: The Emerging Gig Economy.” Journal of Development Policy Review 1, no. 1 (2020): 10–16. https://doi.org/10.5281/zenodo.4112906.

  13. Men, J, X Zheng - Proceedings of the Eighteenth Annual Pre-ICIS, and Undefined 2019. “Impact of Social Interaction on Live-Streaming Shopping Websites.” Sighci.Org 19, no. 4 (2019): 649–59. https://sci-hub.do/https://sighci.org/uploads/2019_sighci_proceedings/RiPPaper6.pdf.

  14. Muhaimin. Metode Penelitian Hukum. Mataram: Mataram University Press, 2020.

  15. Muna, Kholifatul dan Budi Santoso, “Regulation of TikTok Shop Trading License as an Additional Feature of TikTok App in Indonesia”, Jurnal USM Law Review 7 No. 1 (2024).

  16. Nasution,  Mulia Syahputra, Suhaidi, dan Marzuki. “Akibat Hukum Perjanjian Kerja secara Lisan Menurut Perspektif Hukum Ketenagakerjaan”. Jurnal Ilmiah METADATA 3, No. 2 (2021): 415–431. https://doi.org/10.47652/metadata/v3i2.

  17. Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2021 tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, Alih Daya, Waktu Kerja dan Waktu Istirahat, dan Pemutusan Hubungan Kerja.

  18. Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan melalui Sistem Elektronik.

  19. Priyon, Muhammad Bintang dan Dian Permata Sari. “Dampak Aplikasi Tiktok Dan Tiktok Shop Terhadap UMKM Di Indonesia”. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9, No. 17 (2023): 497-506.

  20. Sari,  Revita. “Analisis Strategi Promosi Menggunakan Media Sosial Tiktok Dalam Memasarkan Produk Pada UMKM”. Jurnal Manuhara: Pusat Penelitian Ilmu Manajemen dan Bisnis 2, No. 2 (2024): 259-270.

  21. Sefianmi, Detri, Rina Sari, dan Rika Mustika. “Self-Efficacy of Live Streaming Hosts Influenced By Mindset”. Journal of Consumer Studies and Applied Marketing 2, No. 1 (2024): 11-18. https://doi.org/10.58229/jcsam.v2i1.137.

  22. Simanjuntak, Kevin dan Rianita Puspita Sari, “Analisis Sistem S-Commerce pada Tiktok Shop untuk Meningkatkan Daya Saing Menggunakan Metode SWOT”, Jurnal Unitek 16, No. 1 (2023): 1-6.

  23. Stulman, Louis, and Edward Silver. A Critical Introduction. The Oxford Handbook of Jeremiah, 2021. https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780190693060.013.0050.

  24. Supriyanto, Agus, Isnani Farichatul Chikmah, Khananus Salma, dan Alya Wahyu Tamara. “Penjualan Melalui Tiktok Shop dan Shopee: Menguntungkan yang Mana?”. BUSINESS: Scientific Journal of Business and Entrepreneurship 1, No. 1 (2023): 1-16.

  25. Rakhmawan, Suryo Adi. “Gig Economy During Pandemic in East Java”. East Java Economic Journal 7, No. 1 (2023): 69-89. https://doi.org/10.53572/ejavec.v7i1.88.

  26. Tan, Zhi Ming, Nikita Aggarwal, Josh Cowls, Jessica Morley, Mariarosaria Taddeo, and Luciano Floridi. “The Ethical Debate about the Gig Economy: A Review and Critical Analysis.” Technology in Society 65, no. April (2021): 101594. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2021.101594.

  27. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2023 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja menjadi Undang-Undang.

  28. Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

  29. Wang, Ye, Zhicong Lu, Peng Cao, Jingyi Chu, Haonan Wang, dan Roger Wattenhofer, “How Live Streaming Changes Shopping Decisions in E-commerce: A Study of Live Streaming Commerce”, Computer Supported Cooperative Work 31(1): 2022. https://doi.org/10.1007/s10606-022-09439-2.

  30. Widjajanto, Dedi, “Pengaturan Waktu Kerja dan Waktu Istirahat sebagai Perlindungan bagi Buruh/Pekerja (Studi Kasus di Beberapa Perusahaan)”, Skripsi: Universitas Indonesia, 2009.

  31. Yasin, Akhmad. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok @Erigo.Store Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo.” Commercium 05 (2021): 20–30.

  32. Yi, Tan dan Low Mei Peng. “Do Gig Workers Enjoy Work-Life Balance? Exploring the Influencing Factors for Work-Life Balance Among the Gig Workers”. Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Science 3, No. 1 (2023): 100-110. https://doi.org/10.37253/combines.v3i1.