Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi yield obligasi pada in¬dustri perbankan dan industri finansial. Yield obligasi adalah pendapatan atau return yang akan diperoleh dari in¬vestasi obligasi.
 Data berupa laporan keuangan emiten obligasi pada industri perbankan dan industri finansial, dalam kisaran waktu 1999-2001. Prospektus masing-masing emisi obligasi sebanyak 41 prospektus yang dikeluarkan oleh emiten obligasi sebanyak 19 perusahaan dalam rentang waktu tahun1996-2003.
Hasil pada penelitian ini membuktikan bahwa variabel likuiditas berpengaruh terhadap yield obligasi dengan tingkat signifikansi 0,038 dengan α<0,05. Variabel buyback dan secure terbukti memberikan perbedaan terhadap rata-rata yield baik menggunakan ketetapan buyback dan secure maupun tidak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam emisi obligasi perbankan dan financial dalam penelitian ini hanya likuiditas yang ber¬pengaruh terhadap yield. Variabel buyback dan secure menjadikan perubahan pada besarnya rata-rata yield obligasi.

Kata kunci: Yield, Inflasi, Rating, Buyback, Sinking Fund, Secure

Article Details

How to Cite
Nurfauziah, N., & Setyarini, A. F. (2009). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Yield Obligasi Perusahaan (Studi Kasus pada Industri Perbankan dan Industri Finansial). Jurnal Siasat Bisnis, 2(9). Retrieved from https://journal.uii.ac.id/JSB/article/view/1002