Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Yield Obligasi Perusahaan (Studi Kasus pada Industri Perbankan dan Industri Finansial)

Nurfauziah Nurfauziah, Adistien Fatma Setyarini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi yield obligasi pada in¬dustri perbankan dan industri finansial. Yield obligasi adalah pendapatan atau return yang akan diperoleh dari in¬vestasi obligasi.
 Data berupa laporan keuangan emiten obligasi pada industri perbankan dan industri finansial, dalam kisaran waktu 1999-2001. Prospektus masing-masing emisi obligasi sebanyak 41 prospektus yang dikeluarkan oleh emiten obligasi sebanyak 19 perusahaan dalam rentang waktu tahun1996-2003.
Hasil pada penelitian ini membuktikan bahwa variabel likuiditas berpengaruh terhadap yield obligasi dengan tingkat signifikansi 0,038 dengan α<0,05. Variabel buyback dan secure terbukti memberikan perbedaan terhadap rata-rata yield baik menggunakan ketetapan buyback dan secure maupun tidak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam emisi obligasi perbankan dan financial dalam penelitian ini hanya likuiditas yang ber¬pengaruh terhadap yield. Variabel buyback dan secure menjadikan perubahan pada besarnya rata-rata yield obligasi.

Kata kunci: Yield, Inflasi, Rating, Buyback, Sinking Fund, Secure

Full Text:

PDF

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM




Copyright (c)



JURNAL SIASAT BISNIS (JSB)
ISSN 0853-7666 (print), 2528-7001 (online)

Currently Indexed by:

   

   

Contact:
Management Development Centre (MDC)
Faculty of Business & Economics, Universitas Islam Indonesia
Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta
Telp. (0274) 881546, Fax. (0274) 882589
Editorial E-mail: editor.jsb@uii.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal Siasat Bisnis (JSB) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.