Analisis Pengaruh Sumber-sumber Keunggulan Bersaing Bidang Pemasaran terhadap Kinerja Perusahaan Manufaktur di Indonesia

Nursya’bani Purnama, Hery Setiawan

Abstract

Hasil-hasil riset terdahulu meyebutkan keunggulan bersaing bidang pemasaran atau kompetensi pemasaran mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Sejumlah studi bidang pemasaran telah mengarah pada penjelasan kinerja bisnis dan berusaha menghubungkan kompetensi bidang pemasaran dalam mempenga¬ruhi kinerja perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan dalam industri manufaktur di Indonesia untuk menguji kembali konsep hubungan sumber keunggulan bersaing bidang pemasaran dengan hasil kinerja perusahaan. Tujuan lain penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh kompetensi bidang pema¬saran terhadap kinerja perusahaan yang diukur dengan pangsa pasar (market share) dan pertumbuhan pangsa pasar (market share growth) dan menguji serta menganalisis pengaruh sumber-sumber keunggulan bersaing bidang pe¬masaran terhadap kinerja perusahaan-perusahaan manufaktur di Indonesia.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM




Copyright (c)



JURNAL SIASAT BISNIS (JSB)
ISSN 0853-7666 (print), 2528-7001 (online)

Contact:
Management Development Centre (MDC)
Faculty of Economics, Universitas Islam Indonesia
Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta
Telp. (0274) 881546, Fax. (0274) 882589
Editorial E-mail: editor.jsb@uii.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal Siasat Bisnis (JSB) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.