Main Article Content

Abstract

Abstract
Investment in information technology (IT) implementation in organizations tends to increase manufacturing in Indonesia. Various studies show that implementation of IT that is applied has a major impact on company performance. This study aims to answer, whether at manufacturing organizations in Indonesia, the implementation of IT is applied and competencies have an impact, both directly and indirectly to the performance. The sample of this study is a company registered in the Department of Industry and Trade in East Java, which apply information and communication technologies in local area network. There are 117 companies with 500 employees or more participated in this study. Data were analyzed using SEM, with the application of SPSS and AMOS. The results of this study indicate that the more complete implementation of information technology applied in the company, and the higher the competence of knowledge in information technology, the higher the company's organizational performance is achieved.
Keywords: Implementation IT, Competence IT, Organization Performance.

Abstrak
Penerapan investasi di bidang teknologi informasi (TI) dalam organisasi perusahaan cenderung meningkat di Indonesia. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa implementasi TI yang diterapkan memiliki dampak besar pada kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab, apakah implementasi kompetensi TI di organisasi perusahaan di Indonesia memiliki dampak, baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja. Sampel penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Departemen Perindustrian dan Perdagangan di Jawa Timur yang mengaplikasikan informasi dan teknologi komunikasi dalam jaringan area lokal. Ada 117 perusahaan dengan 500 karyawan atau lebih berpartisipasi dalam penelitian ini. Data dianalisis dengan menggunakan SEM, dengan aplikasi SPSS dan AMOS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi teknologi informasi yang lebih lengkap di perusahaan disimpulkan semakin tinggi kompetensi pengetahuan dalam teknologi informasi, maka kinerja organisasi perusahaan yang tercapai semakin tinggi.
Kata kunci: Implementasi TI, Kompetensi TI, Kinerja Organisasi.

Article Details

How to Cite
Purwanto, E. (2014). Kinerja Perusahaan Terkait dengan Terapan dan Kompetensi Teknologi Informasi. Jurnal Siasat Bisnis, 15(1). Retrieved from https://journal.uii.ac.id/JSB/article/view/3193