Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendemonstrasikan pengaruh kepercayaan dan kepuasan merek pada evaluasi konsumen pada ritel dan niat membeli ulang. Pada penelitian ini, model Zboja dan Voorhees (2006) digunakan sebagai model konfirmasi. Model tersebut dikembangkan dan diuji menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), khususnya ketika menguji pengaruh langsung dan mediasi. Model yang diajukan dalam penelitian ini meliputi lima dimensi (kepercayaan merek, kepuasan merek, kepercayaan ritel, kepuasan ritel, dan niat membeli uang). Konsumen produk sampo menjadi responden untuk penelitian ini. Perangkat lunak AMOS 6.0 digunakan untuk menganalisis model penelitian. Terdapat delapan hipotesis yang bisa dikembangkan dalam penelitian ini dan seluruh hipotesis terdukung sehingga model Zboja dan Vorhees (2006) dapat digeneralisasi pada produk-produk convenience. Berdasarkan temuan yang muncul, peneliti berpandangan bahwa para manajer pemasaran harus menyadari persepsi merek yang ditransfer pada pihak ritel yang mengangkut produk-produk tersebut. Hal tersebut agar pihak ritel mampu memuaskan konsumen dan memperoleh kepercayaan dan niat membeli ulang dari para konsumennya.

Kata kunci: kepercayaan merek, kepercayaan ritel, kepuasan merek, kepuasan ritel, dan niat membeli ulang

Article Details

How to Cite
Rosannah, F. S. (2016). PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN TERHADAP MEREK PADA NIAT MEMBELI ULANG. Jurnal Siasat Bisnis, 18(1), 63–80. https://doi.org/10.20885/jsb.vol18.iss1.art6