Main Article Content
Abstract
Penelitian ini menguji pengaruh kualitas layanan elektronik, yang terdiri dari dimensi desain situs, reliabilitas, layanan pelanggan, keamanan/privasi, personalisasi, dan kesenangan, pada kepuasan dan loyalitas konsumen dalam pembelanjaan online atau dalam jaringan (daring). Penelitian ini juga menguji peran moderasi dari keterlibatan produk pada hubungan antara dimensidimensi kualitas layanan elektronik dan kepuasan konsumen. Sampel penelitian berdasarkan survei daring dan non-daring terhadap 198 pembeli daring. Pengujian hipotesis menggunakan regresi sederhana, regresi berganda, dan regresi hirarkis. Hasil penelitian menunjukkan dimensi reliabilitas dan keamanan/privasi merupakan dimensi utama penentu kepuasan konsumen, sementara dimensi desain situs, layanan pelanggan, personalisasi, dan kesenangan tidak berpengaruh pada kepuasan konsumen. Penelitian ini menegaskan pengaruh positif kepuasan pada loyalitas konsumen dalam pembelanjaan daring. Kepuasan konsumen memediasi pengaruh positif dimensi reliabilitas dan keamanan/privasi dari kualitas layanan elektronik pada loyalitas konsumen. Namun, keterlibatan produk ternyata tidak memoderasi hubungan dimensi-dimensi kualitas layanan elektronik dan kepuasan konsumen.
Kata kunci: kualitas layanan elektronik, kepuasan, loyalitas
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).