Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis instrumental network density dan expressive network density terhadap kinerja tim yang dimediasi oleh kemampuan integrasi pengetahuan tim. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey, sedangkan teknik sampling menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling. Unit analisis berada pada level tim yang dilakukan pada tim mahasiswa KKN di Universitas Gadjah Mada dan Universitas Negeri Yogyakarta. Setelah dilakukan agregasi, jumlah tim yang digunakan sebanyak 37 tim dengan jumlah kuesioner sebanyak 341 kuesioner. Pengujian untuk mengetahui adanya pengaruh dari mediasi dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda (Baron dan Kenny, 1986). Berdasarkan pengujian dan analisis data, maka diperoleh hasil sebagai berikut : instrumental network density dan expressive network density berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tim, kemampuan integrasi pengetahuan tim tidak memediasi pengaruh instrumental network density terhadap kinerja tim, kemampuan integrasi pengetahuan tim tidak memediasi expressive network density terhadap kinerja tim.

Kata kunci: Instrumental Network Density, Expressive Network Density, Kemampuan Integrasi Pengetahuan Tim dan Kinerja Tim.

Article Details

How to Cite
Merdiana, C. V., & Wibowo, A. (2016). PENGARUH INSTRUMENTAL DAN EXPRESSIVE NETWORK DENSITY TERHADAP KINERJA TIM: PEMEDIASI KEMAMPUAN INTEGRASI PENGETAHUAN TIM. Jurnal Siasat Bisnis, 18(2), 152–168. https://doi.org/10.20885/jsb.vol18.iss2.art2