Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis instrumental network density dan expressive network density terhadap kinerja tim yang dimediasi oleh kemampuan integrasi pengetahuan tim. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey, sedangkan teknik sampling menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling. Unit analisis berada pada level tim yang dilakukan pada tim mahasiswa KKN di Universitas Gadjah Mada dan Universitas Negeri Yogyakarta. Setelah dilakukan agregasi, jumlah tim yang digunakan sebanyak 37 tim dengan jumlah kuesioner sebanyak 341 kuesioner. Pengujian untuk mengetahui adanya pengaruh dari mediasi dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda (Baron dan Kenny, 1986). Berdasarkan pengujian dan analisis data, maka diperoleh hasil sebagai berikut : instrumental network density dan expressive network density berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tim, kemampuan integrasi pengetahuan tim tidak memediasi pengaruh instrumental network density terhadap kinerja tim, kemampuan integrasi pengetahuan tim tidak memediasi expressive network density terhadap kinerja tim.
Kata kunci: Instrumental Network Density, Expressive Network Density, Kemampuan Integrasi Pengetahuan Tim dan Kinerja Tim.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).