Main Article Content

Abstract

Kompetisi pada industri smartphone mendorong para peneliti dan praktisi untuk mengetahui motif  konsumen di balik intensi mereka untuk menggunakan smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis  anteseden  pada  sikap terhadap  penggunaan  dan  niat  menggunakan  BlackBerry di Yogyakarta. Anteseden pada sikap terhadap penggunaan tersebut terdiri dari lima faktor, yaitu hiburan, interaksi sosial, akses permanen, pelengah waktu, dan status/mode. Lima faktor tersebut merupakan perpanjangan dari model penerimaan teknologi (Technology Acceptance Model). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei menggunakan kuesioner. Terkumpul  160  kuesioner  dari responden  yang  merupakanmahasiswa  perguruan  tinggi  di Yogyakarta. Dengan menggunakan analisis regresi berganda, diperoleh hasil bahwa sikap terhadap penggunaan BlackBerry terbukti dipengaruhi oleh hiburan, interaksi sosial, akses permanen, dan pelengah waktu. Sedangkan variabel status/mode tidak berpengaruh pada sikap terhadap penggunaan BlackBerry. Selanjutnya, dilakukan analisis regresi sederhana dan diperoleh hasil bahwa  sikap  terhadap pengggunaan  BlackBerry  berpengaruh  positif  pada  niat  menggunakan BlackBerry.

Keywords

BlackBerry TAM sikap terhadap penggunaan niat menggunakan

Article Details

How to Cite
Muslichah, I. (2016). Analisis anteseden pada sikap dan niat menggunakan BlackBerry dengan dasar model penerimaan teknologi. Jurnal Siasat Bisnis, 19(2), 170–183. https://doi.org/10.20885/jsb.vol19.iss2.art7