Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mempunyai dua tujuan utama yakni, pertama untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang menentukan struktur modal, kedua untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor-faktor penentu struktur modal terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel pemoderasi. Faktor-faktor yang diduga sebagai penentu struktur modal terdiri dari pertumbuhan perusahaan, profitabilitas, struktur aktiva, leverage, dan ukuran perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dengan metode purposive sampling, diperoleh data 125 perusahaan dengan periode pengamatan 4 tahun (2008-2011). Alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan didukung program e-views. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang secara signifikan menetukan struktur modal adalah struktur aktiva tetap, leverage, profitabilitas, dan size, sedangkan pertumbuhan perusahaan tidak mempengaruhi struktur modal. Sementara dengan struktur modal sebagi variabel pemoderasi, faktor struktur aktiva, leverage dan profitabilitas secara signifikan mempengaruhi nilai perusahaan, sedangkan faktor pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh pada nilai perusahaan.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).