Main Article Content

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor kepemimpinan, pengembangan pega¬wai dan persepsi peran terhadap kinerja Penyidik Pejabat Pegawai Negeri Sipil Hak Kekayaan Intelektual (PPNS HKI) dan untuk mengetahui di antara faktor-faktor tersebut yang dominan berpengaruh terhadap kinerja Penyi¬dik PPNS HKI Kantor Wilayah Departemen Hukum dan HAM Provinsi Se-Sumatera.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh PPNS HKI yang berada pada Provinsi Se-Sumatera seba¬nyak 33 orang, namun karena yang mengembalikan kuesioner hanya 30 orang, maka responden pada penelitian ini berjumlah 30 orang. Model analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kepemimpinan, pengembangan pegawai dan persepsi peran secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja Penyidik PPNS HKI sebesar 72,10% sedangkan sisa¬nya sebesar 27,90% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Secara parsial masing-masing faktor kepemimpinan berpengaruh signifikan sebesar 24,40%, pengembangan pegawai signifikan sebe¬sar 26,01% sedangkan persepsi peran secara parsial tidak signifikan karena pengaruhnya sangat kecil, hanya sebesar 1,74% pada taraf nyata 5%. Dengan demikian pengembangan pegawai berpengaruh dominan terha¬dap kinerja Penyidik PPNS HKI Kantor Wilayah Dep. Hukum dan HAM Provinsi Se-Sumatera.

Kata Kunci: Kinerja, praktek kepemimpinan, pengembangan dan persepsi peran.

Article Details

How to Cite
Agustiar, A., Amin, S., & Edward, E. (2009). Pengaruh Praktek Kepemimpinan, Pengembangan Pegawai dan Persepsi Peran terhadap Kinerja Penyidik PPNS Hak Kekayaan Intelektual Kantor Wilayah Departemen Hukum Dan Hak Asasi Manusia se-Sumatera. Jurnal Siasat Bisnis, 2(10). Retrieved from https://journal.uii.ac.id/JSB/article/view/988