Main Article Content

Abstract

Fiqh (baca Hukum Islam) oleh banyak kalangan dianggap menjadi problem utama dan menghambat kemajuan. Ia tidak berkembang mengikuti irama perkembangan kehidupan umat Muslim. Ada yang berpendapat ketidakmampun fiqh ini mulai sejak pendudukan Mesir oleh Napoleon Bonaparte. Bahkan ada pendapat lain yang mengatakan sejak kaidah ushul dan kaidah fiqh berada dalam sandra mazhab, fiqh berstatus mapan, dan pintu ijtihad ditutup rapat. Aktifitas ijtihadi untuk menjawab masalah-masalah kekinian pasca kodifikasi mazhab sudah tidak independen, melainkan tergantung mazhab yang dianut para faqih dan tidak boleh keluar dari nalar analogis yang bersifat asumtif (qiyas ushuli) dan pemekaran makna nash dalam bingkai kaidah-kaidah bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi, bukan kaidah bahasa Alquran sebagai bahasa Arab yang digunakan oleh Tuhan. Bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi, dengan bahasa Alquran sebagai bahasa Tuhan memiliki sejumlah perbedaan baik dari aspek gramatikal maupun pemaknaan. Dilihat dari aspek teoritis, hal ini disinyalir berkonstribusi membuat krisis nalar fiqh.

Article Details

How to Cite
Asmuni, A. (2020). Krisis Nalar Fikih: Pembacaan Perspektif Epistemologi Jabirian dan Hamadian. Millah: Journal of Religious Studies, 18(2), 177–206. https://doi.org/10.20885/millah.vol18.iss2.art1

References

  1. Abdurrazak Al Khani, Ahmad. Mukhtashar al bidayah wa an-nihayah sejarah awal mula penciptaan, kisah para Nabi, kisah umat-umat terdahulu, sejarah Nabi SAW dan Khulafa'Rasyidun, daulah Umawiyah dan Abasiyah, hingga peristiwa tahun 768H. Jakarta: Pustakaazzam, 2013.
  2. Amin, Ahmad. Fajru al-Islam. Beirut: Dar al-Kitab al-'Arabi, 1969.
  3. Dahlan, Zaini. Qur'an karim dan terjemahan artinya,. Yogyakarta: UII Press, 1999.
  4. Firdausy, Muhammad Anwar. "FILSAFAT MOHAMMAD ABID AL JABIRI DAN RELEVANSINYA DALAM PEMIKIRAN ISLAM KONTEMPORER," t.t.
  5. Hamad, Abû al-Qâsim Hâj. al-'Âlamîyah al-Islâmîyah al-Sânîyah: Jadalîyat al-Gaib wa al-Insân wa al-Ţabî'ah, Taqdîm wa Murâja'ah Muhammad al-'Ânî,. 3 vol. Beirut: Dâr al-Sâqî, 2012M.
  6. ---. al-Fikrîyah wa al-Hadârîyah fi al-wâqi' al-'Arabî al-Râḥin. Beirut: Dâr al-Sâqî, 2012M.
  7. ---. al-Muhaddadat al-Qur'aniyyah Li-Shiyagati al-Nash al-Tasyri'i baina al-Muthlaq wa al-Nisbi wa baina al-Syir'ah wa al-Minhaj. Vol. 1. Beirut: Dâr al-Sâqî, 1999.
  8. ---. al-Qur'ân wa al-Mutagaiyirât al-Ijtimâ'iyah wa al-Tarikhiyah. Vol. 1. Beirut: Dâr al-Sâqî, 2012M.
  9. ---. Ibistimûlûjîyat al-Ma'rifah al-Kaunîyah: Islâmîyat al-Ma'rifah wa al-Minhaj. Vol. 1. Beirut: Dâr al-Sâqî, 2014.
  10. ---. Juzur al-Ma'zaq al-Uşûlî. Vol. 1. Beirut: Dâr al-Sâqî, 2012M.
  11. ---. Minhajîyat al-Qur'ân al-Ma'rifîyah Aslamat falsafat al-'ulum al-tabi'iyah wa al-insaniyah. Vol. 1. Beirut: Dâr al-Sâqî, 2003.
  12. ---. Tasyri'ât al-'âilah fi al-Islâm. Vol. 1. Beirut: Dâr al-Sâqî, 2012M.
  13. Jabir, Habib Qasim. , al-Islam Baina al-Badawah wa al-Hadharah, Beirut: Dar al-Kutub Al-'Ilmiyah, 2002. Beirut: Dar al-Kutub Al-'Ilmiyah, 2002.
  14. Jâbirî, Muhammad Âbid al-. Al-'Aql asy-Syiyâsî al-Arabî, Muhaddadâtuhu wa Tajalliyâtuhu. Vol. 2. Beirut: Markaz Dirâsât al-Wihdah al-'Arabiyah, 1991.
  15. ---. At-Turats wa al-Hadatsah: Dirasah wa Munaqasyah. Vol. 1. Beirut: Markaz Dirâsât al-Wihdah al-'Arabiyah, 1991.
  16. ---. Bunyah al-'Aql al-'Arabî, Dirâsah Tahlîliyah Naqdiyah li Nadzm al-Ma'rifah al-'Arabiyah. Vol. 3. Beirut: Markaz Dirâsât al-Wihdah al-'Arabiyah, 1990.
  17. ---. Fikr Ibnu Khaldun; Al-'Ashabiyah wa ad-Daulah; Ma'âlim Nadzariyah Khaldûniyah fî at-Târikh al-Islâmî. Vol. 5. Beirut: Markaz Dirâsât al-Wihdah al-'Arabiyah, 1992.
  18. ---. Fikr Ibnu Khaldun. Al-Ashabiyah wa ad-Daulah Ma'alim Nazhariyah Khladuniyah fi At-Tarikh al-Islami. Vol. 1. Beirut: Markaz Dirâsât al-Wihdah al-'Arabiyah, 1994.
  19. ---. Hafriyât fî adz-Zhâkirah min Ba'id. Beirut: Markaz Dirâsât al-Wihdah al-'Arabiyah, 1997.
  20. ---. Isykaliyah al-Fikr al-'Arabi al-Mu'ashir. Vol. 1. Beirut: Markaz Dirâsât al-Wihdah al-'Arabiyah, 1994.
  21. ---. Isykâliyât al-Fikr al-'Arabî al-Mu'âshir. Beirut: Markaz Dirâsât al-Wihdah al-'Arabiyah, 1989.
  22. ---. Madkhal Ila Falsafah al-'Ulum. Vol. 1. Beirut: Markaz Dirâsât al-Wihdah al-'Arabiyah, 1988.
  23. ---. Wijhah Nadzr Nahw I'adah Bina Qadlaya al-Fikr al-Mu'ashir. Vol. 1. Beirut: Markaz Dirâsât al-Wihdah al-'Arabiyah, 1992.
  24. Miles, Matthew B., dan A. Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. UI Press, 2009. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/9207/analisis-data-kualitatif-buku-sumber-tentang-metode-metode-baru.html.
  25. Rizal, Syamsul. "EPISTEMOLOGI FILSAFAT ISLAM DALAM KERANGKA PEMIKIRAN ABID AL-JABIRI." At-Tafkir 1, no. 1 (2014): 100 - 130-100 - 130.
  26. Rofiq, Muhamad. "Arab Political Reasoning: Muhammad Abid al-Jabiri's Contribution for Understanding Crisis of Politics in the Arab World." Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies 7, no. 1 (1 Juni 2017): 55-76. https://doi.org/10.18326/ijims.v7i1.55-76. https://doi.org/10.18326/ijims.v7i1.55-76
  27. Wahyudi, Wahyudi, dan Muhammad Zaini. "CHARACTERISTICS AND PARADIGM OF SUFI TAFSĪR IN 'ABID AL-JABIRI EPISTEMOLOGY PERSPECTIVE." KALAM 12, no. 1 (3 Juli 2018): 159-78. https://doi.org/10.24042/klm.v12i1.2152. https://doi.org/10.24042/klm.v12i1.2152
  28. Wirianto, Dicky. "WACANA REKONSTRUKSI TURAS (TRADISI) ARAB Menurut Muhammad Abed al-Jabiri Dan Hasan Hanafi," t.t.
  29. Yusuf, A. Muri. Metode penelitian : kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Kencana, 2015.