Main Article Content

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi tentang formulasi prinsip-prinsip pendidikan Islam paradigma tauhid yang digagas oleh Naquib al-Attas. Urgensi masalah pada tulisan ini adalah mengungkapkan hasil renungan yang dalam dari Naquib al-Attas terhadap praktik pendidikan Islam dewasa ini yang agaknya telah “lari” dari pandangan dunia Islam (ru'yah al-Islam li al-wujud) yang dianalisis penulis menjadi lima prinsip epistemologi pendidikan Islam berparadigma tauhid. Penelitian kepustakaan (library research) ini menggunakan data kualitatif dengan sumber primer, Prolegomena to The Metaphysics of Islam An Exposition of The Fundamental Elements of The Wordview of Islam (1995), dan sumber sekunder dari karya-karya Naguib al-Attas lainnya, termasuk juga karya orang lain terhadap gagasan dan pemikirannya. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: Pertama, pemaknaan tauhid tidak sebatas pada dimensi teosentris semata, melainkan berkembang pada pemaknaan dalam dimensi antroposentris sekaligus penggabungan antara keduanya dalam pendidikan dan ilmu pengetahuan sehingga term pendidikan yang tepat dan benar adalah ta'dib. Kedua, implikasi dari pendidikan sebagai ta'dib, melahirkan konsekuensi lima prinsip epistemologi pendidikan Islam paradigma tauhid untuk dijadikan acuan dalam sistem dan proses pendidikan Islam yang berperadaban.

Article Details

Author Biography

Komaruddin Sassi, STIT Al Quran Al Ittifaqiah

Dosen Tetap STIT Al Quran Al Ittifaqiah Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan Doktor Ilmu Pendidikan Islam Alumni UIN Raden Fatah Palembang Juni 2017 Judul disertasi Ontologi Pendidikan Islam Paradigma Tauhid Telaah Kritis Pemikiran Syed Naquib Al Attas
How to Cite
Sassi, K. (2020). Prinsip-prinsip Epistemologi Pendidikan Islam Paradigma Tauhid Naquib al-Attas. Millah: Journal of Religious Studies, 20(1), 135–172. https://doi.org/10.20885/millah.vol20.iss1.art6

References

  1. Al-Qur'ān al-Karīm, Mushaf Lafziyyah Al-Hudā; Al-Qur'ān Terjemah Per Kata; dilengkapi Tematik Ayat dan Al-Hadīs., Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penerjemah Al-Qur'ān; Al-Huda Gema Insani, 2009.
  2. Al-Attas, Syed Muhammad Naquib., Islam dan Sekularisme, terj. Karsidjo Djojosuwarno., Bandung: Pustaka Salman ITB, 1981.
  3. ........, Konsep Pendidikan Dalam Islam: Suatu Rangka Pikir Pembinaan Filsafat Pendidikan Islam, terj. Haidar Baqir, dari judul asli The Concept of Education in Islam: A Framework for an Islamic Philosophy of Education., Bandung: Mizan, 1984.
  4. ........, Islam dan Filsafat Sains,terj. Saiful Muzani, dari judul asli Islam and the Philosophy of Science., Bandung: Mizan, 1995.
  5. ........, Prolegomena to The Metaphysics of Islam An Exposition of The Fundamental Elements of The Worldview of Islam., Kuala Lumpur, Malaysia: ISTAC, 1995.
  6. ........, Islam dalam Sejarah dan Kebudayaan Melayu., Bandung: Mizan, 1997.
  7. ........, Risalah untuk Kaum Muslimin., Kuala Lumpur: ISTAC, 2001.
  8. Al-Ghazali, Menguak Rahasia Qalbu: Upaya Mendekatkan Diri ke Hadirat Yang Maha Mengetahui Semua yang Ghaib, terj. Bahrul Abubakar, dari judul asli Mukāsyafatul Qulūb al-Muqarribu ila 'Allāmil Ghuyūb fi 'Ilmi al-Tashawwūf., Bandung: Nansa Aulia, 2008.
  9. Iqbal, Muhammad., The The Reconstruction of Religion Thought in Islam, cetak ulang., Lahore: Javid Iqbal, 1965.
  10. Khaldun, Ibnu., Muqaddimah, terj. Ahmadie Thoha., Jakarta: Pustaka Firdaus, 1986.
  11. Khamere'i, Ali., Ali Syari'ati dan Murtadha Muthahhari, Muhammad Iqbal dalam Pandangan Para Pemikir Syi'ah, terj. Andi Haryadi, dari judul asli Iqbal Manifestation of the Islamic Spirit., Jakarta: Islamic Center, 2003.
  12. Mohd, Wan Nor Wan Daud., Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed Muhammad Naquib Al-Attas., Bandung: Mizan, 1991.
  13. Muttahari, Murtadha., Pengantar Epistemologi Islam., Jakarta: Shadra Press, 2010.
  14. Nata, Abudin., Sejarah Sosial Intelektual Islam dan Institusi Pendidikannya., Jakarta: RajaGrafindo, 2012.
  15. Poerwadarminta, W.J.S., Kamus Umum Bahasa Indonesia., Jakarta: Balai Pustaka, 1991.
  16. Radnitzky, Gerad., Contemporary Schools of Metascience: Anglo Saxon Schools of Metascience, Continental Schools of Metascience, 2nd Edition., Goteborg, Sweden: Akademiforlaget, 1970.
  17. Rahman, Fazlur., Islam, Chicago, US: The University of Chicago Press, 1979.
  18. Rosadisastra, Andi., Metode Tafsir Ayat-Ayat Sains dan Sosial., Jakarta: Amzah. 2012.
  19. Sina, Ibnu., Kitab al-Najaf, ed. Majid Fakhri., Dar al-Afaq al-Jadidah, Beirut, 1985.
  20. Shihab, Quraish., Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur'ān., Jakarta: Lentera Hati, 2006.