Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis transformasi misi pendidikan dasar dan menengah Muhammadiyah dalam kepemimpinan profetik, menjelaskan pengembangan tujuan strategis kecerdasan profetik siswa, dan mendeskripsikan dampak kepemimpinan profetik terhadap organisasi termasuk perubahan yang terjadi pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam perspektif psikologi pendidikan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, wawancara, dan observasi langsung. Teknik analisis data   penelitian   ini   mengacu   pada   teknik eksplikasi,  yaitu  proses memaparkan dengan jelas pernyataan yang   masih bersifat implicit (tersirat) dari responden penelitian. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa transformasi misi dalam kepemimpinan profetik diaktualisasikan oleh kepala sekolah yang ditransformasikan dalam  manajemen tujuan strategis sekolah di Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah Yogyakarta, konseptualisasi model kepemimpinan profetik yang diterapkan  relevan dengan nilai profetik dan terwujud dalam program tujuan strategis profetik  untuk mencapai kemajuan sekolah unggulan baik sekolah berasrama ataupun non asrama, aktualisasi kepemimpinan profetik berdampak bagi organisasi sekolah dan kecerdasan profetik peserta didiknya di pendidikan dasar dan menengah Muhammadiyah Yogyakarta berupa prestasi baik dibidang akademik maupun di luar akademik, melaksanakan perintah agama, berakhlak mulia, menjunjung tinggi almamater, terlepas dari sifat-sifat remaja, separti tawuran dan sifat-sifat yang dilarang agama, memiliki jiwa usaha dan kepemimpinan, jujur dan bermental mandiri. Untuk penelitian selanjutnya, sistem pendidikan berbasis profetik harus diterapkan secara holistic dengan pendekatan yang komplit sehingga dapat mencapai visi akhlak al-karimah.

Article Details

How to Cite
Dewantoro, M. H., Madjid, A., Wasim, A. T., & Hamami, T. (2021). Liberasi Kepemimpinan Propetik dalam Satuan Sekolah Dasar dan Menengah Muhammadiyah. Millah: Journal of Religious Studies, 20(2), 385–416. https://doi.org/10.20885/millah.vol20.iss2.art8

References

  1. Adz-Dzakiey, Hamdani Bakran. Prophetic Intelligence : Kecerdasan Kenabian Mengembangkan Potensi Robbani Melalui Peningkatan Kesehatan Ruhani. Yogyakarta: Pustaka Al-Furqon, 2007.
  2. Ali, Mohammad. Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional : Menuju Bangsa Indonesia Yang Mandiri Dan Berdaya Saing Tinggi. Imperial Bhakti Utama, 2009.
  3. Al-Mishri, Muhammad Abdul Hadi. Manhaj Wa Al-'Aqidah Ahl as-Sunah Wa al-Jama'Ah. Terjemahan. Jakarta: Gema Insani Press, 1994.
  4. Antonio, Muhammad Syafii. Muhammad SAW The Super Leader Super Manager. Jakarta: Tazkiah Publishing, 2009.
  5. Askari, Abu Hilal al-. Mu'jam al-Furuq al-Lughawiyah,. Vol. 1. (al-Maktabah asy-Syamilah), n.d.
  6. Azwar, Saifuddin. Pengantar Psikologi Inteligensi. Cet. 7. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
  7. Bakar, Usman Abu, and Surohim. "Menurut Pendapatnya Usman Abu Bakar Dan Surohim, Beberapa Landasan Yang Menyebabkan Perlunya Melakukan Pembaharuan Dalam Pendidikan Islam Adalah Sebagai Berikut: A) Adanya Tuntutan Diterapkannya Prinsip Demokrasi, Desentralisasi, Keadilan Dan Menjunjung Tinggi Hak Asasi Manusia Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara, b) Adanya Perkembangan Iptek Dan Tuntutan Baru Dalam Segala Aspek Kehidupan, c) Adanya Tuntutan Akuntabilitas Dan Relevansi Pendidikan, Dan d) Lemahnya Kemampuan Masyarakat Dalam Pendidikan." In Fungsi Ganda Lembaga Pendidikan Islam. Yogyakarta: Safira Insani Press, 2005.
  8. Fahmi, M. "Ilmu Sosial Profetik Dimunculkan Sebagai Sebuah Alternatif Kreatif Di Tengah Konstelasi Ilmu-Ilmu Sosial Yang Mempunyai Kecenderungan Positivistik Dan Hanya Berhenti Pada Usaha Untuk Menjelaskan Dan Memahami Realitas Secara Deskriptif Untuk Kemudian Memaafkan Keberadaannya. Seyogianya Ilmu Ini Menjadi Kekuatan Intelektual Dan Moral Yang Tidak Hanya Berhenti Pada Penjelasan Realitas Atau Fenomena Sosial Apa Adanya, Tetapi Mampu Melakukan Tugas Transformasi." In Islam Transendental: Menelusuri Jejak-Jejak Pemikiran Islam Kuntowijoyo. Yogyakarta: Pilar Religia, 2005.
  9. Farabi, Abu Nas'r Muhammad ibn Muhammad ibn Tarkhan ibn Auzalah. Araa'ul Ahl Madiinah al-Faadilah. Beirut: Mathba'ah as-Sa'adah, 1324.
  10. Ghafur, Waryono Abdul. Tafsir Sosial Mendialogkan Antara Teks Dengan Konteks. Yogyakarta: eLSAQ Press, 2005.
  11. Hafid, Hafid. "PERSPEKTIF KEPEMIMPINAN PROFETIK:: Manajemen Sunnah Penuh Rahmah Dan Barokah." Jurnal Kariman 3, no. 1 (2015): 113-20.
  12. Haji, Raja Ali. Karakteristik Pemimpin Ideal. Bandung: Daik Lingga, 2002.
  13. Hasbullah. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia : Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan. 3. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1999.
  14. Jabrohim. Muhammadiyah Gerakan Kebudayaan Yang Berkemajuan (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010), h. 13. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
  15. Karim, A. Busyro. Bukalah Selimutmu. Surabaya: Bintang Surabaya, 2010.
  16. Kompri. Manajemen Sekolah: Orientasi Kemandirian Kepala Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
  17. Kuntowijoyo. Ilmu Sosial Profetik. Ulmumul Qur'an, 1989.
  18. ---. Islam Sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi, Dan Etika. Yogyakarta: Tiara Wacana, n.d.
  19. Masri, Muhammad Ibn Mukrim Ibn Manzur al-Afriqi al-. Lisan Al-Arab,. Vol. 13. 1. Beirut: Daar Syaadir, 1882.
  20. Mawardi, Abi al-H{asan 'Ali ibn Muhammad ibn H{abib al-Bashri al. Al-Ahkam al Sulthaniyah Wa al Wilayah Ad-Diniyyah. Beirut: Dar al-Fikr, 1960.
  21. Mochtar, Buchori. Pendidikan Antisipatoris. Jakarta: Kanisius, 2001.
  22. Muhyiddin,. "'Kepemimpinan Profetik Dalam Pengembangan Perguruan Muhammadiyah Di Pedesaan', Dalam Disertasi Program Doktor (S3) Studi Islam Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta." Yogyakarta, 2019.
  23. Munardji. "Konsep Dan Aplikasi Kepemimpinan Profetik." Jurnal Edukasi 4, no. 1 (2016).
  24. Muthahhari, Murtadha. Falsafah Kenabian. Jakarta: Pustaka Hidayah, 1991.
  25. "Oxford Learner's Dictionaries | Find Definitions, Translations, and Grammar Explanations at Oxford Learner's Dictionaries," October 18, 2020. https://www.oxfordlearnersdictionaries.com/.
  26. Patoni, Achmad. Konsep Dasar Kepemimpinan Profetik Pendidikan Islam. Tulungagung: IAIN Tulungagung, 2017.
  27. Rahardjo, M. Dawam. Ensiklopedia Al-Qur'an : Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-Konsep Kunci. Jakarta: Paramadina, 1997.
  28. Raharjo, Muhamad Mu'iz. Manajemen Sumber Daya Manusia Yang Unggul, Cerdas, & Berkarakter Islami: Perubahan Menuju Perbaikan Dalam Menjaga Kebenaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2011.
  29. Salim, Agus. Teori Dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2006.
  30. Sani, Abdul Halim. Manifesto Gerakan Intelektual Profetik. Yogyakarta: Samudra biru, 2011.
  31. Sternberg, Robert J. Applied Intelligence : Kecerdasan Terapan. Cet. 1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008. https://doi.org/10.1017/CBO9780511611445
  32. Sternberg, Robert J., and Elena L Grigorenko. Mengajarkan Kecerdasan Sukses : Meningkatkan Pembelajaran & Keberhasilan Siswa. Cet. 1. Pustaka Pelajar, 2010.
  33. Strauss, Anselm, and Juliet Corbin. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif, Terj. Muhammad Shodiq Dan Imam Muttaqin,. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
  34. Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan : Kompetensi Dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
  35. Umar, Mardan, and Feiby Ismail. "Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam (Tinjauan Konsep Mutu Edward Deming Dan Joseph Juran)." Jurnal Pendidikan Islam Iqrai 11, no. 2 (2017). https://doi.org/10.30984/jii.v11i2.581
  36. Usman, Husaini. , Administrasi, Manajemen, Dan Kepemimpinan Pendidikan: Teori Dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara, 2019.
  37. ---. "Indikator Kepemimpinan Pendidikan Yang Efektif Antara Lain Adalah Sebagai Berikut; Proses Belajar Sisws Bermutu Tinggi; Hasil Belajar Siswa Bermutu Tinggi; Guru Diberdayakans Secara Professional; Prestasi Kerja Guru Tinggi; Warga Sekolah Disiplin, Dan Patuh Kepada Pemimpin (Kepala Sekolah) Atas Dasar Kesadran Kesadaran Pribadi Bukan Diancam Oleh Kepala Sekolah; Kepala Sekolah Memiliki Kepribadian Yang Baik…" ,." In Administrasi, Manajemen, Dan Kepemimpinan Pendidikan: Teori Dan Praktek…, 174, n.d.
  38. Warsah, Idi. Pendidikan Berbasis Rahmah Dalam Al-Qur'an, Tela'ah Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: PPs UMY, 2016.
  39. Yumnah, Siti. "Kecerdasan Profetik Dalam Membentuk Kepribadian Muslim." Jurnal Al-Makrifat 4, no. 1 (2019): 12.
  40. Zein, Achyar. Prophetic Leadership : Kepemimpinan Para Nabi. Bandung: Madani Prima, 2008.