Main Article Content

Abstract

Pesantren diakui banyak pengamat melahirkan sistem pendidikan yang menajamkan aspek affektiv dan psikhomotorik peserta didik dengan tidak meninggalkan aspek kognitif-nya. Sistem pendidikan nasional dinilai tidak banyak memberikan solusi bagi problem sosial di mayarakat Indonesia yang plural, tidak saja etnik, budaya, melainkan juga agama. Tulisan ini mengedepankan nilai-nilai masyarakat sipil, civic values, yang diantaranya adalah, kebebasan, tokransi, demokrasi dan isugender,yang sejatinya begitu lekat dalam system pendidikan pesantren. Terlepas dari kekurangan-kekurangan yang ada, pesantren tetap layak untuk dijadikan sebagai penyumbang dalam pengembangan sistem pendidikan nasional yang asli dan mengedepankan moralitas serta sarat dengan nilai-nilai luhur.

Article Details

How to Cite
Setiawan, M. K. (2016). In Search of an Ideal Islamic Education (The Contribution of Pesantren). Millah: Journal of Religious Studies, 5(1), 23–36. https://doi.org/10.20885/millah.vol5.iss1.art2