Main Article Content
Abstract
Pemetaan tenaga kependidikan di FE UII bertujuan untuk: (1) mengetahui jumlah kebutuhan tenaga kependidikan tetap yang sesuai dengan beban kerja yang ada, (2) menciptakan kesesuaian antara penempatan dengan keinginan dari tenaga kependidikan tetap, (3) melaksanakan program pengembangan tenaga kependidikan tetap, dan (4) mendapatkan kesesuaian antara kompetensi tenaga kependidikan tetap dengan kebutuhan pekerjaan. Tahap pemetaan: (1) menghitung kebutuhan tenaga kependidikan tetap ideal dengan mempertimbangkan jumlah mahasiswa, (2) mengidentifikasi sisa usia produktif, (3) menganalisis ketepatan penempatan yang saat ini ada, (4) mengidentifikasi aktivitas pengembangan yang harus dilakukan untuk mewujudkan keinginan atas pekerjaan, (5) menyusun matriks penilaian kebutuhan pelatihan tenaga kependidikan tetap. Hasil pemetaan menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan data semester ganjil 2011/2012, rasio tenaga kependidikan: mahasiswa, 1:77, berada pada kategori Ideal, (2) Jumlah tenaga kependidikan tetap yang memiliki usia produktif > 4 tahun sebanyak 4 orang, (3) Jumlah tenaga kependidikan tetap yang saat ini bekerja pada pekerjaan yang tidak sesuai dengan keinginannya sebanyak 2 orang, dan (4) Jumlah tenaga kependidikan tetap yang memiliki keinginan untuk mengembangkan dirl dan meraih pekerjaan yang lebih tinggi sebanyak 11 orang.
Kata Kunci: Pemetaan, usia produktif, pengembangan diri
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.