Main Article Content
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi informasi komunikasi di dekade terakhir ini terlihat dari peningkatan jumlah pengguna internet di seluruh dunia. Dibandingkan dengan platform media sosial lain, Youtube menjadi media sosial yang paling populer di kalangan anak muda. Vlog (video blog) buatan Gita Savitri menjadi objek penelitian dalam artikel ini dikarenakan keragaman konten vlog, tidak hanya tentang kuliner, make up dan fashion seperti halnya kebanyakan vlogger wanita, namun juga membahas kehidupan di Jerman, segmen opini yang membahas tentang fenomena yang terjadi saat ini. Artikel ini membahas tentang representasi identitas perempuan dalam vlog serta dikaitkan dengan konsep budaya anak muda. Metode penelitian ini adalah semiotika dengan menganalisis korpus-korpus dalam vlog Gitasav. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ditemukan tiga jenis identitas antara lain identitas budaya, identitas sosial dan identitas pribadi yang lekat dengan budaya anak muda
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
PLAGIARISM CHECK
All manuscripts submitted to AJIE will be checked free of plagiarism elements. Manuscripts that do not meet the requirements will be returned to the author for further correction or will be rejected immediately.
The plagiarism check used by AJIE is Turnitin.
References
- Daftar Pustaka
- Widiartanto, Yoga Hastyadi. Pengguna Internet di Indonesia capai 132 juta. www.tekno.kompas.com/read/2016/10/24/15064727/2. 2016 (4 Mei 2017)
- Sugiharto, Bintoro Agung. Pengguna Internet di Indonesia Didominasi Anak Muda. www.cnnindonesia.com/teknologi/201610241617. 2016 (4 Mei 2017).
- Youtube most popular app for Indonesian smartphones users. www.thejakartapost.com/life/2016/06/17/youtube. 2016 (4 Mei 2017).
- www.teen.co.id
- Burke, Peter J & Stets, Jan E. Identity Theory. Oxford University Press. www.m.oxfordscholarship.com/mobile/view/10.1093/acprof:oso/9780195388275.001.0001/acprof-9780195388275. (4 Mei 2017). 2012
- Aisyah, Siti.Video blog sebagai media representasi diri vlogger di kota Makassar. Program studi ilmu komunikasi FISIP Universitas Hasanuddin Makssar. Skripsi. 2017
- Herlina, Mira & Linda Islami. “Hubungan antara trend penggunaan video blog di media sosial dengan kepuasan pada aktualisasi diri remaja. Prosiding Seminar Nasional Komunikasi. 2016
- Palinoan, Imanuella Yunike. Dampak Tayangan Vlog di Youtube terhadap gaya hidup Hedonis anak siswa SMA Kristen Sunodia. eJournal Ilmu Komunikasi. 2017
- Barker, Chris. Cultural Studies: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Kreasi Wacana. 2008
- https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/inspire
- Noor, Khalida. Anak Muda dan Budaya Belanja Online ( Studi tentang perilaku Collective Group Buying di Mbakdiskon.com pada kalangan anak muda Yogyakarta). Skripsi. Prodi Sosiologi Universitas Gajah Mada Yogyakarta. http://etd.repository.ugm.ac.id/index.php?mod=penelitian_detail&sub=PenelitianDetail&act=view&typ=html&buku_id=64566 . 2013 (15 Desember 2017)
References
Daftar Pustaka
Widiartanto, Yoga Hastyadi. Pengguna Internet di Indonesia capai 132 juta. www.tekno.kompas.com/read/2016/10/24/15064727/2. 2016 (4 Mei 2017)
Sugiharto, Bintoro Agung. Pengguna Internet di Indonesia Didominasi Anak Muda. www.cnnindonesia.com/teknologi/201610241617. 2016 (4 Mei 2017).
Youtube most popular app for Indonesian smartphones users. www.thejakartapost.com/life/2016/06/17/youtube. 2016 (4 Mei 2017).
www.teen.co.id
Burke, Peter J & Stets, Jan E. Identity Theory. Oxford University Press. www.m.oxfordscholarship.com/mobile/view/10.1093/acprof:oso/9780195388275.001.0001/acprof-9780195388275. (4 Mei 2017). 2012
Aisyah, Siti.Video blog sebagai media representasi diri vlogger di kota Makassar. Program studi ilmu komunikasi FISIP Universitas Hasanuddin Makssar. Skripsi. 2017
Herlina, Mira & Linda Islami. “Hubungan antara trend penggunaan video blog di media sosial dengan kepuasan pada aktualisasi diri remaja. Prosiding Seminar Nasional Komunikasi. 2016
Palinoan, Imanuella Yunike. Dampak Tayangan Vlog di Youtube terhadap gaya hidup Hedonis anak siswa SMA Kristen Sunodia. eJournal Ilmu Komunikasi. 2017
Barker, Chris. Cultural Studies: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Kreasi Wacana. 2008
https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/inspire
Noor, Khalida. Anak Muda dan Budaya Belanja Online ( Studi tentang perilaku Collective Group Buying di Mbakdiskon.com pada kalangan anak muda Yogyakarta). Skripsi. Prodi Sosiologi Universitas Gajah Mada Yogyakarta. http://etd.repository.ugm.ac.id/index.php?mod=penelitian_detail&sub=PenelitianDetail&act=view&typ=html&buku_id=64566 . 2013 (15 Desember 2017)