Main Article Content

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi komunikasi di dekade terakhir ini terlihat dari peningkatan jumlah pengguna internet di seluruh dunia. Dibandingkan dengan platform media sosial lain, Youtube menjadi media sosial yang paling populer di kalangan anak muda. Vlog (video blog) buatan Gita Savitri menjadi objek penelitian dalam artikel ini dikarenakan keragaman konten vlog, tidak hanya tentang kuliner, make up dan fashion seperti halnya kebanyakan vlogger wanita, namun juga membahas kehidupan di Jerman, segmen opini yang membahas tentang fenomena yang terjadi saat ini. Artikel ini membahas tentang representasi identitas perempuan dalam vlog serta dikaitkan dengan konsep budaya anak muda. Metode penelitian ini adalah semiotika dengan menganalisis korpus-korpus dalam vlog Gitasav. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ditemukan tiga jenis identitas antara lain identitas budaya, identitas sosial dan identitas pribadi yang lekat dengan budaya anak muda

Keywords

identitas perempuan vlog semiotika budaya anak muda

Article Details

Author Biography

Ratna Permata Sari, Universitas Islam Indonesia

Lecturer in Departement Communications, Universitas Islam Indonesia

References

Read More