Main Article Content
Abstract
Revolusi digital yang terjadi saat ini telah mengubah perilaku orang dalam banyak hal, termasuk dalam memperoleh informasi atau berita. Twitter sebagai salah satu sosial media yang banyak digunakan, telah dimanfaatkan berbagai situs berita online sebagai sarana untuk menyampaikan beritanya termasuk oleh detik dengan akun @detikcom dan Metro tv dengan akun @Metro_TV. Makalah ini bertujuan untuk untuk mengetahui kecenderungan topik pemberitaan dan mengetahui kata yang paling sering muncul pada akun twitter berita @Detik.com dan @Metro_TV. Penelitian ini menggunakan 500 tweets terakhir yang berasal dari timeline akun twitter dari @Detik.com dan @Metro_TV. Analisis data menggunakan social network analysis berupa analisis text atau text mining dengan bantuan software R. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa kedua akun twitter tersebut mempunyai kecenderungan pemberitaan yang sama yaitu mengenai bencana, perbedaan hanya terdapat pada topik bencana yang dibahas yang dapat dilihat dari tiga terms teratas @detikcom yaitu gempa, banjir dan warga. Sedangkan untuk akun twitter @Metro_TV tiga terms teratas yaitu banjir, tewas dan akibat. Topik yang paling sering muncul pada pemberitaan @detikcom adalah gempa, sedangkan topik yang menjadi pemberitaan utama pada @Metro_TV adalah banjir. Plot network of terms memperlihatkan bahwa kata gempa pada @detikcom berhubungan erat dengan kebumen dan korban. Kata banjir pada @Metro_TV berhubungan erat dengan pantura, akibat dan ekonomi.
Article Details
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. Proposed Policy for Journals That Offer Delayed Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- DiGrazia, J. et al. “More Tweets, More Votes: Social Media as a Quantitative Indicator of Political Behaviorâ€. PLOS ONE. November 2013 | Volume 8 | Issue 11 | e79449.
- Halvey, M and Mark T. Keane. 2007. An Assessment of Tag Presentation Techniques, poster presentation at WWW 2007.
- Internetworldstat. 2012. Asia Top Internet Countries http://www.internetworldstats.com/stats3.htm#asia [akses tanggal 20 Januari 2014 jam 7:30]
- Kominfo. 2013. ‘Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orang’. http://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+63+Juta+Orang/0/berita_satker#.UtxpBPsxVdg [akses tanggal 20 Januari 2014 jam 7:10 ]
- Kosasih, D. 2013. Twitter, Satu untuk Sejuta Informasi. http://mediapublica.co/2013/05/21/twitter-satu-untuk-sejuta-informasi/ [akses tanggal 23 Januari 2014 jam 22:01]
- Lesmana, I.G.N.A . 2012. Analisis Pengaruh Media Sosial Twitter Terhadao Pembentukan Brand Attachment PT. XL AXIATA. Tesis Publikasi Fakutas Ekonomi Universitas Indonesia.
- Mitchell, L. et al. “The Geography of Happiness: Connecting Twitter Sentiment and Expression, Demographics, and Objective Characteristics of Placeâ€. PLOS ONE . May 2013 | Volume 8 | Issue 5 | e64417.
- Safitri, K. 2010. Pengaruh Waspada Online Terhadap Pengetahuan Politik Pembacanya. Skripsi Publikasi Fakultas Ilmy Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.
- Sindonews. 2013. Indonesia masuk 5 besar dunia pengakses Twitter. http://nasional.sindonews.com/read/2013/11/07/15/802909/indonesiamasuk-5-besar-dunia-pengakses-twitter [akses 25 Januari 2014 jam 09.45]
- Social Network Analysis. http://www.kstoolkit.org/Social+Network+Analysis [diakses tanggal 26 Januari 11:45]
- Supadiyanto. Implikasi Teknologi Digital dan Internet (Paperless Newspaper) Pada Industri Pada Industri Media Cetak di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional 2013 Menuju Masyarakat Madani dan Lestari. ISBN: 978-979-98438-8-3
- Yazid. 2013. Inilah 10 Pengguna Twitter Dengan Followers Terbanyak di Indonesia. http://campurcampur.biz/inilah-10-pengguna-twitter-dengan-followers-terbanyak-di-indonesia/ [akses 25 Januari 2014 jam 10.00 ]
- Yohan. 2013. Pengaruh Terpaan Media Online Detik.com Terhadap Tingkat Pengetahuan Umum Karyawan Mara Advertising Yogyakarta. Skripsi Publikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
References
DiGrazia, J. et al. “More Tweets, More Votes: Social Media as a Quantitative Indicator of Political Behaviorâ€. PLOS ONE. November 2013 | Volume 8 | Issue 11 | e79449.
Halvey, M and Mark T. Keane. 2007. An Assessment of Tag Presentation Techniques, poster presentation at WWW 2007.
Internetworldstat. 2012. Asia Top Internet Countries http://www.internetworldstats.com/stats3.htm#asia [akses tanggal 20 Januari 2014 jam 7:30]
Kominfo. 2013. ‘Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orang’. http://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+63+Juta+Orang/0/berita_satker#.UtxpBPsxVdg [akses tanggal 20 Januari 2014 jam 7:10 ]
Kosasih, D. 2013. Twitter, Satu untuk Sejuta Informasi. http://mediapublica.co/2013/05/21/twitter-satu-untuk-sejuta-informasi/ [akses tanggal 23 Januari 2014 jam 22:01]
Lesmana, I.G.N.A . 2012. Analisis Pengaruh Media Sosial Twitter Terhadao Pembentukan Brand Attachment PT. XL AXIATA. Tesis Publikasi Fakutas Ekonomi Universitas Indonesia.
Mitchell, L. et al. “The Geography of Happiness: Connecting Twitter Sentiment and Expression, Demographics, and Objective Characteristics of Placeâ€. PLOS ONE . May 2013 | Volume 8 | Issue 5 | e64417.
Safitri, K. 2010. Pengaruh Waspada Online Terhadap Pengetahuan Politik Pembacanya. Skripsi Publikasi Fakultas Ilmy Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.
Sindonews. 2013. Indonesia masuk 5 besar dunia pengakses Twitter. http://nasional.sindonews.com/read/2013/11/07/15/802909/indonesiamasuk-5-besar-dunia-pengakses-twitter [akses 25 Januari 2014 jam 09.45]
Social Network Analysis. http://www.kstoolkit.org/Social+Network+Analysis [diakses tanggal 26 Januari 11:45]
Supadiyanto. Implikasi Teknologi Digital dan Internet (Paperless Newspaper) Pada Industri Pada Industri Media Cetak di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional 2013 Menuju Masyarakat Madani dan Lestari. ISBN: 978-979-98438-8-3
Yazid. 2013. Inilah 10 Pengguna Twitter Dengan Followers Terbanyak di Indonesia. http://campurcampur.biz/inilah-10-pengguna-twitter-dengan-followers-terbanyak-di-indonesia/ [akses 25 Januari 2014 jam 10.00 ]
Yohan. 2013. Pengaruh Terpaan Media Online Detik.com Terhadap Tingkat Pengetahuan Umum Karyawan Mara Advertising Yogyakarta. Skripsi Publikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta.