Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas produk dompet digital (e-wallet quality) Indonesia pada aplikasi Dana. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berada di D.I. Yogyakarta yang menjadi pengguna Dana. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, di mana kriteria sampel yang digunakan adalah pengguna dompet digital aplikasi Dana. Penelitian ini menggunakan jenis data primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada pengguna dompet digital aplikasi Dana dengan jumlah sebanyak 140 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik deskriptif dengan bantuan software SPSS 23 for windows yang kemudian dibuat kategorisasi pada masing-masing variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan kategorisasi dari seluruh variabel termasuk dalam kategori tinggi yaitu e-service quality sebanyak sebanyak 78 responden (55,7%), e-trust sebanyak 73 responden (52,1%), e-satisfaction sebanyak 68 responden (48,6%), dan e-loyalty sebanyak 67 responden (47,9%) dari jumlah sampel yang berjumlah 140 responden.

Keywords

e-service quality e-trust e-satisfaction e-loyalty

Article Details

Author Biography

Nursya'bani Purnama, Universitas Islam Indonesia

S.E. (Bachelor of Management), Universitas Gadjah Mada

M.Si. (Master of Science in Management), Universitas Gadjah Mada

How to Cite
Alamsha, H. D. ., & Purnama, N. (2022). Evaluasi Kualitas Produk Dompet Digital (E-Wallet Quality) Indonesia pada Aplikasi Dana. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(5), 1–12. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/25668

References

  1. Valentina, RR.A.N. (2020) ‘Pengaruh E-Satisfaction Terhadap E-Loyalty degan ETrust Sebagai Variable Intervening Pada Aplikasi Fintech OVO’, Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1). Available at: https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/10481/9333.
  2. BPS. (2017). Telecommunication statistics in Indonesia 2017. Available at: https://www.bps.go.id/publication/2018/11/30/e0597f06233100ccdab076c1/statistiktelekomunikasi-indonesia-2017/
  3. Depari, R.C.T.B.S. (2020). Pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan ovo di medan skripsi.
  4. Fang, Y.H., Chiu, C.M. and Wang, E.T.G. (2011) ‘Understanding customers satisfaction and repurchase intentions an integration of is success model, trust, and justice’, Journal of Internet Research, 21(4), pp. 479-503. http://dx.doi.org/10.1108/10662241111158335.
  5. Febianty, D. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen dan E-Loyalty terhadap E-Wallet OVO. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
  6. Fitriani, A. (2018). Pengaruh E-Trust dan E-Service Quality Terhadap E-Loyalty Dengan ESatisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna E-Commerce C2C Shopee).
  7. Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  8. Grabner-Kräuter, S. and Faullant, R. (2007) ‘The Effects of Service Quality on Customer Satisfaction in Case of Dissatisfied Customers’, Asian Journal on Quality, 8(1), pp. 27-39. doi: 10.32599/apjb.10.1.201903.105.
  9. Griffin, J. (2002). Customer Loyalty How to Earn It, How to Keep It. Kentucky: McGraw-Hill.
  10. Hadi, S. (1991). Analisis Butir Untuk Instrumen. Yogyakarta: Andi Offset.
  11. Hadi, S. (2002). Metodologi Research Jilid I. Yogyakarta: Andi Offset.
  12. Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.
  13. Luthfianti, R. and Dewi, C.K. (2020) ‘Pengaruh Kualitas Pelayan, Kepuasan Konsumen dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Pengguna OVO 2019’, e-Proceeding of Management, 21(1), pp. 1-9. Available at: http://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/
  14. Maulana, R. and Kurniawati, K. (2015) ‘Pengaruh Kualitas E-Service terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Website Koren Denim)’, Jurnal Manajemen Maranatha, 13(2). doi: 10.28932/jmm.v13i2.130.
  15. Mayer, R.C., Davis, J.H., and Schoorman, F.D. (1995) ‘An Integrative Model of Organizational Trust’, Academy of Management Review, 30(3), pp. 709-734. doi: 10.2307/258792.
  16. Oliver, R.L. (1999) ‘Whence Consumer Loyalty?’, Journal of Marketing, 63(4), pp. 33-44. https://doi.org/10.1177/00222429990634s105.
  17. Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. and Malhotra, A. (2005) ‘E-S-Qual: A Multiple-Item Scale for Assessing Electronic Service Quality’, Journal Of Service Research, 7(3), pp. 213-233. doi: 10.1177/1094670504271156.
  18. Prakosa, D. and Pradhanawati, A. (2020) ‘Pengaruh E-Trust dan E-Service Quality Terhadap E-Loyalty Dengan E-Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pengguna Tokopedia di Kota Semarang)’, Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), pp. 457-464. Available at: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/28742.
  19. Ranjbarian, B., Fathi, S. and Rezaei, Z. (2012) ‘Factors Influencing on Customers’ ESatisfaction: A case Study from Iran’, Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business, 3(9), pp. 1496-1511. Available at: https://journal-archieves14.webs.com/1496-1511.pdf.
  20. Revita, A. (2016) ‘E-Satisfaction Dan E-Trust Mempengaruhi E-Loyalty Konsumen Wanita Dalam Sosial Media’, PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(4). Available at: https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/228/211.
  21. Rintasari, D. and Farida, N. (2020) ‘Pengaruh E-Trust dan E-Service Quality Terhadap E-Loyalty Melalui E-Satisfaction’, Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), pp. 539-547. Available at: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/28803.
  22. Riza, S. and Sutopo. (2017) ‘Analisis Pengaruh E-Service Quality , Kualitas Informasi dan Persepsi Kemudahan terhadap E-Loyalty dengan E-Satisfaction sebagai Variabel Intervening’, Diponegoro Journal of Management, 6(4), pp. 929-941. Available at: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/18061.
  23. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  24. Wongso, D.A. (2020) ‘Analisa User Experience Terhadap Customer Loyalty Dengan Trust Sebagai Variabel Intervening Pada Aplikasi Ovo Digital Payment’, Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1), pp. 1-11.
  25. Zeithaml, V.A. and Bitner, M.J. (2000) Services Marketing: Integrating Customer Focus across the Firm. 2nd Edition. Boston: McGraw-Hill.