Main Article Content
Abstract
Menjamurnya coffee shop dengan banyak munculnya pemain baru dalam industri FnB menyebabkan persaingan bisnis ini menjadi sangat ketat, sehingga perlu dilakukan analisis hubungan antara brand image, kepuasan konsumen, brand trust, dan brand loyalty untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumennya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara brand image, kepuasan konsumen, brand trust, dan brand loyalty. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode SEM menggunakan software Smart-PLS. Metode pengumpulan sampel dipilih secara acak dengan populasi pelanggan dari coffee shop yang berada di Kota Solo. Kuesioner digunakan untuk metode pengumpulan data pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan pada hubungan antara brand image, kepuasan konsumen, brand trust, serta brand loyalty.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Muhammad Asyrof Iza Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Aaker, D.A. (2004) Brand Portfolio Strategy: Creating Relevance, Differentiation, Energy, Leverage, and Clarity. New York: Free Press.
- Apriliani, D. et al. (2020) “Pengaruh kepuasan pelanggan, brand image, dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada membercard,” Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1(1), hal. 20–30. Tersedia pada: https://www.ejournal.widyamataram.ac.id/index.php/j-mae/article/view/214.
- Apriliani, R.A.E. (2019) “Pengaruh Brand Trust, Brand Equity dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Teh Botol Sosro di Wonosobo),” Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(2), hal. 112–121. Tersedia pada: https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/ppkm/article/view/687.
- Ballester, E.D. dan Alemán, J.L.M. (2001) “Brand trust in the context of consumer loyalty,” European Journal of Marketing, 35(11/12), hal. 1238–1258. Tersedia pada: https://doi.org/10.1108/EUM0000000006475.
- Ghozali, I. dan Latan, H. (2015) Partial Least Squares: Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. 2 ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
- Gobe, M. (2010) Emotional Branding: The New Paradigm for Connecting Brands to People. New York: Allworth Press.
- Gultom, D.K., Arif, M. dan Fahmi, M. (2020) “Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan,” MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), hal. 171–180. Tersedia pada: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO/article/view/5290.
- Hair, J.F. et al. (2016) A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Thousand Oaks: SAGE Publications.
- Hair Jr, J.F. et al. (2021) A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). 3 ed. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc. Tersedia pada: https://uk.sagepub.com/en-gb/eur/a-primer-on-partial-least-squares-structural-equation-modeling-pls-sem/book270548.
- Haryono, N. dan Octavia, R. (2014) “ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK DAN MUTU LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN,” INDEPT, 4(2), hal. 20–27. Tersedia pada: https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/indept/article/view/139.
- Januarto, J. (2024) “Pengaruh Digital Marketking melalui Sosial Media Instagram dan Brand Image terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Olin,” Journal of Management and Bussines (JOMB), 6(3), hal. 1263–1284. Tersedia pada: https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOMB/article/view/9314.
- Juliana, J. dan Johan, J. (2019) “Pengaruh brand image terhadap keputusan memilih universitas dengan brand trust sebagai variabel intervening,” Journal of Business and Banking, 9(2), hal. 229–246. Tersedia pada: https://scholar.archive.org/work/mw4nc5ny4vdajlccarghay4p5e/access/wayback/https://journal.perbanas.ac.id/index.php/jbb/article/download/1978/pdf.
- Kojongian, R. (2019) “Analisis Pengaruh Word Of Mouth, Iklan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Smartphone Xiaomi Manado,” JURNAL RISET BISNIS DAN MANAJEMEN, 7(4), hal. 551–566. Tersedia pada: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jrbm/article/view/25342.
- Kotler, P. dan Keller, K.L. (2012) Marketing Management. 14 ed. Pearson: Prentice Hall.
- Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016) Marketing Management. 15 ed. London: Pearson Education Limited.
- Lombok, E.V.V. dan Samadi, R.L. (2022) “PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND TRUST DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK EMINA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SAM RATULANGI),” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(3), hal. 953–964. Tersedia pada: https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/download/43524/38187/0.
- Pureklolong, F. (2017) Pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen studi kasus pada Sipink Tatto Studio Yogyakarta. Sanata Dharma University. Tersedia pada: https://repository.usd.ac.id/13043/.
- Rangkuti, F. (2004) The Power of Brands: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek + Analisis Kasus dengan SPSS. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
- Rosita, D. dan Novitaningtyas, I. (2021) “Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah pada Konsumen Mahasiswa,” INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(4), hal. 494–505. Tersedia pada: http://inobis.org/ojs/index.php/jurnal-inobis/article/view/200.
- Safitri, V.A. dan Mugiono, M. (2023) “Pengaruh Online Advertising, Brand Awareness, dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen,” Jurnal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen, 2(2), hal. 429–442. Tersedia pada: https://jmppk.ub.ac.id/index.php/jmppk/article/view/167.
- Sanita, S., Kusniawati, A. dan Nurlestari, M. (2019) “PENGARUH PRODUCT KNOWLEDGE DAN BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE INTENTION (Penelitian pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis),” Busines Management and Entrepreneurship Journal, 1(3), hal. 169–184. Tersedia pada: https://jurnal.unigal.ac.id/bmej/article/view/2328.
- Sugiyono (2016) Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Sugiyono (2022) Metode Penelitian Bisnis, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatiff, Kombinasi, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
- Susanto, P.H. dan Subagja, I.K. (2019) “PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEPUASAN NASABAH DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PT. BANK CENTRAL ASIA TBK KANTOR CABANG PONDOK GEDE PLAZA,” Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(1), hal. 69–84. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/333138077_PENGARUH_KUALITAS_PELAYANAN_KEPUASAN_NASABAH_DAN_CITRA_PERUSAHAAN_TERHADAP_LOYALITAS_NASABAH_PT_BANK_CENTRAL_ASIA_TBK_KANTOR_CABANG_PONDOK_GEDE_PLAZA.
- Susilawati, W. dan Wufron, W. (2017) “Pengaruh Brand Image terhadap Brand Trsut Serta Implikasinya terhadap Brand Loyality (Produk Dodol PT. Herlinah Cipta Pratama),” Jurnal Wacana Ekonomi, 17(1), hal. 24–34. Tersedia pada: https://300.mobidu.co.id/index.php/JA/article/view/222.
- Tjiptono, F. dan Chandra, G. (2016) Service, Quality dan Satisfaction. 4 ed. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
- Tjiptono, F. dan Chandra, G. (2017) Pemasaran Strategik: Mengupas Pemasaran Strategik, Branding Strategik, Customer Satisfaction, Strategi Kompetitif hingga e-Marketing. 3 ed. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
- Umar, H. (1999) Metodologi Penelitian: Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
- Usvela, E., Qomariah, N. dan Wibowo, Y.G. (2019) “Pengaruh Brand Image, Kepercayaan, Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Herbalife,” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(2), hal. 300–312. Tersedia pada: https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2399709&val=15478&title=Pengaruh Brand Image Kepercayaan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Herbalife.
- Zakaria, F.S. dan Lintangdesi A, A. (2024) “Pengaruh Digital Marketing Pada Instagram Dalam Membangun Brand Image Janjian Coffee Roasters,” Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial Dan Ilmu Politik, 1(1), hal. 98–113. Tersedia pada: http://jurnal.kolibi.org/index.php/retorika/article/view/1258.
References
Aaker, D.A. (2004) Brand Portfolio Strategy: Creating Relevance, Differentiation, Energy, Leverage, and Clarity. New York: Free Press.
Apriliani, D. et al. (2020) “Pengaruh kepuasan pelanggan, brand image, dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada membercard,” Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1(1), hal. 20–30. Tersedia pada: https://www.ejournal.widyamataram.ac.id/index.php/j-mae/article/view/214.
Apriliani, R.A.E. (2019) “Pengaruh Brand Trust, Brand Equity dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Teh Botol Sosro di Wonosobo),” Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(2), hal. 112–121. Tersedia pada: https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/ppkm/article/view/687.
Ballester, E.D. dan Alemán, J.L.M. (2001) “Brand trust in the context of consumer loyalty,” European Journal of Marketing, 35(11/12), hal. 1238–1258. Tersedia pada: https://doi.org/10.1108/EUM0000000006475.
Ghozali, I. dan Latan, H. (2015) Partial Least Squares: Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. 2 ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gobe, M. (2010) Emotional Branding: The New Paradigm for Connecting Brands to People. New York: Allworth Press.
Gultom, D.K., Arif, M. dan Fahmi, M. (2020) “Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan,” MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), hal. 171–180. Tersedia pada: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO/article/view/5290.
Hair, J.F. et al. (2016) A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Thousand Oaks: SAGE Publications.
Hair Jr, J.F. et al. (2021) A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). 3 ed. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc. Tersedia pada: https://uk.sagepub.com/en-gb/eur/a-primer-on-partial-least-squares-structural-equation-modeling-pls-sem/book270548.
Haryono, N. dan Octavia, R. (2014) “ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK DAN MUTU LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN,” INDEPT, 4(2), hal. 20–27. Tersedia pada: https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/indept/article/view/139.
Januarto, J. (2024) “Pengaruh Digital Marketking melalui Sosial Media Instagram dan Brand Image terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Olin,” Journal of Management and Bussines (JOMB), 6(3), hal. 1263–1284. Tersedia pada: https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOMB/article/view/9314.
Juliana, J. dan Johan, J. (2019) “Pengaruh brand image terhadap keputusan memilih universitas dengan brand trust sebagai variabel intervening,” Journal of Business and Banking, 9(2), hal. 229–246. Tersedia pada: https://scholar.archive.org/work/mw4nc5ny4vdajlccarghay4p5e/access/wayback/https://journal.perbanas.ac.id/index.php/jbb/article/download/1978/pdf.
Kojongian, R. (2019) “Analisis Pengaruh Word Of Mouth, Iklan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Smartphone Xiaomi Manado,” JURNAL RISET BISNIS DAN MANAJEMEN, 7(4), hal. 551–566. Tersedia pada: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jrbm/article/view/25342.
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2012) Marketing Management. 14 ed. Pearson: Prentice Hall.
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016) Marketing Management. 15 ed. London: Pearson Education Limited.
Lombok, E.V.V. dan Samadi, R.L. (2022) “PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND TRUST DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK EMINA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SAM RATULANGI),” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(3), hal. 953–964. Tersedia pada: https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/download/43524/38187/0.
Pureklolong, F. (2017) Pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen studi kasus pada Sipink Tatto Studio Yogyakarta. Sanata Dharma University. Tersedia pada: https://repository.usd.ac.id/13043/.
Rangkuti, F. (2004) The Power of Brands: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek + Analisis Kasus dengan SPSS. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Rosita, D. dan Novitaningtyas, I. (2021) “Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah pada Konsumen Mahasiswa,” INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(4), hal. 494–505. Tersedia pada: http://inobis.org/ojs/index.php/jurnal-inobis/article/view/200.
Safitri, V.A. dan Mugiono, M. (2023) “Pengaruh Online Advertising, Brand Awareness, dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen,” Jurnal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen, 2(2), hal. 429–442. Tersedia pada: https://jmppk.ub.ac.id/index.php/jmppk/article/view/167.
Sanita, S., Kusniawati, A. dan Nurlestari, M. (2019) “PENGARUH PRODUCT KNOWLEDGE DAN BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE INTENTION (Penelitian pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis),” Busines Management and Entrepreneurship Journal, 1(3), hal. 169–184. Tersedia pada: https://jurnal.unigal.ac.id/bmej/article/view/2328.
Sugiyono (2016) Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono (2022) Metode Penelitian Bisnis, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatiff, Kombinasi, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Susanto, P.H. dan Subagja, I.K. (2019) “PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEPUASAN NASABAH DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PT. BANK CENTRAL ASIA TBK KANTOR CABANG PONDOK GEDE PLAZA,” Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(1), hal. 69–84. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/333138077_PENGARUH_KUALITAS_PELAYANAN_KEPUASAN_NASABAH_DAN_CITRA_PERUSAHAAN_TERHADAP_LOYALITAS_NASABAH_PT_BANK_CENTRAL_ASIA_TBK_KANTOR_CABANG_PONDOK_GEDE_PLAZA.
Susilawati, W. dan Wufron, W. (2017) “Pengaruh Brand Image terhadap Brand Trsut Serta Implikasinya terhadap Brand Loyality (Produk Dodol PT. Herlinah Cipta Pratama),” Jurnal Wacana Ekonomi, 17(1), hal. 24–34. Tersedia pada: https://300.mobidu.co.id/index.php/JA/article/view/222.
Tjiptono, F. dan Chandra, G. (2016) Service, Quality dan Satisfaction. 4 ed. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Tjiptono, F. dan Chandra, G. (2017) Pemasaran Strategik: Mengupas Pemasaran Strategik, Branding Strategik, Customer Satisfaction, Strategi Kompetitif hingga e-Marketing. 3 ed. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Umar, H. (1999) Metodologi Penelitian: Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Usvela, E., Qomariah, N. dan Wibowo, Y.G. (2019) “Pengaruh Brand Image, Kepercayaan, Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Herbalife,” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(2), hal. 300–312. Tersedia pada: https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2399709&val=15478&title=Pengaruh Brand Image Kepercayaan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Herbalife.
Zakaria, F.S. dan Lintangdesi A, A. (2024) “Pengaruh Digital Marketing Pada Instagram Dalam Membangun Brand Image Janjian Coffee Roasters,” Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial Dan Ilmu Politik, 1(1), hal. 98–113. Tersedia pada: http://jurnal.kolibi.org/index.php/retorika/article/view/1258.