Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis bagaimana kualitas layanan iklan dan informasi Radio Super, menganalisis kepuasan dan loyalitas pedagang pasar Beringharjo terhadap layanan iklan dan informasi Radio Super (Suara Pasar Beringharjo Ngayogyakarta). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan teknik Purposive Sampling, dengan jumlah responden sebanyak 7 (tujuh) responden. Teknik analisis data yang dipakai yaitu adalah teknik analisis konten. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Radio Super (Suara Pasar Beringharjo) mendapatkan penilaian yang sangat baik dari 87,5% pedagang mengenai kualitas layanan, terutama dalam hal informasi dan sikap staf. Meskipun demikian, terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki, seperti penampilan karyawan dan fasilitas Radio Super. Tingkat kepuasan dan loyalitas pedagang sangat tinggi, masing-masing mencapai 92,9%, yang menunjukkan bahwa layanan yang diberikan relevan, efektif, serta mampu membangun hubungan yang kuat dan kepercayaan jangka panjang dengan pendengarnya, khususnya para pedagang di Pasar Beringharjo. Oleh karena itu, Radio Super memerlukan peningkatan pada kualitas layanan dengan menambahkan konten informasi yang relevan untuk pedagang, memperbaiki kualitas audio dan jangkauan suara, menambahkan saluran komunikasi interaktif, serta menjaga sikap ramah melalui pelatihan staf Radio Super.

Keywords

periklanan radio SERVQUAL kepuasan pelanggan kualitas layanan loyalitas pelanggan

Article Details

How to Cite
Afifi, S. N. N. (2025). Survey Kepuasan dan Loyalitas Pedagang Pasar Beringharjo pada Kualitas dan Layanan Iklan dan Informasi Radio Super (Suara Pasar Beringharjo). Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 3(2), 201–213. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/42461

References

  1. Albadri, H.A. (2024) “The Effectiveness of Promotional Ads via Radio in Achieving Advertisers’ Satisfaction,” Information Sciences Letters, 13(2), hal. 351–359. Tersedia pada: https://doi.org/10.18576/isl/130213.
  2. Aljabbaru, I.H., Wibowo, R.P. dan Pujangkoro, S.A. (2024) “The Effect of Customer Experience in Using the RRI Play Go Streaming Radio Application on Satisfaction and Loyalty,” in Proceedings of the 7th Global Conference on Business, Management, and Entrepreneurship (GCBME 2022). Atlantis Press, hal. 769–780. Tersedia pada: https://doi.org/10.2991/978-94-6463-234-7_81.
  3. Bendapudi, N. dan Berry, L.L. (1997) “Customers’ motivations for maintaining relationships with service providers,” Journal of Retailing, 73(1), hal. 15–37. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/S0022-4359(97)90013-0.
  4. Bismo, A., Sarjono, H. dan Ferian, A. (2018) “The Effect of Service Quality and Customer Satisfaction on Customer Loyalty: A Study of Grabcar Services in Jakarta,” Pertanika Journal of Social Sciences & Humanities, 26(T), hal. 33–48. Tersedia pada: http://psasir.upm.edu.my/id/eprint/66253/1/JSSH Vol. 26 %28T%29 Apr. 2018 %28View Full Journal%29.pdf#page=49.
  5. Caruana, A. (2002) “Service loyalty: The effects of service quality and the mediating role of customer satisfaction Available to Purchase,” European Journal of Marketing, 36(7–8), hal. 811–828. Tersedia pada: https://doi.org/10.1108/03090560210430818.
  6. Deng, Z. et al. (2010) “Understanding customer satisfaction and loyalty: An empirical study of mobile instant messages in China,” International Journal of Information Management, 30(4), hal. 289–300. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2009.10.001.
  7. Indrasari, M. (2019) Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
  8. Jones, T.O. dan Sasser, W.E. (2009) “Http://Hbr.Harvardbusiness.Org/1995/11/Why-Satisfied-Customers-,” Journal Harvard Business, hal. 1–12.
  9. Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016) Marketing Management. 15 ed. London: Pearson Education Limited.
  10. Krippendorff, K. (2019) SAGE Research Methods Content Analysis: An Introduction to Its Methodology Introduction.
  11. Kusumadewi, R.N. (2015) “PENGARUH PERIKLANAN KOMERSIL DENGAN KONSEP AIDA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MEDIA RADIO RADIKA 100,3 FM MAJALENGKA,” MAKSI Jurnal Ilmiah Manajemen & Akuntansi, 2(2), hal. 102–122. Tersedia pada: https://core.ac.uk/download/pdf/228882569.pdf.
  12. Lovelock, C.H., Wirtz, J. dan Mussry, J. (2010) Pemasaran Jasa: Manusia, Teknologi, Strategi, Perspektif Indonesia. Jakarta: Erlangga.
  13. Oliver, R.L. (2010) Satisfaction: A Behavioral Perspective on the Consumer. 2 ed. New York: Routledge. Tersedia pada: https://doi.org/10.4324/9781315700892.
  14. Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. dan Berry, L.L. (1988) “SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality,” Journal of Retailing, 64(1), hal. 12–40. Tersedia pada: https://psycnet.apa.org/record/1989-10632-001.
  15. Ramli, N.A., Remmang, H. dan Ruslan, M. (2021) “PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK RADIO REPUBLIK INDONESIA MAKASSAR,” Indonesian Journal of Business and Management, 2(2), hal. 47–55. Tersedia pada: https://journal.unibos.ac.id/jbm/article/view/564.
  16. Riswandi (2009) Dasar-dasar Penyiaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  17. Salsabilla, C. dan Tamburian, H.H.D. (2021) “Manajemen Periklanan Star Radio dalam Menjaga Loyalitas Pengiklan,” Prologia, 5(1), hal. 154–161. Tersedia pada: https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8213.
  18. Setiawan, H. dan Darmastuti, R. (2021) “Strategi Komunikasi Radio Suara Salatiga Dalam Upaya Mendapatkan Loyalitas Pendengar Di Era Digital (Studi Konvergensi Media Dengan Pendekatan Budaya Lokal),” Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 13(2), hal. 159–174. Tersedia pada: https://doi.org/10.23917/komuniti.v13i2.14089.
  19. Sheth, J.N. dan Mittal, B. (2007) Customer Behavior: A Managerial Perspective. 2 ed. South-Western, USA: An Academic Internet Publishers (AIPI).
  20. Solomon, M.R. et al. (2013) ConsumerBehaviour: A European Perspective. 5 ed. Harlow: Pearson Education Limited.
  21. Sriwidodo, U. dan Indriastuti, R.T. (2010) “PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN NASABAH,” Jurnal Ekonomi dan Kewirusahaan, 10(2), hal. 164–173. Tersedia pada: https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Ekonomi/article/view/363.
  22. Stewart, C.J. dan Cash, W.B. (2014) Interviewing: Principles and Practices. New York: McGraw-Hill.
  23. Supriyonoi, S. (2008) “Efek Satisfaction Pada Loyalty Pendengar Radio Suara Surabaya,” Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 8(1). Tersedia pada: http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/rebis/article/view/49.
  24. Tjiptono, F. (2014) Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
  25. Tjiptono, F. (2017) Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. 3 ed. Yogyakarta: CV.Andi Offset.
  26. Tjiptono, F. dan Chandra, G. (2017) Pemasaran Strategik: Mengupas Pemasaran Strategik, Branding Strategik, Customer Satisfaction, Strategi Kompetitif hingga e-Marketing. 3 ed. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
  27. Westbrook, R.. dan Reilly, M.D. (1983) “Value-Percept Disparity: An Alternative to the Disconfirmation of Expectations Theory of Consumer Satisfaction,” in R.P. Bagozzi dan A.M. Tybout (ed.) Advances in Consumer Research. Ann Arbor: Association for Consumer Research, hal. 256–261.
  28. Zeithaml, V.A. dan Bitner, M.J. (1996) Services Marketing. New York: McGraw-Hill.