Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sikap terhadap produk, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan terhadap niat beli ulang produk orisinal sepatu Nike menggunakan theory of planned behavior (TPB). Penelitian dilakukan di seluruh wilayah Indonesia dengan sampel 150 responden, dipilih melalui teknik convenience sampling, dan data dikumpulkan menggunakan kuesioner berbasis skala Likert. Analisis data menggunakan structural equation modeling (SEM) dengan perangkat AMOS 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap terhadap produk, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang. Sikap positif konsumen, tekanan sosial dari lingkungan, dan persepsi kemudahan akses produk orisinal Nike mendorong niat untuk membeli kembali. Temuan ini menegaskan relevansi TPB dalam memahami perilaku konsumen terhadap produk orisinal dan memberikan implikasi bagi strategi pemasaran Nike untuk memperkuat loyalitas konsumen melalui kualitas produk dan informasi yang menarik.

Keywords

sikap terhadap produk norma subjektif kontrol perilaku yang dirasakan niat beli ulang

Article Details

How to Cite
Amalia, B. F. (2025). Pengaruh Sikap pada Produk, Kontrol Perilaku yang Dirasakan, dan Norma Subjektif terhadap Niat Membeli Kembali pada Produk Orisinal Sepatu Nike. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 3(3), 112–121. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/43073

References

  1. Ajzen, I. (1991) “The theory of planned behavior,” Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), pp. 179–211. Available at: https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T.
  2. Ajzen, I. (2005) Attitudes, Personality and Behavior. 2nd ed. Edited by T. Manstead. New York: Open University Press.
  3. Ajzen, I. (2011) “The theory of planned behaviour: Reactions and reflections,” Psychology and Health, 26(9), pp. 1113–1127. Available at: https://doi.org/10.1080/08870446.2011.613995.
  4. Ajzen, I. (2012) “Handbook of Theories of Social Psychology: Volume 1.” London: SAGE Publications Ltd. Available at: https://doi.org/10.4135/9781446249215 NV - 1.
  5. Ajzen, I. (2020) “The theory of planned behavior: Frequently asked questions,” Human Behavior and Emerging Technologies, 2(4), pp. 314–324. Available at: https://doi.org/10.1002/hbe2.195.
  6. Binalay, A.G., Mandey, S.L. and Mintardjo, C.M.O. (2016) “Pengaruh Sikap, Norma Subjektif Dan Motivasi Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Di Manado,” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1), pp. 395–406. Available at: https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/11607.
  7. BINUS Higher Education (no date) Tend Industri Fesyen di Indonesia, BINUS Higher Education. Available at: https://binus.ac.id/bandung/2019/12/trend-industri-fesyen-di-indonesia/#:~:text=* Kompetisi Global: Meskipun industri fesyen di,memerlukan strategi pemasaran yang efektif dan inovatif. (Accessed: January 20, 2025).
  8. Bupalan, K. et al. (2019) “Consumers’ Repurchase Intention towards Counterfeit Products,” International Journal of Supply Chain Management, 8(3), pp. 973–981. Available at: https://aidi-ahmi.com/download/publication/2019_IJSCM_bupalan_et_al.pdf.
  9. Fadhilah, N.P. (2024) Simak Pilihan Fashion Anak Muda Indonesia 2024, GoodStats. Available at: https://goodstats.id/article/simak-pilihan-fahion-anak-muda-indonesia-uvo3N (Accessed: August 1, 2025).
  10. Ghozali, I. (2014) Model Persamaan Struktural: Konsep dan Aplikasi Dengan Program AMOS 22 Update Bayesian SEM. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  11. Hair Jr., J.F. et al. (2019) Multivariate Data Analysis. 8th ed. New York: Cengage Learning.
  12. Hellier, P.K. et al. (2003) “Customer repurchase intention: A general structural equation model,” European Journal of Marketing, 37(11/12), pp. 1762–1800. Available at: https://doi.org/10.1108/03090560310495456.
  13. I’tishom, M.F., Martini, S. and Novandari, W. (2020) “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko dan Persepsi Harga terhadap Sikap serta Keputusan Konsumen untuk Menggunakan Go-Pay,” Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, 22(4), pp. 514–532. Available at: http://www.jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/jeba/article/view/1793.
  14. Jiang, Y. et al. (2018) “Moral and Ethical Antecedents of Attitude Toward Counterfeit Luxury Products: Evidence from Pakistan,” Emerging Markets Finance and Trade, 54(15), pp. 3519–3538. Available at: https://doi.org/10.1080/1540496X.2018.1480365.
  15. Maryani, L. and Chaniago, H. (2019) “Peran Strategi Bisnis dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing di Industri Fashion,” Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 5(1), pp. 48–69. Available at: https://jurnal.polban.ac.id/index.php/an/article/view/1615.
  16. Mawey, H.E. (2013) “Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Produk PT. Rajawali Nusindo Cabang Manado,” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4), pp. 791–801. Available at: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2807.
  17. Mufidah, H. (2022) Pengaruh Brand Image, Fashion Lifestyle dan E-Commerce terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion (Studi Kasus Merek Dressy Gallery). IAIN Kudus. Available at: http://repository.iainkudus.ac.id/7837/.
  18. Rocamora, A. (2019) “The Labour of Fashion Blogging,” in L. Armstrong and F. McDowell (eds.) Fashioning Professionals: Identity and Representation at Work In The Creative Industries. London: Bloomsbury Publishing Plc, pp. 65–81. Available at: https://doi.org/10.5040/9781350001879.ch-004.
  19. Tseng, W.-Y., Chiu, W. and Leng, H.K. (2020) “A comparative study of consumers’ intention to purchase counterfeit outdoor products in Taiwan and Hong Kong,” Journal of Asian Business and Economic Studies, 28(3), pp. 162–176. Available at: https://doi.org/10.1108/JABES-02-2020-0011.
  20. Wardhani, M.M.K. (2009) Analisis Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pemutih Wajah Pond’s Flawless White Dalam Iklan Versi Story Line Di Televisi. Universitas Sanata Dharma. Available at: http://repository.usd.ac.id/14182/.
  21. Wu, L.-Y. et al. (2014) “Perceived value, transaction cost, and repurchase-intention in online shopping: A relational exchange perspective,” Journal of Business Research, 67(1), pp. 2768–2776. Available at: https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2012.09.007.