Main Article Content
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah Kekaburan visi dan melemahnya karakter bangsa menjadi beban nasional yang berat ketika berakumulasi dengan berbagai persoalan internal yang kompleks pada tubuh bangsa ini. Salah satu kekaburan visi di atas dapat dilihat dari perilaku intoleransi berbasis SARA di tengah masyarakat termasuk di sekolah yang akhir-akhir ini marak terjadi. Wajah umat beragama tidak terkecuali Islam tampak mengejutkan sekaligus memiriskan, dengan banyaknya kasus kekerasan dan ancaman bom dengan membawa-bawa nama agama (Islam). Penelitian ini bertujuan untuk Menjelaskan kontruksi filosofis nilai-nilai Pancasila yang dilaksanakan di salah satu Madrasah Aliyah Yaitu MAN 4 Sleman. Penelitian ini adalah penelitian lapangan field research yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini akan berkontribusi nyata di tengah menguatnya radikalisme, kekerasan berbasis SARA dan intoleransi di tengah kalangan muda Indonesia. Secara ringkas kontribusi penelitian itu dapat dijabarkan sebagai berikut, Adanya basis data sebagai pengayaan bagi pemerintah, sekolah ataupun pemangku kepentingan lainnya khususnya yang berkenaan dengan upaya merumuskan konten nilai-nilai pancasila dan visi kebangsaan kebutuhan bangsa saat ini dan masa depan: (menumbuhkan jiwa peserta didik yang shalih, toleran dan cinta terhadap bangsanya), Hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa MAN 4 Sleman sudah sejalan dengan nilai-nilai wawasan kebangsaan Pancasila, MAN 4 Sleman menerapkan kontruksi filosofis nilai-nilai pancasila di dalam sekolah dengan menggunakan berbagai hal yang di lakukan oleh guru maupun kepala sekolah seperti religius, jujur, toleransi, dispilin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab sudah menjadi agenda program pendidikan karakter yang ada di MAN 4 Sleman.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2021 at-thullab Jurnal Mahasiswa Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- Abdul Mun’in DZ, 2011. “Piagam Perjuangan Kebangsaan”, (Jakarta: Setjen PBNU-NU Online).
- Abdurahman Wahid, 2006. “Islam Ku Islam Anda Islam Kita”, Jakarta :The Wahid Institute.
- Azwar Saifuddin, 2007. Metode Penelitian, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
- Latif, Y. (2011). Negara Paripurna Historisitas, Rasionalitas dan Aktualitas Pancasila. Jakarta:
- PT Gramedia Pustaka Utama.
- Lingkar Studi.2011.Hasil Survei LaKip Tentang Kekerasan Bermerek Agama di Kalangan Pelajar. diakses pada tanggal 20 Oktober 2018. Di kutip dari http://sc-collection.blogspot.com/2011/05/hasil-survei-lakip-tentang-kekerasan.html.
- Muzairi.2002.Eksistensialisme Jean Paul Sartre Sumur Tanpa dasar Kebebasan Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Paulo Freire, 2002. “Pendidikan Kaum Tertindas”, Jakarta : Pt. Temprint (LP3ES).
- Peter Salim dan Yenny Salim, 2002. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, Jakarta : Modern English perss.
- Prastowo, Andi, 2010. Menguasai Teknik-Teknik Koleksi Data Penelitian Kualitatif, Diva Press, Yogyakarta.
- Purwanto, 2011. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
- Raharjo, G. d.2002. Bung Karno dan Pancasila Menuju Revolusi Nasional. Jakarta: Galang Exspress.
- Riduwan, 2011. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Cet. 8, Alfabeta,Bandung.
- Salahudin A. dan Alkrienchie I.2013.Pendidikan Karakter.Bandung:CV Pustaka Ceria.
- Salahudin, A. d. 2013.Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: CV.Pustaka Setia.
- Satori, Djam’an, 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif, Alfabeta, Bandung.
- Sugiyono, 2013. Memahami Penelitian Kualitatif, Alfabeta, Bandung.
- Sulistyo Basuki, 2001. Dasar-Dasar Dokumentasi, Universitas Terbuka, Jakarta.
- Usman dan Alfian. 1991. “Pancasila sebagai ideologi dalam berbagai bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara”. (Jakarta: BP-7 Pusat Jakarta).
References
Abdul Mun’in DZ, 2011. “Piagam Perjuangan Kebangsaan”, (Jakarta: Setjen PBNU-NU Online).
Abdurahman Wahid, 2006. “Islam Ku Islam Anda Islam Kita”, Jakarta :The Wahid Institute.
Azwar Saifuddin, 2007. Metode Penelitian, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Latif, Y. (2011). Negara Paripurna Historisitas, Rasionalitas dan Aktualitas Pancasila. Jakarta:
PT Gramedia Pustaka Utama.
Lingkar Studi.2011.Hasil Survei LaKip Tentang Kekerasan Bermerek Agama di Kalangan Pelajar. diakses pada tanggal 20 Oktober 2018. Di kutip dari http://sc-collection.blogspot.com/2011/05/hasil-survei-lakip-tentang-kekerasan.html.
Muzairi.2002.Eksistensialisme Jean Paul Sartre Sumur Tanpa dasar Kebebasan Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Paulo Freire, 2002. “Pendidikan Kaum Tertindas”, Jakarta : Pt. Temprint (LP3ES).
Peter Salim dan Yenny Salim, 2002. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, Jakarta : Modern English perss.
Prastowo, Andi, 2010. Menguasai Teknik-Teknik Koleksi Data Penelitian Kualitatif, Diva Press, Yogyakarta.
Purwanto, 2011. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Raharjo, G. d.2002. Bung Karno dan Pancasila Menuju Revolusi Nasional. Jakarta: Galang Exspress.
Riduwan, 2011. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Cet. 8, Alfabeta,Bandung.
Salahudin A. dan Alkrienchie I.2013.Pendidikan Karakter.Bandung:CV Pustaka Ceria.
Salahudin, A. d. 2013.Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: CV.Pustaka Setia.
Satori, Djam’an, 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif, Alfabeta, Bandung.
Sugiyono, 2013. Memahami Penelitian Kualitatif, Alfabeta, Bandung.
Sulistyo Basuki, 2001. Dasar-Dasar Dokumentasi, Universitas Terbuka, Jakarta.
Usman dan Alfian. 1991. “Pancasila sebagai ideologi dalam berbagai bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara”. (Jakarta: BP-7 Pusat Jakarta).