Main Article Content
Abstract
Pondok pesantren merupakan institusi pendidikan keagamaan paling tua yang tumbuh secara swadaya dan berkembang di kalangan masyarakat Islam di Indonesia. Tujuan utama pendidikan pesantren tidak semata-mata untuk memperkaya pikiran murid dengan penjelasan-penjelasan, tetapi juga untuk meningkatkan moral, melatih dan mempertinggi semangat, menghargai nilai-nilai spiritual dan mengajarkan sikap dan tingkah laku yang jujur dan bermoral, serta menyiapkan para santri diajar mengenai etika agama diatas etika-etika yang lain. Dengan tetap mempertahankan sistem pengajian dan juga dilengkapi dengan bentuk madrasah atau sekolah formal dengan mengadopsi kurikulum pemerintah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Pengasuh dan Santriwati Pondok Al-Hidayah. Objek penelitian ini merupakan Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Akhlak di Kalangan Santriwati Pondok Al-Hidayah di Dusun Candi Karang Sardonoharjo Ngaglik Sleman. Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan Teknik Purposive Sampling yaitu memilih subjek penelitian berdasarkan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik Triangulasi. Proses penanaman nilai-nilai pendidikan akhlak yang ada di Pondok Al-Hidayah di lakukan dengan dua cara yaitu: (1) Dengan memberikan materi-materi pendidikan akhlak dan metode pembentukan akhlak. Selain hal tersebut pembiasaan nilai-nilai pendidikan akhlak juga dilakukan, yang mana dengan dilakukannya hal tersebut dapat menumbuhkan akhlak santriwati merupakan implementasi dari materi-materi pendidikan akhlak yang diajarkan pendidik kepada santriwati Pondok Al-Hidayah. (2) Dengan adanya pembiasaan yang dilakukan para santriwati inilah yang kemudian menjadi tradisi. Tradisi yang dimaksud disini adalah prilaku yang sudah menjadi kebiasaan dalam keseharian yang senantiasa dilakukan, diamalkan dan dilestarikan di Pondok Al-Hidayah, seperti halnya pembiasaan shalat berjamaah, membaca al-Qur‟an dan membersihkan lingkungan.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- Abdullah Nashih. 1992. Pendidikan Anak Menurut Islam (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)
- Armai Arif. 1995. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Balai Pustaka)
- Basuki, Sulistyo. 2001. “Dasar-Dasar Dokumentasi”. Jakarta: Universitas Terbuka
- Bahaking Rama. 2003. Jejak Pembaharuan Pendidikan Pesantren (Jakarta: Parodatama Wiragemilang.
- Hadhari Nawawi. 1993. Pendidikan Dalam Islam (Surabaya: Al-Ikhlas)
- Moh. Shaleh. 2003. Bertobat Sambil Berobat, Jakarta: Pustaka Jaya.
- Murtadha Muthahari. 2009. Quantum Akhlak, Jakarta: Bumi Aksara.
- Prastowo dan Andi. 2010. “Menguasai Teknik-Teknik Koleksi Data Penelitian Kualitatif”. Yogyakarta: Diva Press
- Prasodjo. 1974. Profil Pesantren (Jakarta: LP3ES)
- Riduwan. 2011. “Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian”. Cet. 8. Bandung: Alfabeta.
- Said Agil Husin al-Munawwar. 2005. Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’an Dalam Sistem Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Press)
- Saifuddin, Azwar. 2007. “Metode Penelitian”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Samsul Munir Amin. 2016. Ilmu Akhlak (Jakarta: Amzah)
- Satori dan Djam’an. 2009. “Metodologi Penelitian Kualitatif”. Bandung: Alfabeta
- Sugiyono. 2013. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta.
- Tamyiz Burhanuddin. 2001. Akhlak Pesantren, (Yogyakarta, ITTIQA)
References
Abdullah Nashih. 1992. Pendidikan Anak Menurut Islam (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)
Armai Arif. 1995. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Balai Pustaka)
Basuki, Sulistyo. 2001. “Dasar-Dasar Dokumentasi”. Jakarta: Universitas Terbuka
Bahaking Rama. 2003. Jejak Pembaharuan Pendidikan Pesantren (Jakarta: Parodatama Wiragemilang.
Hadhari Nawawi. 1993. Pendidikan Dalam Islam (Surabaya: Al-Ikhlas)
Moh. Shaleh. 2003. Bertobat Sambil Berobat, Jakarta: Pustaka Jaya.
Murtadha Muthahari. 2009. Quantum Akhlak, Jakarta: Bumi Aksara.
Prastowo dan Andi. 2010. “Menguasai Teknik-Teknik Koleksi Data Penelitian Kualitatif”. Yogyakarta: Diva Press
Prasodjo. 1974. Profil Pesantren (Jakarta: LP3ES)
Riduwan. 2011. “Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian”. Cet. 8. Bandung: Alfabeta.
Said Agil Husin al-Munawwar. 2005. Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’an Dalam Sistem Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Press)
Saifuddin, Azwar. 2007. “Metode Penelitian”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Samsul Munir Amin. 2016. Ilmu Akhlak (Jakarta: Amzah)
Satori dan Djam’an. 2009. “Metodologi Penelitian Kualitatif”. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2013. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta.
Tamyiz Burhanuddin. 2001. Akhlak Pesantren, (Yogyakarta, ITTIQA)