Main Article Content

Abstract

Tulisan ini membahas tentang pertumbuhan ekonomi Indonesia berbasis wisata halal. Meningkatnya kunjungan wisatawan muslim dunia terhadap industri pariwisata Indonesia. Terkhusus lagi geliat bisnis hotel syariah, kebutuhan akan halal-friendly hotels semakin meningkat. Sehingga permintaan akan pelayanan hotel syariah di indonesia akan semakin meningkat pula. Maka melihat tren positif bisnis hotel syariah  ini, peluang besar bagi negara indonesia untuk menggarap secara serius  peluang bisnis ini dan memberikan perhatian lebih pada bisnis hotel syariah. Topik ini akan dianalisis menggunakan metode kualitatif dengan penalaran deduktif. Data primer didapatkan melalui analisis teks laporan Global Travel Muslim Index (GMTI), lembaga negara yang bertugas mengembangkan sektor pariwisata, dan bertanggungjawab pada sertifikasi halal. Data sekunder didapatkan dari telaah pustaka yang bersumber dari literatur penelitian yang merujuk pada pembangunan sektor pariwisata. Hasil menunjukkan Kinerja Indonesia yang terus mengelaola wisata halal akhirnya berbuah manis. April 2019, akhirnya Indonesia ditetapkan peringkat pertama sebagai tujuan wisata halal terbaik di dunia bersama dengan Malaysia. Tentunya ini merupakan hasil kerja keras dari masyarakat, pemerintah serta pelaku wisata di Indonesia. Harapannya dengan pengembangan wista halal ini dapat memperkuat perekonomian masyarakat dan negara Indonesia.

Keywords

Trens Bisnis Prinsip Syariah Perhotelan Parawisata Halal

Article Details

References

  1. , M.-C. G. (2019). Retrieved from https://www.crescentrating.com/reports/global-muslim-travel-index-2019.html
  2. Aliasar, A. (2019). Knks sebagai katalisator industri halal indonesia, (April).
  3. Baharuddin, A. Z., & Hasan, F. A. Al. (2018). PERKEMBANGAN BISNIS HOTEL SYARIAH DI INDONESIA (Studi Kasus Pengembangan Hotel Syariah di Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat). Jurnal Al-‘Adl, 11(1), 33–52. Retrieved from http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-adl/article/view/1106
  4. Fitriani, H. (2018). Proyeksi Potensi Pengembangan Pariwisata Perhotelan Dengan Konsep Syariah. Muslim Heritage Vol 3 No 1, 109-118.
  5. Fitrianto. (2019). Pengembangan Ekonomi Indonesia Berbasis Wisata Halal. Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 7(1), 69–80.
  6. Hana, U. A. (2018). Konsep hotel Syariah dan implementasinya di Namira hotel Surabaya, 1–114.
  7. Ismayanti, M. K. (2017). Analisis Pengelolaan Hotel Al Badar Syariah di Kota Makassar . Laa Maisyir Vol 4 No 1, 19.
  8. Izza, M. (2018). Penerapan Manajemen Hotel Syariah Dengan Pendekatan Maqasid as-Syariah. Al Tijarah, 4(1), 19. https://doi.org/10.21111/tijarah.v4i1.2370.
  9. Kearney, A. (2008). Adresing The Muslim Market : Can You Affort Not To.
  10. L, M. (2012). Tourists Typologi in Malaysia: Perspectives. In the Tourism and Hospitality International Conference. Kuala Lumpur: the Tourism and Hospitality International Conference.
  11. Mansyurah, F. A. (2019). Peluang Dan Tantangan Bisnis Hotel Syariah Pada Masyarakat Kosmopolitan. At-Taradhi: Jurnal Studi Ekonomi, 9(2), 91. https://doi.org/10.18592/at-taradhi.v9i2.2511
  12. Muhammad, A. D. (2018). the Role of Islamic Social Finance in Empowering, 3(April), 141–152.
  13. MUI, H. P. (2018, Oktober 18). MUI : Destinasi Wisata Halal Jaga Tujuan Wisata Sesuai Syariat .
  14. Nurzaman, M. S., Prsetyo, M. B., Arundina, T., Kasri, R. A., Violita, E. S., Nasution, R. E., … Indraswari, K. D. (2017). INDONESIA SHARIA ECONOMIC OUTLOOK 2018 : Ekonomi dan Keuangan Syariah sebagai Arus Baru Perekonomian Indonesia, 1–108. Retrieved from pebs-febui.org
  15. Penyelenggara, B. (n.d.). INDUSTRI HALAL DUNIA DAN INDONESIA : PELUANG DAN TANTANGANNYA.
  16. Sabri, F. A. (2010). Perkembangan Hotel Syari’ah Di Indonesia ; Karsa, XVIII(2), 114–122.
  17. Sektor, P. K., & Islam, P. (2015). Seminar Industri Halal :
  18. Stephenson, M. L. (2014). Deciphering “Islamic hospitality”: Developments, challenges and opportunities. Tourism Management, 40, 155–164. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2013.05.002
  19. Syari, F., Universitas, H., Negeri, I., Kalijaga, S., & Email, Y. (2016). Analisis terhadap Konsep Syariah pada Industri Perhotelan di Indonesia Abdul Mujib Pendahuluan Perkembangan sistem ekonomi syariah di Indonesia begitu pesat beberapa tahun belakangan ini , perkembangan ini begitu terasa apabila mengamati bermunculannya le, 50(2).
  20. V., & Irza, F. R. (2018). Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Konsep Hotel Syariah (Sharia Compliant Hotel) Survei Pada Konsumen Hotel Bunda Padang. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(2), 163. https://doi.org/10.24252/minds.v5i2.6312