Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Faktor internal mahasiswa yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap hasil belajar Ekonomi Syariah mahasiswa angkatan 2023. Faktor eksternal mahasiswa mempunyai pengaruh paling besar terhadap hasil belajar Ekonomi Syariah mahasiswa angkatan 2023. Faktor gaya belajar yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap faktor internal dan eksternal mahasiswa terhadap hasil belajar Ekonomi Syariah Angkatan 2023. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Menggunakan pengambilan sampel acak sederhana. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner dimana kita memberikan pernyataan tertulis melalui Google form dan kemudian memberikannya kepada responden untuk dijawab. Untuk menentukan besar kecilnya ukuran sampel, teknik yang digunakan untuk menghitungnya adalah rumus Slovin. Jumlah mahamahasiswa Ekonomi Syariah UNTIRTA tahun 2023 sebanyak 105 orang. Jadi, sampel yang dibutuhkan untuk memenuhi penelitian ini adalah 83 orang. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Gaya Belajar (X1). Setiap mahasiswa mempunyai cara atau kebiasaan belajar yang berbeda-beda dengan 3 jenis gaya belajar yaitu gaya belajar visual, audio dan kinestetik. Hasil Belajar (X2). Terdapat pula variabel terikat yaitu faktor internal (Y1) dan faktor eksternal (Y2).

Keywords

Faktor Internal Faktor Eksternal Gaya Belajar

Article Details

References

  1. Andri Yandi, A. N., & Shaza, Y. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik.
  2. Anggola, R. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar.
  3. Chen, P., Wang, Z., & Li, Y. (2020). Contextual factors and their effect on individual learning differences in technology-rich environments. Learning and Individual Differences, 45(2), 150-162.
  4. Deisye Supit, M. E., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa .
  5. Dewi Maulia, M. I., & Totalia, S. A. (2020). Pengaruh Gaya Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi.
  6. Hardiansyah. (2019). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Jurnal Media Medika Muka.
  7. Ilfa Irawati, N. M. (2021). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar IPA.
  8. Liu, X., Zheng, Y., & Lee, M. (2021). The impact of intrinsic motivation and self-perception on learning styles. Educational Research Review, 15(4), 275-289.
  9. Majid, M. S., Azizurahman, A., & Rahman, A. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mata Pelajaran .
  10. Paramita, N., Pujani, N., & Priyanka, L. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA.
  11. Smith, J., & Brown, R. (2022). External factors influencing learning styles in digital environments. Journal of Educational Psychology, 114(3), 315-329.