Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinan yang mempengaruhi loyalitas nasabah dalam menggunakan produk dan layanan digital di Bank Syariah Indonesia. Faktor-faktor tersebut dikerucutkan menjadi enam faktor, yaitu kualitas layanan, kepuasan nasabah, kepercayaan nasabah, komitmen nasabah, switching cost, dan religiusitas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan sampel yang diambil melalui purposive sampling sebanyak 158 responden yang merupakan nasabah Bank Syariah Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling menggunakan analisis SEM dengan aplikasi AMOS 22. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa persepsi kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai koefisien standardized regression weight sebesar 10,038; kepuasan nasabah berpengaruh signifikan terhadap komitmen nasabah dengan nilai koefisien standardized regression weight sebesar 0,569; kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap komitmen nasabah dengan nilai koefisien standardized regression weight sebesar 0,195; komitmen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai koefisien standardized regression weight sebesar 0,218; kepuasan nasabah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai koefisien standardized regression weight sebesar 0,305. Switching cost berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai koefisien standardized regression weight sebesar 0,261; religiusitas berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai koefisien standardized regression weight sebesar 0,252. Secara simultan menunjukan bahwa kualitas layanan, kepuasan nasabah, kepercayaan nasabah, komitmen nasabah, switching cost dan religiusitas nasabah mempengaruhi loyalitas nasabah di Bank Syariah Indonesia.

Keywords

Kualitas Layanan Kepuasan Nasabah Kepercayaan Nasabah Komitmen Nasabah Switching cost Religiusitas dan Loyalitas Nasabah

Article Details

References

  1. Aini, Tika Nur, ‘Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Komitmen Sebagai Variable Intervening’, E-BISMA: Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi, vol. 1, no. 2, 2020, pp. 88–98.
  2. Arimbawa, I. Putu Eva and Ida Ayu Arini, ‘Pengaruh Promosi dan Loyalitas Nasabah Terhadap Peningkatan Tabungan Arisan Kanti Utama Pada PT. BPR Sukawati Pancakanti Cabang Pembantu di Kabupaten Gianyar’, Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium, vol. 5, no. 2, Faculty of Economic and Business, Ngurah Rai University, 2019, pp. 135–44 [https://doi.org/10.47329/jurnal_mbe.v5i2.337 ].
  3. Burhan, Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainya, Jakarta: Kencana, 2005.
  4. Cenfetelli, R.T. and G. Bassellier, ‘Interpretation of Formative Measurement in Information Systems Research’, MIS Quarterly, vol. 33, no. 4, 2009, pp. 689–707.
  5. Handoko, Arry Dwi and Ronny, ‘Pengaruh Keamanan, Keandalan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen dalam Menggunakan Mobile Banking’, Journal Image, vol. 9, no. 2, 2020, pp. 79–91.
  6. Imam Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS, Semarang: Badan Penerbit UNDIP, 2005.
  7. Iskamto, Dedi and Arhipen Yapentra, ‘Tingkat Religiusitas dan Kepercayaan Kepada Perbankan Syariah di Kota Pekanbaru (Religiosity and Trust in Islamic Banking in Pekanbaru City Indonesia)’, Eko dan Bisnis (Riau Economics and Business Review), vol. 9, no. 4, 2018.
  8. Juana, I. Made Pradangga Pati, ‘Peran Persepsi Switching Cost Memoderasi Customer Satisfaction Terhadap Customer Loyalty (Studi Pelanggan PT. Bank Mandiri)’, E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, vol. 6, no. 2, 2017.
  9. Junaidi, Aplikasi AMOS dan Structural Equalition Model (SEM), ed. by Harmita Sari, Makassar: UPT Unhas Press, 2021.
  10. Kartika, Chandra, ‘Pengaruh Religiusitas, Trust, Corporate Image, dan Sistem Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Menabung dan Loyalitas di Bank Syariah Mandiri’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Surabaya, vol. 3, no. 1, 2017, pp. 100–24.
  11. Lapasiang, Denis, Silcyljeova Moniharapon, and Sjendry Loindong, ‘Pengaruh Kepercayaan dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Karombasan Manado.’, Jurnal EMBA, vol. 5, no. 3, 2017, pp. 3068–77.
  12. Ningrum, Nonik Kusuma, ‘Kesetiaan Merek Vs Perilaku Berpindah: Apakah Kecenderungan Untuk Berpindah, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Persepsi Resiko Mampu Membentuk Perilaku?’, Akmenika: Jurnal Akuntansi dan Manajemen, vol. 16, no. 1, Universitas PGRI Yogyakarta, 2019 [https://doi.org/10.31316/akmenika.v16i1.164 ].
  13. Nugraha, Detya Adi and Arlin Ferlina, ‘Pengaruh Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi, Penanganan Konflik dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen’, e-Proceeding of Management, vol. 6, Bandung: Telkom University, 2019.
  14. Nurhayati and Fatmasari Sukesti, ‘Peningkatan Loyalitas Nasabah Bank Syariah Melalui Peningkatan Kualitas Layanan Dan Kepuasan Nasabah Dengan Variabel Religiusitas Sebagai Variabel Moderating’, Jurnal: Universitas Muhammadiyah Semarang, vol. 1, no. 1, 2016, pp. 78–94.
  15. Nuryani, H.S. and R. Israfiani, ‘Pengaruh Literasi Keuangan dan Modal Sosial Terhadap Inklusi Keuangan Masyarakat Usia Produktif di Sumbawa: Indonesia’, Jurnal Manajemen dan Bisnis, jurnal.uts.ac.id, 2021.
  16. Octavia, Ria, ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah PT. Bank Index Lampung’, Jurnal Manajemen Pemasaran, vol. 13, no. 1, 2019, pp. 35–9 [https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.1.35 ].
  17. Rianty, N., Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palopo, repository.umpalopo.ac.id, 2020.
  18. Rombe, Yusuf, ‘Strategi Meningkatkan Kualitas Layanan Melalui Digitaliasi Jasa Perbankan Di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Pusat Jakarta Pusat’, Ekonomika, vol. 4, no. 2, 2020, pp. 34–44.
  19. Sakti, Reza Arviciena, ‘Pengaruh Perilaku, Norma Subjektif, dan Kontrol Perilaku Terhadap Minat Nasabah Memilih Produk Tabungan iB Amanah di Bank NTB Syariah’, Jurnal Schemata: Pascasarjana UIN Mataram, vol. 9, no. 1, 2020, pp. 87–102 [https://doi.org/10.20414/schemata.v9i1.1930 ].
  20. Sangadji, Etta Mamang, Sopiah., Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2010.
  21. Sholekhah, M., Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, dan Self Control terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus Tahun 2017–2019, Kudus: Repository IAIN Kudus, 2020.
  22. Soumena, F.Y., ‘Pengaruh Variabel pada Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah Terhadap Perekonomian Indonesia 2007-2014; Model Vector Autoregression (VAR)’, El-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, journal.parahikma.ac.id, 2018.
  23. Subagiyo, R., ‘Era Fintech: Peluang Dan Tantangan Bagi Ekonomi Syariah’, El-Jizya: Jurnal Ekonomi Islam, ejournal.uinsaizu.ac.id, 2019.
  24. Suryabrata, Sumadi, Metodologi Penelitian, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1998.
  25. Tripuspitorini, Fifi Afiyanti, ‘Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung Untuk Menabung di Bank Syariah’, Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, vol. 4, no. 2, 2019, pp. 54–69.
  26. Widi, Restu Kartiko, Menggelorakan Penelitian: Pengenalan dan Penuntun Pelaksanaan Penelitian, Yogyakarta: Deepublish, 2018.
  27. Widya, Ida Ayu, Pengaruh Switching cost dan Switching Intention Terhadap WOM Pada Nasabah Bank Central Asia di Kota Denpasar, 2017.