"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd"> Evaluasi produk berlabel standar: Persepsi konsumen pria dan wanita | Yarmen | Jurnal Siasat Bisnis

Evaluasi produk berlabel standar: Persepsi konsumen pria dan wanita

Medi Yarmen, I Gede Mahatma Yuda Bakti

Abstract


Label standar adalah salah satu label produk yang sering dipakai oleh produsen untuk memasarkan suatu produk. Hal tersebut penting bagi perusahaan karena label standar memiliki hubungan yang erat dengan kualitas produk. Apalagi, kadang kala konsumen mengalami kesulitan dalam mengevaluasi kualitas suatu produk. Akibatnya, mereka sering mempertimbangkan informasi-informasi yang tertera pada suatu produk atau kemasannya, termasuk mempertimbangkan kehadiran label standar. Jenis kelamin konsumen merupakan salah satu faktor yang menentukan bagaimana konsumen menggunakan label standar dalam keputusannya membeli suatu produk. Sayangnya, penelitian yang menguji secara empiris terkait dengan peran jenis kelamin dalam keputusan pembelian produk berlabel standar masih sangat jarang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah konsumen pria dan wanita memiliki perbedaan pertimbangan dalam mengevaluasi produk berlabel standar. Penelitian ini dilakukan dengan cara teknik survei dengan kuesioner. Pengambilan data dilakukan dengan cara teknik convenience sampling. Sebanyak 207 responden bersedia untuk berpartisipasi dalam penelitian ini. Pada penelitian ini pengujian dilakukan pada dua aspek, yaitu (1) level pengenalan merek, dan (2) level keterlibatan produk. Berbagai produk yang diuji antara lain kalkulator, deterjen, laptop, smartphone, senter, dan kipas angin. Hasil penelitian ini menemukan bahwa secara umum pria dan wanita memiliki kesamaan pandangan dalam mengevaluasi produk berlabel standar. Meskipun begitu, hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa dalam kondisi tertentu, pria dan wanita dapat memiliki perbedaan persepsi dalam mengevaluasi produk berlabel standar.


Keywords


jenis kelamin, label standar, kualitas produk, keinginan untuk membeli, pengenalan merek, keterlibatan produk

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.20885/jsb.vol21.iss1.art4

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM




Copyright (c) 2017 Jurnal Siasat Bisnis

Contact:
Management Development Centre (MDC)
Faculty of Economics, Universitas Islam Indonesia
Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta
Telp. (0274) 881546, Fax. (0274) 882589
Editorial E-mail: editor.jsb@uii.ac.id

  

Creative Commons License
Jurnal Siasat Bisnis (JSB) is published under the license of Creative Commons Attribution 4.0 International License.