Main Article Content

Abstract

Berkaitan dengan upaya pencapaian “Visi” Pemerintah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta bahwa “Yogyakarta sebagai Pusat Pendidikan Terkemuka di Tahun 2020”, yang selanjutnya merupakan kota “Propinsi Pendidikan”, maka Jogja telah membentuk dan mengembangkan Jogja Library for All, sebagai networking dari perpustakaan-perpustakaan yang berada di kota Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Terbentuknya Jogja Library for All didasari sebuah pendapat bahwa “…tak ada satupun perpustakaan yang mampu mengumpulkan informasi-informasi dari ilmuwan-ilmuan seluruh dunia…” maka, pusat-pusat informasi perpustakaan diharapkan untuk membentuk suatu kerja sama dengan organisasi yang ada dalam mencukupi kebutuhan informasi yang sangat luas. Tersosialisasinya silang layan (inter library loan) dalam kerjasama antar perpustakaan, merupakan implementasi dari terbentuknya Jogja Library for All. Kerjasama antar pustakawan nantinya dapat diharapkan sebagai pendukung pelaksanaan kegiatan silang layan ini yang juga merupakan ujung tombak dalam pengumpulan data informasi. Kepercayaan antar pustakawan yang sudah saling kenal dengan komunitas, jalinan komunikasi intensif antar mereka dapat menjamin untuk mengurangi resiko kekhawatiran terhadap adanya kehilangan koleksi.

Keywords

pelayanan pemakai silang layan perpustakaan JLA

Article Details

Author Biography

Sri Rejeki, Universitas Islam Indonesia

Perpustakaan
How to Cite
Rejeki, S. (2020). MEMULUNG INFORMASI DENGAN KEGIATAN SILANG LAYAN: PERSPEKTIF TELAAH PERPUSTAKAAN. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 2(2), 37–46. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/15183

References

  1. Hartati, Sri. 2009. Peningkatan Kualitas Layanan Melalui Silang Layan. Makalah “Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000” bekerjasama KOPERTIS Wilayah V dengan Perpustakaan UNY 23 – 25 Juni 2009 di Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta.
  2. Priyanto, Ida Fajar. 2009. Strategi Peningkatan Kualitas Layanan Melalui Program Silang Layan. Makalah disampaikan dalam Sosialisasi Silang Layan Jogjalib dan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, 28 Mei 2009 di BPAD DIY.
  3. Proboyekti, Umi. 2009. Silang Layan Jogja Library for All. Makalah disampaikan dalam Sosialisasi Silang Layan Jogjalib dan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, 28 Mei 2009 di BPAD DIY.