Main Article Content

Abstract

Pengawasan atau Controlling didefinisikan sebagai suatu usaha yang sistematis untuk menetapkan standar prestasi pada sasaran perencanaan, merancang system umpan balik informasi, membandingkan prestasi sesungguhnya dengan standar yang terlebuh dahulu ditetapkan, menentukan apakah ada penyimpangan-penyimpangan di dalam pelaksanaan pekerjaan, menentukan sejauh mana penyimpangan tersebut (jika ada penyimpangan), dan mengambil tindakan perbaikan yang diperlukan agar penggunaan sumber daya dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien. Pengawasan adalah mengukur dan mengoreksi prestasi kerja bawahan guna memastikan bahwa bawahan tersebut sedang dalam proses melaksanakan pekerjaan menuju hasil yang sudah ditargetkan atau sudah direncanakan. Jadi, fungsi tersebut harus dilaksanakan oleh setiap pimpinan di semua lini mulai dari kepala perpustakaan sampai kepada kepala urusan atau unit terkecil  dari organisasi perpustakaan. Proses pengawasan kinerja adalah melakukan perbaikan jika ditemukan penyimpangan-penyimpangan, yang tujuannya adalah untuk mendapatkan hasil sesuai dengan hasil yang diinginkan dalam organisasi. Pertimbangan-pertimbangan yang ada dalam lingkup internal organisasi perpustakaan yang diambil diharapkan dapat memperlancar distribusi kerja dan capaian-capaian pekerjaan yang telah digariskan pimpinan. Pertimbangan-pertimbangan yang diambil, yang diharapkan dapat memperlancar distribusi kerja dan capaian-capaian pekerjaan yang telah digariskan pimpinan.

Keywords

manajemen perpustakaan manajemen pengawasan peningkatan kinerja

Article Details

Author Biography

Umi Wardanah, Universitas Islam Indonesia

Perpustakaan
How to Cite
Wardanah, U. (2020). PENINGKATAN KINERJA DENGAN MENGACU PADA PENGAWASAN MANAJEMEN. Buletin Perpustakaan, 2(2), 161–172. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/15189

References

  1. Indonesia, 1994. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan biro Organisasi. Pedoman Pelakanaan Pengawasan Melekat untuk Semua Pejabat Eselon II di Lingkungan DEPDIKBUD. Jakarta: biro Organisasi DEPDIKBUD.
  2. Kadarisman, A.M. dkk.,1992. Pengantar Ilmu Manajemen: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia pustaka Utama.
  3. Samuel T. Huang, 1995. Modern library Technology and Reference Service. New York: The Haworth Press, Inc.
  4. Sulistyo-Basuki, 1991. Pengantar Ilmu perpustakaan. Jakarta: Gramedia pustaka Utama.
  5. Sutarno N.S., 2004. Manajemen Perpustakaan; Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Samitra Media Utama.
  6. Yusuf, Taslimah, 1996. Manajemen Perpustakaan Umum. Jakarta: Universitas terbuka.